Sukses

Bolehkah Mewarnai Rambut Saat Hamil?

Mewarnai rambut saat hamil konon memiliki dampak negatif bagi janin. Apa dampaknya?

Melakukan berbagai perawatan rambut di salon, termasuk mewarnai rambut, sering membuat para ibu hamil mengalami dilema. Sebab tak sedikit orang yang menganggap tindakan ini berakibat buruk pada janin. Risikonya keguguran, kanker, dan sebagainya.

Sebenarnya belum banyak penelitian terkait dampak mewarnai rambut pada ibu hamil. Namun sebagian besar hasil studi membuktikan bahwa zat kimia dalam pewarna rambut tidak berbahaya bagi janin.

Zat pewarna tersebut memang menyerap ke dalam rambut, namun hanya sedikit saja yang menyerap ke dalam permukaan kulit kepala. Dengan demikian, sangat kecil kemungkinan zat pewarna ini sampai pada janin.

Meski demikian, ada beberapa saran yang perlu Anda ketahui sehubungan dengan hal tersebut. Beberapa dokter kandungan menyarankan ibu hamil yang ingin mewarnai rambut untuk menunggu setidaknya hingga trimester kedua.

Mengapa demikian? Sebab setelah melewati trimester pertama, kondisi janin sudah lebih kuat dan risiko pengaruh zat-zat kimia pun jauh lebih kecil.

Tak hanya itu, rambu-rambu dalam mewarnai rambut juga perlu diperhatikan oleh Anda yang sedang hamil agar tetap aman. Berikut beberapa di antaranya:

  • Baca petunjuk penggunaan produk. Batasi waktu pewarnaan sesuai dengan instruksi.
  • Usahakan mewarnai rambut di ruangan dengan ventilasi udara yang baik.
  • Cuci rambut dengan sempurna setelah diwarnai.
  • Gunakan sarung tangan bila Anda mewarnai rambut sendiri.

Bila kandungan zat pada pewarna rambut masih membuat Anda ragu, pilihlah jenis bahan yang berasal dari alam, misalnya henna. Atau Anda bisa mencoba untuk melakukan highlight rambut ketimbang pewarnaan rambut.

Highlight rambut berarti mewarnai batang rambut, sehingga tidak menjangkau kulit kepala. Dengan begitu, tidak ada zat pewarna yang terserap ke dalam permukaan kulit kepala.

Memilih perawatan dan perlakuan khusus terhadap rambut saat hamil memang harus dilakukan dengan hati-hati. Dengan pemilihan yang tepat, ibu hamil tetap bisa tampil cantik tanpa perlu khawatir akan kesehatan calon bayinya.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar