Sukses

Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 0-12 Bulan

Perkembangan bayi selalu menarik untuk diikuti, termasuk tahapan perkembangan indra penglihatannya.

Saat lahir, penglihatan bayi belum sempurna seperti penglihatan anak/remaja sehingga mereka belum dapat melihat seterang orang dewasa. Penting bagi orang tua untuk mengerti tahapan penglihatan bayi agar dapat memberikan stimulasi yang tepat. 

Lalu, pada usia berapa bayi bisa melihat? Bagaimanakah tahap perkembangan penglihatan bayi usia 0-12 bulan? Simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Tahapan Penglihatan Bayi Usia 1 Bulan

Usia 1 Bulan

  • Umumnya bayi mulai melihat di usia 1 bulan. Bayi hanya bisa melihat dengan jarak sekitar 20-30 cm dari wajahnya. Wajah merupakan stimulasi visual paling disukai bayi. Setelah usia 2 minggu, bayi sudah mulai mengenali wajah ibunya.
  • Bayi baru lahir tidak memiliki kemampuan memfokuskan mata dan hanya memiliki penglihatan perifer (kemampuan melihat ke samping). Jadi, jangan khawatir jika bayi tidak fokus melihat benda ataupun wajah Anda.
  • Bayi baru lahir hanya mampu melihat warna hitam, putih, dan abu-abu. Setelah 1 minggu, bayi mampu melihat warna namun tidak bisa membedakan warna yang mirip.
  • Bayi belum sensitif terhadap cahaya. Jadi tidak perlu khawatir untuk menyalakan lampu saat ia tidur.

Untuk para orang tua, karena mata bayi usia 1 bulan belum terlalu peka terhadap cahaya, maka tidak perlu khawatir menyalakan atau mematikan lampu saat ia tidur.

Artikel Lainnya: Ibu, Kontak Mata Anda pada Bayi Sangat Penting!

Usia 2-3 Bulan

  • Pada usia ini, bayi mulai mampu mengikuti benda bergerak yang mereka lihat. Bayi juga mulai belajar melihat dari satu benda ke benda lainnya tanpa harus menggerakkan kepalanya.
  • Bayi sudah bisa mengenali warna merah, kuning, hijau, dan jingga. Namun butuh waktu lebih lama untuk melihat warna biru dan ungu. Ini karena biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dan retina memiliki reseptor warna yang lebih sedikit untuk warna biru.

Untuk menstimulasinya, berikan dekorasi warna ruangan yang cerah atau beri gantungan mainan berbagai warna di atas boks bayi.

Saat bayi berusia 2-3 bulan, orang tua sudah dapat menstimulasi penglihatan bayi dengan menatap dan tersenyum pada bayi, serta menunjukkan benda-benda berwarna cerah kepada bayi (misalnya dengan mainan gantung).

Artikel Lainnya: Flash Kamera Menyebabkan Kebutaan pada Bayi, Mitos atau Fakta?

Usia 4-6 Bulan

  • Pada usia 4 bulan, bayi sudah bisa membedakan dan merespons berbagai jenis warna dengan sempurna.
  • Koordinasi mata-tangan mulai berkembang. Bayi mulai dapat menggapai dan menggenggam benda yang mereka lihat.
  • Bayi sudah bisa melihat orang atau benda yang berada di sekitar ruangan.
  • Usia 5 bulan mulai bisa meniru mimik wajah orang dewasa.
  • Setelah 6 bulan, tajam penglihatan bayi mencapai 20/20. Artinya sudah mencapai tajam penglihatan normal seperti orang dewasa.

Karena pada usia ini bayi sudah mulai tertarik pada gambar dan mainan, maka bayi dapat diperlihatkan berbagai benda di depannya untuk merangsangnya meraih benda tersebut. Hal ini penting untuk tahapan penglihatan bayi, serta dapat melatih koordinasi mata dan gerakan tangan bayi.

Usia 7-12 Bulan

  • Mulai tertarik pada gambar.
  • Sudah bisa mengenali wajah orang dengan baik.
  • Koneksi antara mata, gerakan tubuh, dan memori semakin kuat. Bayi sudah bisa memprediksi jarak yang akurat untuk menggapai atau melempar benda.

Stimulasi yang dapat diberikan pada bayi usia ini adalah dengan permainan menyembunyikan mainan untuk merangsang keinginan bayi mencari barang tersebut. Orang tua juga sudah mulai dapat memperkenalkan berbagai benda yang ada di sekitar secara bertahap. 

Itulah tahapan penglihatan bayi yang perlu diketahui oleh orang tua. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menstimulasi perkembangan mata sang buah hati. Untuk memastikan kesehatan dan perkembangan mata bayi, kunjungilah dokter mata. Apabila ditemukan ketidaksesuaian dapat segera ditindaklanjuti.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai tahapan penglihatan bayi, bisa berkonsultasi melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar