Sukses

Bisakah Memprediksi Waktu Menopause?

Jika Anda penasaran ingin memprediksi kapan datangnya menopause, yuk baca artikel berikut!

Setiap wanita pasti akan mengalami masa menopause. Bagi sebagian wanita, fase ini cukup menakutkan karena perubahan hormon dianggap dapat memengaruhi kehidupan mereka. Pada umumnya, menopause terjadi di antara umur 48 sampai 55 tahun. Bisakah Anda memprediksi kapan menopause akan datang?  

Datangnya masa menopause sebenarnya tidak dapat diprediksi. Namun, kedatangannya masih bisa diperlambat dengan menjalani pola hidup sehat. Terdapat beberapa faktor yang berkaitan dengan munculnya menopause.

Berikut penjelasannya:

  • Menopause terkait dengan faktor genetik. Artinya, usia seseorang mengalami menopause nantinya tidak jauh dari usia yang dialami ibunya.
  • Riwayat operasi di daerah rahim. Adanya riwayat ini dapat memicu munculnya menopause lebih dini.
  • Terapi kanker. Wanita yang menderita kanker dan menjalani pengobatan kemoterapi dan radioterapi dapat berisiko mengalami menopause lebih awal.
  • Merokok. Kebiasaan merokok dapat mempercepat munculnya menopause.
  • Anti-mullerian hormone. Saat ini peneliti sedang menelaah suatu hormon yang dinamakan anti-mullerian hormone (AMH), yang dapat digunakan untuk memprediksi akhir masa produktif seorang wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hormon AMH mampu menentukan status akhir reproduksi seorang wanita dibandingkan dengan perkiraan usia kronologisnya. Namun, pemeriksaan AMH tidak bisa dilakukan pada wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur.

Ingatlah bahwa setiap wanita pasti akan mengalami menopause. Meski demikian, Anda bisa memperlambatnya dengan menjalani pola hidup sehat. Let’s age gracefully!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar