Sukses

Ini Akibatnya Kalau Malas Cuci Tangan

Cuci tangan bisa membantu menjaga kesehatan. Awas, ada beberapa bahaya jika Anda malas cuci tangan. Apa saja? Yuk, simak di sini.

Tangan bisa menjadi sarang kuman. Walaupun kelihatan bersih, belum tentu tangan Anda terbebas dari berbagai kuman penyebab penyakit. 

Salah satu kebiasaan unik orang Indonesia adalah makan menggunakan tangan. Beberapa orang masih mungkin ingat untuk mencuci tangan sebelum menyantap makanan. 

Namun beberapa lainnya, nyaris tak peduli perlunya mencuci tangan terlebih dahulu. Sebenarnya, kebiasaan makan dengan tangan bukanlah pokok persoalannya. 

Tangan Anda yang kotor itulah yang menjadi masalah. Kondisi ini yang akan meningkatkan risiko tubuh Anda terinfeksi penyakit!

Berikut hal-hal yang dapat terjadi akibat tidak mencuci tangan secara rutin:

1 dari 5 halaman

1. Dapat Menularkan Kuman Ke Orang Lain

Hampir semua aktivitas sehari-hari dilakukan menggunakan bantuan tangan. Tangan Anda pun tak luput dari menyentuh berbagai macam barang, seperti gagang pintu, buku, pulpen, dan sebagainya. Benda tersebut berpotensi menyebarkan kuman.

Jika Anda memegang benda-benda tersebut dan tidak mencuci tangan setelahnya, Anda dapat menularkan kuman kepada orang lain seperti teman dan keluarga, sehingga berisiko membuat mereka sakit.

2. Terkena Diare

Kuman-kuman seperti Salmonella, E. Coli, dan norovirus dapat menyebabkan Anda terserang diare

Kuman ini dapat menempel di tangan ketika menggunakan toilet atau mengganti popok bayi. 

Kuman dapat menempel di tangan lalu langsung masuk lewat mulut dan menginfeksi tubuh Anda. 

Penelitian menunjukan, mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan penularan diare sebesar 42 hingga 47 persen.

Artikel Lainnya: Pakai Sabun Cuci Tangan Antibakteri Bisa Mengobati Jerawat?

2 dari 5 halaman

3. Terkena Infeksi Saluran Pernapasan

Serupa dengan diare, tangan yang tidak bersih dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan akut. 

Beberapa orang menutup mulut dengan tangan saat ia batuk atau bersin. Di situlah kuman menempel dan mengontaminasi apapun yang mereka pegang.

Mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi risiko infeksi saluran akut akibat poor hand hygiene. 

Oleh karena itu, ketahuilah cara mencuci tangan dengan benar agar dapat mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan.

4. Terkena Sakit Mata

Sakit mata atau konjungtivitis adalah penyakit yang sangat menular. Penyakit ini dapat timbul karena menggosok mata dengan tangan yang tidak bersih. Akibatnya, mata menjadi merah, gatal, dan berair.

Selain mata merah, konjungtivitis juga membuat Anda kurang percaya diri. Maka, hindarilah salah satu dampak tidak mencuci tangan ini dengan menjaga kebersihan dengan baik.

Artikel Lainnya: Basmi Kuman, Lebih Efektif Hand Sanitizer atau Cuci Tangan?

3 dari 5 halaman

5. Bisa Menyebarkan atau Terkena Keracunan Makanan

Ada banyak cara orang terkena keracunan makanan. Misalnya saja, akibat mengonsumsi makanan yang kurang matang, makan makanan basi, atau menyiapkan makanan dengan tangan kotor.

Nah, dengan melakukan praktek cuci tangan yang benar, Anda dapat mengurangi risiko terkena keracunan makanan bagi diri sendiri dan orang lain. 

6. Terkena Hepatitis A

Hepatitis A merupakan infeksi virus yang menyerang organ hati dan menyebabkan penyakit kuning, demam, sakit perut, dan kelelahan. 

Penyakit ini juga dapat menyebar melalui makanan yang terkontaminasi oleh orang yang menyiapkannya dengan tangan kotor. 

Mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok, dan sebelum menyiapkan makanan, dapat mengurangi penyebaran virus hepatitis A.

Artikel Lainnya: Cuci Tangan Pakai Sabun Kertas, Apakah Bersih?

4 dari 5 halaman

7. Timbul Jerawat

Selain karena menumpuknya sel-sel kulit mati dan sebum di pori-pori wajah, jerawat juga bisa muncul karena adanya penumpukan bakteri. 

Secara tidak sadar, Anda sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Alhasil, bakteri di tangan dapat berpindah ke kulit wajah. 

Pastikan Anda selalu mencuci tangan sebelum memegang wajah agar mengurangi risiko timbulnya jerawat. Jangan lupa juga mencuci muka dengan teratur, ya.

8. Terkena Infeksi Kulit

Bakteri yang sering ditemukan di kulit adalah bakteri Staphylococcus. Jika bakteri ini menempel di tangan, bisa menimbulkan infeksi seperti impetigo, yaitu infeksi kulit menular yang sering dialami anak-anak.

Ajarkan anak Anda cara mencuci tangan yang benar sejak dini agar dapat terlindungi dari kuman penyebab penyakit.

Ada banyak hal buruk yang dapat terjadi akibat tidak mencuci tangan. Tidak hanya asal mencuci tangan dengan air, pastikan Anda menggunakan sabun dan mengetahui langkah-langkah mencuci tangan dengan benar.

Jika ada yang ingin diketahui lebih lanjut tentang cara menjaga kebersihan atau tips kesehatan lain, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur LiveChat 24 Jam.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar