Sukses

Ini Akibatnya Kalau Malas Cuci Tangan

Cuci tangan. Perkara sepele namun sering dilupakan. Baca tulisan ini agar Anda tahu apa bahayanya jika Anda terus melupakan urusan yang satu ini.

Makan dengan tangan, tanpa menggunakan sendok atau garpu, merupakan kebiasaan unik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang yakin bahwa kebiasaan ini akan membuat makanan jauh lebih nikmat. Beberapa orang masih ingat untuk mencuci tangan sebelum menyantap makanan dengan tangan. Sayangnya beberapa lainnya, nyaris tak perduli perlunya mencuci tangan terlebih dahulu. Anda salah satu pelakunya? Jika ya, waspadalah!

Sebenarnya, kebiasaan makan dengan tangan bukanlah pokok persoalannya. Tangan Anda yang kotor itulah yang menjadi masalah. Kondisi ini yang akan meningkatkan risiko tubuh Anda terinfeksi penyakit!

Serangan Si Kuman

Walaupun tidak terlihat, kuman bisa saja menempel di benda-benda yang ada di sekitar Anda. Selanjutnya kuman-kuman tersebut bisa dengan mudah berpindah lewat sentuhan Anda ataupun paparan cairan tubuh seseorang (misalnya dari bersin atau batuk).

Penyakit yang paling sering terjadi jika Anda malas cuci tangan adalah diare, yang disebabkan oleh bakteri salmonella, E.coli dan norovirus. Ketiga bakteri ini berasal dari feses manusia atau hewan. Nah, jika Anda malas cuci tangan setelah menggunakan toilet, mengganti popok, menyiapkan daging mentah atau makanan, kemungkinan besar bakteri penyebab diare tersebut akan berpindah ke tangan, bahkan masuk ke dalam tubuh Anda.

Selain diare, penyakit yang juga sering terjadi akibat malas cuci tangan adalah infeksi saluran pernapasan. Kuman penyebab infeksi ini dapat berpindah dari seseorang yang batuk atau bersin, kemudian memegang benda di sekitarnya. Jika Anda menyentuh benda-benda tersebut, kemudian malas untuk cuci tangan, maka kuman akan turut menginfeksi tubuh Anda.

Oleh karena itu, cuci tangan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Karena secara sadar atau tidak, Anda sering menyentuh mata, hidung, ataupun mulut. Padahal tindakan ini memudahkan kuman untuk masuk ke dalam tubuh.

Penelitian membuktikan bahwa dengan cuci tangan, angka kejadian diare dapat berkurang sebanyak 31%, dan angka kejadian infeksi saluran pernapasan berkurang sebanyak 16-21%. Nah, sekarang Anda sudah tahu ‘kan betapa pentingnya kebersihan tangan? Mulai sekarang jangan malas untuk cuci tangan, ya!

[NB/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar