Sukses

Kurus Gara-gara Batuk: Sudah Pasti TBC?

Jika Anda batuk dan kehilangan berat badan atau menjadi kurus, waspadalah! Ini bukan batuk biasa.

Hampir setiap orang pernah terserang batuk. Anda salah satunya? Sebenarnya, batuk merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan. Namun batuk juga bisa merupakan gejala dari suatu penyakit. Jika Anda batuk dan kehilangan berat badan atau menjadi kurus, waspadalah! Ini bukan batuk biasa.

Batuk dan Tubuh Kurus

Batuk yang tidak kunjung membaik, serta tubuh yang menjadi kurus berhubungan dengan penyakit TBC, asma, kanker paru, emfisema, PPOK, pnuemonia, alergi, bronkitis kronik dan lainnya.

Indonesia merupakan negara berkembang dengan prevalensi penyakit TBC menempati peringkat keempat di dunia. Menurut WHO (2011), prevalensi jenis kasus TBC adalah 690.000, dan sekitar 450.000 kasus baru per tahun. Salah satu gejala dari TBC adalah batuk yang tidak kunjung sembuh selama 3 minggu atau lebih, batuk disertai dengan darah, lemas, tidak nafsu makan, kehilangan berat badan, demam, dan keringat malam.

Infeksi TBC dapat mengakibatkan penurunan asupan makanan. Infeksi ini pun dapat menyebabkan perubahan dalam metabolisme tubuh, sehingga terjadi proses penurunan masa otot dan lemak. Jika dibiarkan, kejadian ini dapat menyebabkan prognosis TBC menjadi buruk dan meningkatkan risiko kematian.

Penderita TBC dengan kondisi kekurangan nutrisi dapat menimbulkan gejala anoreksia, penurunan berat badan, indeks massa tubuh yang kurang, dan kadar albumin serum yang rendah. Kondisi ini juga dapat menurunkan status imunitas, karena kuman TBC yang berkembang dengan pesat.

Namun Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Penyakit TBC dapat disembuhkan dengan kepatuhan penderita dalam pengobatan. Kondisi kurangnya nutrisi juga tidak boleh dibiarkan dan harus ditindaklanjuti, karena ini berhubungan dengan keterlambatan penyembuhan, peningkatan angka kematian, serta risiko kekambuhan penyakit. Karena itu, dibutuhkan adanya dorongan dari orang terdekat untuk mendukung para penderita TBC dengan memberikan makan bergizi sehat dan seimbang, serta untuk meminum rutin obatnya.

Jadi jika Anda memiliki gejala batuk yang tidak kunjung sembuh, penurunan berat badan atau bertambah kurus; segera kunjungi dokter. Bisa bisa jadi Anda terkena penyakit TBC.

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar