Sukses

Bahaya Mengonsumsi Makanan Kedaluwarsa

Tiga restoran ternama diduga pernah menggunakan bahan kedaluwarsa dalam masakan mereka. Lalu, apa bahaya mengonsumsi makanan yang telah kedaluwarsa?

Baru-baru ini publik dikejutkan dengan dengan pemberitaan mengenai jaringan restoran besar di Indonesia –seperti Pizza Hut, Pizza Hut Delivery (PHD), dan Marugame Udon– yang menggunakan bahan makanan kedaluwarsa.

Berita tersebut diketahui dari surat kaleng yang dikirimkan melalui surel yang dialamatkan kepada beberapa media, di antaranya BBC Indonesia dan Tempo, pada tanggal 4 April 2016 lalu.

Dituliskan dalam surel tersebut bahwa PT Sriboga Raturaya, perusahaan yang membawahi jaringan restoran tersebut, memperpanjang masa kedaluwarsa bahan-bahan makanan yang masih tersisa.

Bahan-bahan makanan di Marugame Udon seperti bubuk bonito (bubuk tuna cakalang yang dikeringkan), sukiyaki tare, dan saus tempura diperpanjang masa kedaluwarsanya selama tiga bulan. Sementara itu, bahan makanan di Pizza Hut dikabarkan diperpanjang masa kedaluwarsanya selama satu bulan.

Berita ini cukup meresahkan warga masyarakat. Wajar saja, sebab Pizza Hut, PHD, dan Marugame Udon adalah tiga restoran yang akran dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Bahaya Makanan Kedaluwarsa

Makanan yang sudah kedaluwarsa akan kehilangan sebagian besar nutrisinya. Sehingga apabila Anda mengonsumsi makanan yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsanya, Anda akan rentan mengalami kurang gizi –walaupun sudah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup. Selain kandungan nutrisi, rasa dari makanan yang sudah kedaluwarsa juga akan mengalami perubahan.

Makanan yang sudah kedaluwarsa dapat mengandung bakteri dan jamur dalam jumlah yang sudah tidak aman lagi bagi kesehatan tubuh. Apabila dikonsumsi, dapat timbul gejala-gejala gangguan saluran cerna seperti mual, muntah, nyeri perut, demam, pusing, dan diare. Apabila muntah dan diare yang timbul hebat dan berkepanjangan, tubuh dapat mengalami kekurangan cairan dan terkena dehidrasi.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa makanan dan minuman kemasan sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau mengonsumsinya. Apalagi, makanan tinggi protein seperti telur, daging, ikan, dan susu akan sangat mudah ditumbuhi bakteri dan jamur jika sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar