Sukses

5 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Selain diet, ada cara lain yang juga efektif untuk menurunkan berat badan. Apa saja cara-cara tersebut?

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, misalnya dengan berdiet. Tapi diet bukanlah satu-satunya cara mendapatkan tubuh ideal. Lima cara berikut ini juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan Anda.

  1. Gunakan piring dengan ukuran kecil

Penelitian menunjukkan bahwa saat menggunakan piring dan peralatan makan berukuran besar, seseorang akan cenderung makan dalam porsi yang lebih banyak. Gunakan piring berukuran kecil agar porsi yang Anda ambil tidak berlebihan. Selain itu, pilihlah piring berwarna kontras dengan warna makanan di dalamnya. Menggunakan piring berwarna senada dengan makanan ternyata dapat membuat Anda makan lebih banyak.

  1. Makan lebih lama

Gunakan penghitung waktu dan set waktu makan Anda setidaknya selama 20 menit. Waktu makan yang lebih lama ternyata mampu menurunkan asupan kalori hingga 300 kalori setiap harinya.

  1. Minum air sebelum makan

Asupan air sebelum makan akan mengisi sebagian ruangan dalam perut Anda, sehingga membatasi jumlah makanan yang masuk.

  1. Jadwal tidur yang teratur

Kebiasaan tidur yang buruk akan memicu otak untuk makan di malam hari, dan sayangnya jenis makanan yang dipilih biasanya camilan yang tidak sehat. Selain itu, kurangnya porsi tidur dapat menghambat produksi leptin, hormon yang membuat Anda merasa kenyang.

  1. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dilakukan tidak harus berat atau melulu di pusat kebugaran. Tahukah Anda, dengan posisi berdiri saja Anda dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan duduk? Posisi berdiri saat mengerjakan aktivitas kantor selama 8 jam mampu membakar 500 kalori lebih banyak dibandingkan dengan aktivitas yang sama yang dikerjakan dengan posisi duduk.

Apa pun cara yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, yang terpenting adalah pilih cara yang sehat dan lakukanlah dengan konsisten. Cara menurunkan berat badan yang tidak sehat hanya akan memberi manfaat sementara, bahkan dapat membahayakan kesehatan.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar