Sukses

Manfaat Vitamin A untuk Pertumbuhan Anak

Pemerintah telah mencanangkan bulan Februari dan Agustus sebagai Bulan Vitamin A. Pada bulan-bulan tersebut pemerintah memberikan vitamin A secara gratis untuk balita. Apa saja manfaat dari vitamin A?

Kecukupan asupan vitamin A sangat penting untuk anak-anak. Tidak heran jika pemerintah mencanangkan bulan Februari dan Agustus sebagai bulan pemberian suplementasi vitamin A dosis tinggi bagi balita berusia 6-59 bulan (serta ibu dalam masa nifas). Selain lewat suplementasi, jangan lupa untuk memberi anak berbagai makanan yang tinggi vitamin A!

Vitamin A bermanfaat untuk mata, karena sel-sel di retina membutuhkan vitamin A untuk metabolismenya. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja (kesulitan melihat jelas pada senja hari) serta mata kering. Apabila terjadi kekurangan vitamin A yang berat, maka dapat berujung pada kebutaan.

Selain bermanfaat untuk mata, vitamin A juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan sel-sel tubuh terutama rambut, kuku, dan kulit. Pada anak, pertumbuhan dan perkembangan yang baik juga difasilitasi oleh kecukupan vitamin A. Lebih lanjut lagi, vitamin A itu sendiri memiliki sifat antioksidan, yaitu penangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Berikut ini daftar makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A:

  1. Sayur-sayuran: ubi, labu, wortel, kubis, bayam, pakcoi, paprika merah, seledri, selada.
  2. Buah-buahan: aprikot, jeruk bali, mangga, melon, prem, pepaya.
  3. Ikan dan makanan laut: belut, tuna, hering, makerel, salmon, minyak kod.
  4. Susu dan produk turunannya seperti keju.
  5. Daging hati ayam, hati kalkun, hati sapi, hati domba.
  6. Telur.

Pastikan Anda memasukkan beberapa jenis makanan di atas dalam menu harian anak, untuk mencukupi kebutuhan vitamin A-nya. Jangan lupa juga untuk berpartisipasi dalam Bulan Vitamin A di posyandu-posyandu terdekat!

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar