Sukses

Cabai, Si Merah untuk Atasi Batuk Secara Alami

Cabai biasanya diolah sebagai sambal atau sebagai bahan pelengkap makanan. Tahukah Anda cabai juga bermanfaat untuk atasi batuk secara alami? Berikut info medis dari dr. Theresia Rina Yunita.

Batuk merupakan refleks tubuh untuk menjaga tenggorokan dan saluran pernapasan tetap bersih. Batuk memang sangat menggangu, namun ternyata batuk juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, lho!

Batuk dan Sifatnya

Batuk dapat bersifat akut atau kronik. Batuk yang sifatnya akut biasanya disertai demam, dan gejala flu – seperti pilek. Sedangkan batuk kronik merupakan jenis batuk yang dapat bertahan hingga lebih dari 2 minggu dan merupakan masalah yang serius.  

Batuk juga sering kali menyerang di saat kondisi tubuh sedang tidak fit, terutama pada saat keadaan cuaca yang sering berubah-ubah. Batuk terus-menerus merupakan masalah umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseoran, berhubungan dengan beban psikologis dan sosial.

Anda pasti merasa terganggu bila bekerja satu ruangan dengan orang yang batuk terus-menerus, bukan?

Batuk dan Cabai

Tahukah Anda bahwa dengan mengonsumsi cabai maka gejala batuk dapat berkurang?

Cabai merupakan buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Cabai banyak disukai karena rasa pedasnya yang menggugah selera. Cabai biasanya diolah sebagai sambal atau sebagai bahan pelengkap makanan.

Cabai mengandung capsaicin – yaitu suatu komponen aktif yang memberikan rasa pedas atau sensasi terbakar pada setiap bagian tubuh yang terkena.  Sifat-sifat yang diberikan oleh zat capsaicin adalah sebagai antiinflamasi , antialergi, antijamur dan anti-iritasi. Selain itu, cabai juga mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan beta karoten yang sangat baik bagikesehatan.

Kandungan capsaicin pada cabai ternyata mampu mengencerkan lendir, sehingga dapat mengurangi gejala batuk serta pilek.

Ingatkah Anda saat sedang mengonsumsi semangkuk mie kuah pedas, Anda pasti akan berkeringat banyak dan mengeluarkan banyak lendir dari hidung Anda? Hal ini ternyata memiliki alasan medis tersendiri!

Pada studi yang dilakukan terhadap pasien dengan gejala infeksi pernapasan bagian atas, konsumsi teratur capsaicin secara oral memberikan hasil yang memuaskan. Capsaicin mampu menurunkan sinyal pada saraf sensori, sehingga mengurangi sensitivitas batuk.

Konsumsi cabai memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun ketahuilah, konsumsi cabai secara berlebihan justru dapat menimbulkan masalah kesehatan, misalnya nyeri lambung (maag). Jadi, konsumsilah cabai secukupnya agar memperoleh manfaat sehatnya!

0 Komentar

Belum ada komentar