Sehat dan Bugar

10 Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Siti Putri Nurmayani, 28 Apr 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Renang merupakan olahraga yang memiliki dampak baik bagi kesehatan. Ketahui, ini manfaat berenang untuk kesehatan tubuh.

10 Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Renang menjadi salah satu aktivitas olahraga yang banyak diminati. Selain terasa menyenangkan, risiko cedera dari olahraga ini juga sangat minim karena seluruh tubuh ditahan oleh air atau mengapung.

Tak berhenti sampai di situ, renang juga bisa bermanfaat bagi kesehatan, lho. Lalu, apakah manfaat berenang bagi tubuh kita? Mari ketahui manfaat berenang dengan membawa ulasan di bawah ini.

1. Mengatasi Penyakit Kronik

Salah satu manfaat berenang adalah dapat membantu menangani penyakit kronik, misalnya penyakit peradangan sendi atau arthritis.

“Penderita arthritis umumnya mengalami pembengkakan dan kekakuan pada sendi, sehingga tubuh sulit digerakkan dan terasa menyakitkan. Dengan berenang, gejala nyeri yang dirasakan penderita nantinya bisa semakin berkurang,” jelas dr. Dyah Novita Anggraini.

2. Mengurangi Gejala Cemas

Serupa dengan olahraga lainnya, ternyata renang juga bisa membantu tubuh untuk melepaskan endorfin. Dikutip dari laman Health Direct, kondisi ini tentunya bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi cemas serta stres.

Bahkan, beberapa orang menganggap gerakan berulang dalam berenang bisa menjadi cara yang baik untuk bersantai dan menjernihkan pikiran yang negatif.

3. Menguatkan Tulang

Disampaikan Dokter Vita, manfaat olahraga renang juga bisa membantu menguatkan tulang. Alhasil, ini bisa mengurangi risiko terjadinya patah tulang pada wanita yang sudah mengalami menopause.

Tak hanya itu, hasil penelitian dari BioMed Research International juga menyatakan bahwa berenang dapat mencegah dan mengobati osteoporosis atau menurunnya massa tulang.

4. Melawan Risiko Penyakit Jantung Koroner

Berenang merupakan salah satu latihan aerobik yang dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Pasalnya, berenang dapat melatih otot jantung agar bekerja dengan baik.

Dengan berenang selama 30 menit sehari, ini bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Pasalnya, melakukan latihan aerobik secara teratur bisa menurunkan tekanan darah.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Berenang menjadi olahraga yang bagus untuk penderita diabetes. Soalnya, olahraga ini bisa mengelola kadar gula darah pada diabetes tipe-2 dan diabetes gestasional yang menyerang ibu hamil.

Aktivitas aerobik ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan berkontribusi untuk penurunan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Jika kamu tertarik dengan manfaat berenang yang satu ini, cobalah untuk renang selama 30 menit.

6. Meningkatkan Kapasitas dan Volume Paru-Paru

Pada dasarnya, berenang bisa membantu mempertahankan kesehatan paru-paru. Menurut Dokter Vita, latihan aerobik ini dapat meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru, sehingga dapat membantu penderita asma untuk mengatasi penyakitnya.

Latihan pernapasan saat berenang, seperti menahan napas bisa membantu penderita asma untuk mengendalikan pernapasan.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

tidur

Ternyata, renang juga bisa membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak, lho. Ini sangat bermanfaat untuk penderita insomnia

Orang dewasa yang menderita insomnia dilaporkan mengalami peningkatan kualitas hidup dan tidur setelah melakukan latihan aerobik secara teratur. Beruntungnya, berenang termasuk olahraga aerobik yang mudah untuk dilakukan. 

8. Aman Dilakukan oleh Ibu Hamil

Kabar baiknya, renang menjadi salah satu olahraga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Tak hanya Mama, bayi yang ada di kandungan juga bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari berenang.

Penting untuk diingat, beberapa wanita mungkin memiliki pembatasan aktivitas selama kehamilan. Untuk itu, coba konsultasikan dulu dengan dokter supaya lebih aman.

9. Membantu Pembakaran Kalori

Olahraga renang menjadi cara yang efisien untuk membakar kalori. Seseorang yang memiliki berat badan 160 pon atau setara dengan 72,5 kilogram (kg) berhasil membakar 423 kalori per jam ketika berenang dengan kecepatan rendah atau sedang.

Jika dibandingkan saat berjalan dengan kecepatan 5 kilometer per jam selama 60 menit yang membakar sekitar 314 kalori, tentunya olahraga renang bisa membakar lebih banyak kalori.

Artikel Lainnya: Gaya Renang Ini Ampuh Bakar Kalori dan Turunkan Berat Badan

10. Memperpanjang Umur

Berenang dapat melatih otot, membangun kekuatan, mempertahankan daya tahan tubuh, dan menjaga detak jantung agar tetap stabil.

Olahraga ini bisa membantumu untuk tetap hidup dengan sehat. Apalagi, jika kamu berenang secara teratur dengan teknik yang benar.

Setelah mengetahui apa manfaat renang, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mencoba olahraga yang satu ini. Jangan lupa, #JagaSehatmu dengan melakukan peregangan terlebih dahulu, supaya otot tubuh tidak kaku. Pastikan juga untuk minum banyak air putih agar tidak mengalami dehidrasi saat berenang.

Bila punya pertanyaan lain seputar renang, segera unduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi dengan dokter secara online

(NM)

Berenang

Konsultasi Dokter Terkait