Sukses

Manfaat Berenang dalam Mengatasi Berbagai Penyakit

Berenang, selain menyenangkan juga sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Simak info medis dari dr. Dyah Novita Anggraini berikut ini.

Berenang merupakan aktivitas olahraga yang sangat diminati. Selain menyenangkan, berenang termasuk kategori olahraga yang minim risiko terjadinya cedera fisik karena saat berenang seluruh tubuh ditahan oleh air atau mengapung.

Di samping itu, olahraga ini juga dapat memberikan manfaat dalam menangani beberapa penyakit yang menahun. Berikut beberapa penyakit yang dapat ditangani dengan melakukan olahraga berenang:

  • Berenang dapat menangani penyakit kronik 

Berenang dapat membantu menangani masalah penyakit kronik, misalnya penyakit peradangan sendi – artritis. Artritis adalah penyakit yang bersifat kronis dan terjadi seumur hidup. Biasanya, penyakit ini menyerang pria dan wanita yang berusia di atas 55 tahun. Pasien dengan arthiritis menderita pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga menyebabkan gerak tubuh menjadi sulit dan menyakitkan. Nah, dengan berenang gejala nyeri yang dirasakan penderita dapat semakin berkurang.

  • Berenang dapat mengurangi gejala cemas

Berenang dapat membantu mengurangi gejala cemas penderita fibromyalgia. Fibromyalgia adalah suatu penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh.

  • Berenang dapat menguatkan tulang

Berenang dapat menguatkan tulang dan mengurangi risiko terjadinya patah tulang pada wanita yang sudah mengalami menopause.

  • Berenang dapat melawan risiko penyakit jantung koroner

Berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung coroner, karena berenang dapat meningkatkan aliran darah ke jantung

  • Berenang dapat mengurangi risiko diabetes

Berenang dapat mengurangi risiko terkena diabetes, dengan durasi berenang selama tiga puluh menit.

  • Berenang dapat meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru

Berenang dapat meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru, sehingga dapat membantu penderita asma dalam mengatasi penyakitnya.

  • Berenang dapat memperpanjang umur

Berenang bisa membantu untuk memperpanjang umur seseorang, bila dibandingkan 

0 Komentar

Belum ada komentar