Sukses

Tips Agar Tidak Jatuh Sakit Saat Mudik

Mudik merupakan hal yang ditunggu-tunggu menjelang Lebaran, namun perjalanan bisa terganggu jika Anda jatuh sakit. Simak kiat-kiat ini agar Anda tetap fit dan segar selama mudik!

Hari raya Idul Fitri sebentar lagi datang. Tentunya Anda sudah tidak sabar menantinya, karena momen Lebaran ini bagi sebagian orang dipakai untuk mudik bersama keluarga tercinta.

Berbagai persiapan menjelang Lebaran pun sudah pasti Anda perhatikan dari jauh-jauh hari, mulai dari menyiapkan THR sampai memesan tiket untuk pulang kampong.

Akan tetapi, jangan sampai Anda lupa memperhatikan kondisi kesehatan Anda maupun keluarga. Nah, apa sajakah tips agar Anda tidak jatuh sakit saat mudik? Berikut ulasannya:

  1. Istirahat sebelum berangkat

Sebelum Anda berangkat mudik, pastikan Anda beristirahat dengan cukup di malam hari. Tidur yang cukup selama 7-8 jam dapat membuat Anda segar di pagi hari dan siap untuk mudik.

  1. Perhatikan nutrisi pada menu makanan

Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi. Jika Anda ingin mudik, pastikan asupan makanan Anda terdiri dari karbohidrat (nasi/ kentang/ mie/ roti/ lainnya), protein (daging/ ayam/ ikan/ tahu/ tempe/ lainnya), serat (sayur-sayuran dan buah-buahan). Pastikan juga Anda mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari.

  1. Konsumsi suplemen

Dikarenakan Anda membutuhkan tubuh yang prima saat mudik, konsumsilah multivitamin/ suplemen untuk membantu ketahanan tubuh Anda. Pastikan suplemen yang Anda pilih ada kandungan vitamin C dan vitamin B-nya, di samping vitamin-vitamin yang lain.

  1. Bawalah obat-obatan
  • Jika Anda memiliki penyakit kronis yang membutuhkan konsumsi obat rutin, pastikan obat Anda cukup untuk dibawa selama mudik lebaran.
  • Kenalilah penyakit Anda selama satu bulan terakhir ini, jika ada maka Anda bisa membawa obat-obatan tersebut, seperti: obat maag, obat sakit kepala, obat demam, obat flu, obat diare dan lainnya sesuai dengan kebiasaan sakit Anda satu bulan terakhir.
  • Apabila Anda tidak pernah mengalami sakit, Anda bisa membawa multivitamin, minyak oles aromaterapi, minyak angin ataupun membawa betadine sebagai pencegahan.
  • Apabila Anda terbiasa mabuk perjalanan, jangan lupa konsumsi obat antimabuk sebelumnya dan bawalah obat tersebut di tas Anda.
  1. Manfaatkan rest area
  • Kenalilah beberapa lokasi rest area selama perjalanan Anda.
  • Berhentilah jika ada rest area sebagai ajang untuk menenangkan otot-otot Anda selama dalam perjalanan. Lakukan beberapa peregangan otot dan sendi agar Anda fit kembali.
  • Jika Anda mengantuk, Anda bisa beristirahat sejenak dan melanjutkan perjalanan setelah Anda beristirahat.
  1. Membawa bekal makanan/ minuman

Jika perjalanan Anda jauh dan jarang dilewati oleh restoran atau tempat istirahat, bawalah beberapa bekal makanan/ minuman yang Anda sukai. Pilihlah bekal makanan/ minuman yang sehat dan bergizi.

  1. Jangan lupa untuk membawa kartu asuransi atau kartu JKN BPJS.

Pastikan Anda mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat dan manfaatkan kartu asuransi/ kartu JKN BPJS jika selama perjalanan ataupun mudik Anda menderita sakit.

  1. Sesampainya di kampung halaman

Sesampainya Anda di kampung halaman, jangan memforsir badan Anda untuk melakukan segala aktivitas. Pastikan Anda tidur cukup, selalu menjaga pola makan sehat dan bergizi, sempatkan olahraga di sela-sela aktivitas Anda, serta mengonsumsi multivitamin

Demikianlah kiat-kiat agar Anda tidak jatuh sakit saat mudik. Semoga Anda dan keluarga selalu diberikan kesehatan selama mudik Lebaran ini. 

0 Komentar

Belum ada komentar