Perawatan Wanita

Tips Merawat Wajah untuk Kulit Sensitif

dr. Nadia Octavia, 31 Mei 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kulit wajah yang sensitif memang membuat pemiliknya menjadi serba salah untuk memilih jenis perawatan terbaik untuk dilakukan. Nah, berikut tips merawat wajah untuk kulit sensitif dari dr. Nadia Octavia yang mungkin bisa Anda coba.

Tips Merawat Wajah untuk Kulit Sensitif

Apakah wajah Anda mudah merah ketika menggunakan produk perawatan tertentu? Atau wajah Anda justru berjerawat saat baru menggunakan krim perawatan tertentu? Jika ya, bisa jadi Anda merupakan satu dari sekian banyak orang yang memiliki kulit sensitif.

Sebenarnya, apa saja masalah kulit sensitif dan bagaimana sih cara mengatasi kulit sensitif?

Masalah #1: Wajah Kemerahan

Apakah wajah Anda mudah memerah, pembuluh darah di wajah Anda terlihat, atau kulit Anda berjerawat di area T? Jika ya, bisa jadi kulit Anda tergolong kulit yang sensitif. Kulit wajah yang sensitif mudah sekali untuk memerah karena adanya pelebaran pembuluh darah di wajah. 

Solusinya

Jika Anda memiliki kulit wajah dengan kondisi seperti di atas, pilihlah produk perawatan yang mengandung licorice, aloe vera atau algae. Anda juga harus menghindari untuk melakukan perawatan peeling atau mikrodermabrasi, serta menghindari produk yang mengandung asam glikolat. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan probiotik, seperti yoghurt, yang dapat mencegah kulit kemerahan atau gatal.  

Masalah #2: Mudah alergi

Masalah ini juga kerap kali dialami oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Pasalnya, kulit sensitif kerap kali membuat kulit wajah menjadi mudah iritasi atau gatal dan mengalami reaksi alergi ketika mencoba produk perawatan tertentu. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh adanya gangguan dari fungsi pelindung kulit, sehingga Anda mudah untuk mengalami reaksi alergi.

Solusinya

Jika mengalami reaksi alergi, Anda dapat mengaplikasikan krim yang mengandung kortikosteroid pada area yang mengalami iritasi. Anda juga bisa mengaplikasikan kompres buatan sendiri di rumah menggunakan handuk yang dicelup ke dalam susu, yang ditempelkan pada area yang iritasi. Anda dapat melakukan hal tersebut dengan catatan tidak terdapat luka terbuka pada wajah Anda.

Masalah #3: Kulit kering

Apakah kulit wajah Anda sering terasa kering dan tertarik setiap kali habis mencuci wajah? Jika ya, bisa jadi Anda mempunyai kulit yang kering. Kulit yang kering dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari faktor iklim, diet Anda, hingga faktor produk perawatan yang Anda gunakan. Ketika kulit menjadi sangat kering, sering kali sel-sel kulit mati akan mengelupas dan menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit.

Solusinya

Hindari untuk menggunakan produk yang mengandung alkohol, karena produk tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi semakin kering. Selain itu, hindari juga untuk menggunakan sabun wajah yang mengandung butiran scrub, karena akan mengiritasi kulit Anda.

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, setelah mencuci wajah, sebaiknya Anda jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap pada wajah. Anda dapat mengaplikasikan pelembap tersebut secara berulang, sebanyak 2-3 kali sehari.

Masalah #4: Mudah berjerawat

Jerawat terjadi karena berbagai faktor, mulai dari stres, kurang tidur, kelenjar minyak yang aktif, hingga paparan produk tertentu. Namun pada kulit yang sensitif, penyebab utama terjadinya jerawat adalah karena kulit yang sensitif pada dasarnya rentan untuk mengalami peradangan.

Solusinya

Coba perhatikan pada situasi apakah Anda mengalami jerawat. Apakah setiap mengaplikasikan produk tertentu, ataukah pada saat lainnya. Jika jerawat timbul akibat mengaplikasikan produk tertentu, hentikan penggunaan produk tersebut dan beralih ke produk yang yang mengandung sulfur, asam salisilat atau tea tree oil untuk mengurangi kadar minyak berlebih di kulit. 

kulitSensitif

Konsultasi Dokter Terkait