Sukses

Tanda Kista Ovarium Dilihat dari Vagina

Tahukah Anda mengenai kista ovarium? Kista ovarium merupakan salah satu kelainan yang terdapat di dalam organ reproduksi wanita, dan karena letaknya di organ reproduksi banyak wanita yang khawatir akan penyakit ini.

Tidak semua kista ovarium berbahaya, bahkan terkadang memang normal terjadi di dalam tubuh wanita. Memang, kista ovarium dapat berkembang menjadi kanker hanya jika tidak ditangani sedini mungkin. Oleh karena itu, kita perlu mengenali dan mengetahui gejalanya sejak dini terutama gejala yang bisa disadari secara langsung.

Ada beberapa gejala kista ovarium yang bisa dilihat sedari dini, dari gejala yang berkaitan dengan vagina. Berikut adalah gejala di vagina jika terkena kista ovarium:  

  • Nyeri saat berhubungan intim. Jika Anda mengalami keluhan tersebut, segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Perdarahan abnormal melalui vagina.  Biasanya perdarahan muncul di antara dua menstruasi.
  • Nyeri hebat saat menstruasi. Nyeri hebat yang dirasakan biasanya berlanjut sampai haid selesai, karena nyeri haid yang normal terjadi paling lama 72 jam.
  • Gangguan menstruasi. Menstruasi yang terjadi tidak rutin setiap bulan.

Jika Anda sering memiliki salah satu dari gejala di atas, segera konsultasikan masalah Anda dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut. Pada saat pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa daerah genital, vagina, rongga perut bawah, serta menggunakan alat yang dinamakan spekulum untuk melihat saluran reproduksi.

Jika cukup besar, kista akan terasa saat pemeriksaan ini dilakukan. Namun jika tidak terlihat, dokter akan menambah pemeriksaan dengan pemeriksaan penunjang. Tes ini dilakukan untuk menentukan ukuran dan lokasi dari kista. 

2 Komentar

  • Tri Utami

    Mlm dok nm sy triutami, Ty dok klw sudah melakukan pngangkatan/oprasi ovarium ap itu kmungkinan gk bisa hamil lg. Apa lagi saat pngngktan tersebut indung telur sedikit terluka sebab ad pnyakit laen yg nempel di indung telur. Trimakasih

  • Amell Lemoodt Moodt

    Haii dok.... Saya mau nanyak apakah kista coklat itu berbahaya... Apakah bisa hamil??? Terus apkah bisa diobati dok selain dioperasi... Trima kasih...