Sukses

Tanda Kista Ovarium Dilihat dari Vagina

Kista ovarium memiliki beberapa tanda yang bisa dikenali dari kondisi vagina. Apa saja? Ketahui gejala kista ovarium pada vagina berikut ini.

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang terletak di ovarium atau di permukaannya. Wanita punya dua ovarium yang ada di setiap sisi rahim (kiri dan kanan). Ukuran dan bentuknya pun serupa kacang almond.

Saat mendapati adanya kista di dalam ovarium, sebagian wanita mungkin merasa khawatir dan takut. 

Padahal, tidak semua kista ovarium berbahaya. Bahkan terkadang, kantong berisi cairan itu memang normal terjadi di dalam tubuh wanita.

Itulah sebabnya, Anda sebaiknya mengetahui apa dan bagaimana tanda kista ovarium pada vagina.

1 dari 3 halaman

Gejala Kista Ovarium pada Vagina

Kebanyakan kista ovarium tidak menimbulkan gejala sehingga tidak diketahui keberadaannya. Kantong tersebut juga dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Namun, jika ukurannya cukup besar apalagi sampai pecah (ruptur), kista bisa menimbulkan nyeri hebat dan berbahaya. 

Penyebab kista ovarium yang tersering adalah hasil dari siklus menstruasi, disebut sebagai kista fungsional. 

Artikel Lainnya: Sering Sakit Perut Sebelah Kiri, Gejala Penyakit Apa?

Ada beberapa tanda kista ovarium yang bisa dilihat sedari dini yang berkaitan dengan vagina. Berikut ini adalah gejala di vagina jika terkena kista ovarium:

  • Nyeri saat berhubungan intim. Jika Anda mengalami keluhan tersebut, segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Perdarahan abnormal melalui vagina. Biasanya perdarahan muncul di antara dua menstruasi.
  • Nyeri hebat saat menstruasi. Nyeri hebat yang dirasakan biasanya berlanjut sampai haid selesai, karena nyeri haid yang normal terjadi paling lama 72 jam.
  • Gangguan menstruasi. Menstruasi yang terjadi tidak rutin setiap bulan.

Artikel Lainnya: Mengenal Bahaya di Balik Kista Gigi

2 dari 3 halaman

Waspadai Tanda Kista Ovarium Lainnya

Selain gejala yang dapat dilihat dari vagina, terdapat beberapa tanda kista ovarium lain yang perlu Anda waspadai, yaitu:

  • Nyeri pada area panggul/pinggul. Nyeri ini dapat bersifat tumpul atau tajam pada perut bagian bawah atau pada isi ovarium yang terkena kista. 
  • Benjolan perut, dapat ditemukan apabila ukuran kista ovarium sangat besar.
  • Mual muntah dan kembung.
  • Rasa penuh pada perut.
  • Demam, bisa jadi tanda adanya pecah kista, yang jadi pertanda telah terjadi peradangan ataau infeksi pada area perut dan panggul.

Jika Anda pernah atau sering mengalami salah satu atau lebih gejala di atas, segera konsultasikan kepada dokter.

Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut. Yakni, pemeriksaan daerah genital, vagina, rongga perut bawah, serta menggunakan alat yang dinamakan spekulum untuk melihat saluran reproduksi.

Jika massanya cukup besar, kista akan terasa saat pemeriksaan ini dilakukan. 

Akan tetapi, jika tidak terlihat, dokter akan menambah pemeriksaan dengan pemeriksaan penunjang. Tes ini dilakukan untuk menentukan ukuran dan juga lokasi dari kista.

Anda masih punya pertanyaan seputar tanda kista ovarium atau cara mengobati kista ovarium? Tanyakan langsung pada dokter melalui fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

2 Komentar

  • Tri Utami

    Mlm dok nm sy triutami, Ty dok klw sudah melakukan pngangkatan/oprasi ovarium ap itu kmungkinan gk bisa hamil lg. Apa lagi saat pngngktan tersebut indung telur sedikit terluka sebab ad pnyakit laen yg nempel di indung telur. Trimakasih

  • Amell Lemoodt Moodt

    Haii dok.... Saya mau nanyak apakah kista coklat itu berbahaya... Apakah bisa hamil??? Terus apkah bisa diobati dok selain dioperasi... Trima kasih...