Sukses

Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga?

Apakah Anda berolahraga pagi hari, siang, sore ataukah malam hari? Sebenarnya, kapan waktu terbaik untuk berolahraga? Berikut info medis dari dr. Karunia Ramadhan.

Baner Fitbar

Banyak orang bertanya kapankah waktu yang terbaik untuk berolahraga agar mendapatkan manfaat yang maksimal, apakah pagi, siang, sore, ataukah malam? Para ahli pernah membahas hal serupa. Mereka sering mendapatkan pertanyaan dari masyarakat yang kritis mengenai waktu berolahraga mereka.

Menurut Russell Pate, Ph.D, profesor ilmu olahraga Arnold School of Public Health, University of South Carolina, Amerika Serikat, waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu di mana Anda akan melakukannya secara konsisten. Karena menurutnya, manfaat berolahraga bagi kesehatan akan berhubungan dengan jumlah kegiatan yang dilakukan secara konsisten.

Waktu terbaik untuk berolahraga dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

  1. Lokasi

Jika Anda memiliki sendiri fasilitas olahraga di rumah, Anda dapat berolahraga di rumah. Namun jika Anda tidak memiliki fasilitas tersebut, sebaiknya Anda berolahraga dengan memilih tempat yang terdekat dengan rumah Anda, seperti joging di sekitar lingkungan rumah.

Jangan selalu memaksakan diri untuk pergi ke pusat kebugaran yang letaknya jauh. Karena setelah beberapa waktu, tempat yang jauh akan membuat Anda malas untuk berolahraga.

  1. Waktu pelaksanaan

Waktu olahraga yang dilakukan disesuaikan dengan jadwal Anda. Namun, memilih waktu di pagi hari sebelum Anda memulai pekerjaan menjadi waktu yang dirasa tepat untuk berolahraga.

Tidak ada alasan medis akan hal tersebut. Namun banyak orang beranggapan jika mereka menunda waktu berolahraga menjadi siang atau malam, mereka takut urusan lain akan menghalangi mereka untuk berolahraga.

  1. Jenis olahraga yang dilakukan

Apabila Anda menyukai olahraga yang ringan serta mudah untuk dilakukan, Anda dapat memilih olahraga jenis joging. Biasanya, olahraga joging ini dilakukan di ruang terbuka agar tidak menimbulkan rasa bosan. Pasalnya, joging di treadmill, dan di ruangan yang tertutup rentan untuk membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan bosan.

Namun apabila Anda menyukai jenis olahraga berat yang membutuhkan kekuatan otot, Anda dapat memilih angkat beban sebagai jenis olahraga yang Anda lakukan. Biasanya, mereka yang menyukai jenis olahraga angkat beban ini lebih sering berolahraga di dalam ruangan dibandingkan di bawah terik matahari.

  1. Hubungan Anda dengan lingkungan sosial

Beberapa orang menyesuaikan waktu berolahraga dengan pasangan maupun kelompoknya. Dengan demikian, mereka akan lebih bersemangat dan konsisten untuk berolahraga.

Namun orang yang tidak menyukai keramaian, mereka biasanya akan lebih memilih waktu di mana saat itu tidak banyak orang yang sedang berolahraga.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk berolahraga paling tidak selama 150 menit, atau 2 jam 30 menit dalam seminggu. Namun, tidak baik jika Anda menggabungkan 150 menit tersebut ke dalam satu hari, lalu hari lain Anda tidak berolahraga sama sekali.

Jadi, alangkah baiknya jika waktu yang direkomendasikan tersebut Anda bagi menjadi beberapa waktu dalam seminggu. Namun demikian, pembagian waktu tersebut harus rutin Anda laksanakan, karena inti dari olahraga untuk mendapatkan manfaat yang maksimal adalah konsistensi.

American Heart of Association (AHA) menyebutkan bahwa berolahraga adalah segala kegiaan yang membuat jantung Anda berdetak lebih cepat, paling tidak selama 10 menit pada saat tersebut.

Jadi, tetaplah menjaga kebiasaan berolahraga Anda, sesuaikan dengan waktu yang Anda miliki, dan laksanakan hal tersebut secara konsisten. Dan pada akhirnya, Anda sendirilah yang dapat menentukan kapan waktu terbaik untuk berolahraga.

0 Komentar

Belum ada komentar