Sukses

Tips Membakar Kalori Lebih Cepat Saat Berolahraga

Berolahraga merupakan suatu kegiatan yang dapat dengan efektif membakar kalori di tubuh Anda. Berikut tips membakar kalori lebih cepat saat berolahraga oleh dr. Alvin Nursalim.

Baner Fitbar

Apakah Anda merasa sudah berolahraga dengan maksimal di pusat kebugaran, namun hasilnya tidak maksimal sehingga berat badan Anda masih belum turun juga?

Hal tersebut dapat terjadi bisa saja karena Anda melakukan beberapa kesalahan saat berolahraga sehingga manfaat dari olahraga yang didapatkan menjadi tidak maksimal.

Apa saja kesalahan yang umum dilakukan saat berolahraga?

Beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat berolahraga, antara lain:

  1. Melakukan gerakan dengan salah

Kebanyakan orang merasa cukup puas dengan melakukan gerakan rutin saat berlatih, namun tidak memperhatikan metode gerakan yang tepat. Apabila Anda melakukan gerakan, seperti squat atau angkat beban, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan cara yang benar. Pasalnya, gerakan yang salah tidak hanya meningkatkan risiko cedera, namun juga tidak memberikan dampak pembentukan otot dan pembakaran kalori yang maksimal.

Jika Anda tidak mengetahui pola gerakan yang tepat, cobalah berlatih bersama instruktur yang berpengalaman.

  1. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di pusat kebugaran (gym)

Walaupun terdengar berlawanan, namun menghabiskan waktu terlalu lama di pusat kebugaran (gym) bukanlah cara yang tepat untuk membakar kalori. Anda cukup menghabiskan sekitar 45 menit setiap Anda berolahraga di pusat kebugaran. Namun, Anda perlu melakukan olahraga dengan frekuensi yang lebih sering. Dan jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat pada tubuh Anda di sela olahraga yang Anda lakukan.

  1. Jangan terburu-buru

Banyak pemula yang ingin mendapatkan hasil instan. Mereka akan menghabiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran (gym) dan melakukan berbagai latihan pada waktu yang bersamaan. Hal ini rasanya tidak akan memberikan dampak yang signifikan. Pasalnya, otot akan terbentuk dari hasil pembakaran lemak dan pembesaran massa otot karena olahraga yang dilakukan secara konsisten, teratur, dan tidak terburu-buru.

  1. Bercakap-cakap terlalu lama

Kadang, Anda berolahraga bersama teman dan menghabiskan waktu terlalu lama melakukan hal-hal yang tidak terkait dengan olahraga, seperti mengobrol. Berolahraga bersama teman merupakan hal yang baik dilakukan untuk memotivasi Anda berolahraga secara teratur. Namun jika Anda terlalu asyik mengobrol, maka hal ini justru akan menghambat Anda untuk mencapai tujuan dari olahraga yang Anda lakukan.

  1. Istirahat yang cukup

Walaupun Anda sedang dalam program diet, jangan memaksakan diri Anda untuk berolahraga secara berlebihan dan melupakan istirahat. Perlu Anda ingat, manfaat maksimal dari olahraga akan terasa jika dilakukan dengan teratur dan jangka panjang. Oleh karena itu, memaksakan olahraga tanpa istirahat akan memberikan manfaat yang tidak optimal dan dapat meningkatkan risiko cedera otot.

0 Komentar

Belum ada komentar