Sukses

Bisakah Pitak Disembuhkan?

Pitak di kepala memang tidak membahayakan kesehatan, tetapi dapat mengganggu penampilan. Bisakah kondisi ini disembuhkan?

Pitak, atau dalam bahasa kedokteran disebut alopecia areata, adalah kerontokan rambut di kepala sehingga menyebabkan kebotakan pada satu atau lebih tempat.

Walaupun tidak berbahaya bagi kesehatan, kondisi kepala pitak dapat mengganggu penampilan, terutama bagi laki-laki yang pada umumnya berambut pendek.

Namun, tahukah Anda bahwa kondisi kepala pitak bisa kembali ditumbuhi rambut? Ya, rambut dapat tumbuh kembali dalam waktu beberapa bulan hingga tahun pada area yang botak tersebut.

Rambut yang tumbuh umumnya memiliki tekstur yang lebih halus dan warna yang lebih muda, bahkan dapat berwarna putih. Lalu, apakah ada cara untuk menyembuhkan pitak?

1 dari 3 halaman

Kondisi Pitak yang Tak Bisa Disembuhkan

Meski umumnya area pitak bisa ditumbuhi rambut kembali, ada pula sebagian kecil (10 persen) yang dapat menjadi permanen. Beberapa kondisi yang menyebabkan pitak tak dapat disembuhkan, antara lain:

  • Orang Tua atau Keluarga Dekat Memiliki Kondisi Serupa

Diperkirakan sekitar 10-20 persen orang yang memiliki kondisi pitak ada riwayat keturunan di keluarganya. Namun selain dari faktor keturunan, faktor lingkungan juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Artikel Lainnya: Menyingkap Fakta di Balik Mitos Rambut Rontok

  • Memiliki Penyakit Autoimun

Kondisi pitak ini berhubungan erat dengan penyakit autoimun, seperti multiple sclerosis, rheumatoid arthritis, systemic lupus erythematosus (SLE), dan vitiligo.

Pada kondisi autoimun, sel imun dalam tubuh berlebih dan melawan diri sendiri, salah satunya menyerang folikel rambut. Semakin banyak folikel rambut yang diserang, maka semakin banyak rambut yang akan rontok. Pitak atau kebotakan pun akhirnya bisa terjadi.

  • Kelainan Genetik

Kondisi kepala yang pitak banyak muncul pada 6-8 persen pasien dengan kelainan genetik seperti sindrom Down. Meningkatnya risiko botak pada area tertentu pada penderita diduga berhubungan dengan mutasi genetik yang terjadi di kromosom 21.

  • Memiliki Asma, Dermatitis Atopik, Gangguan Hormon Tiroid

Salah satu faktor risiko tak biasa yang menyebabkan terjadinya pitak adalah memiliki alergi, asma, dan gangguan tiroid. Selain karena kondisi penyakit ini, pitak juga dapat dipicu oleh faktor luar, yaitu stres.

Artikel Lainnya: Kenali Arti Kondisi Rambut bagi Kesehatan Tubuh Anda

2 dari 3 halaman

Tips Menumbuhkan Kembali Rambut yang Pitak

Hingga saat ini, belum ditemukan pengobatan yang dapat dengan tuntas mengatasi pitak. Dalam artian, penyakit ini suatu saat dapat kambuh kembali.

Meski demikian, dokter dapat memberikan pengobatan yang mampu mengendalikan pitak dan menumbuhkan rambut di area tersebut. Berikut beberapa prosedur yang dapat dilakukan:

  • Terapi Kortikosteroid

Pengobatan yang paling umum dilakukan untuk mengatasi pitak adalah injeksi steroid. Suntikan steroid pada area yang mengalami kebotakan dapat diulang setiap empat hingga enam minggu sekali.

Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi obat minum atau menggunakan krim steroid. Namun tentunya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dalam pemilihan terapi kortikosteroid ini.

  • Penggunaan Sampo atau Tonik Minoksidil

Selain terapi kortikosteroid, Anda bisa menggunakan sampo atau tonik rambut yang mengandung minoksidil. Kandungan ini dapat membantu mempercepat tumbuhnya rambut di bagian kepala yang pitak.

Artikel Lainnya: Implan Rambut, Cara Efektif Atasi Kebotakan pada Pria

  • Hindari Stres

Meski Anda sudah melakukan terapi dengan obat-obatan, mengatasi kepala pitak dapat benar-benar dilakukan bila Anda mampu mengontrol stres.

Mengurangi stres adalah hal yang penting karena pada umumnya terdapat pemicu stres tertentu yang mengawali timbulnya pitak, misalnya masalah keluarga, pekerjaan, keuangan, dan lain-lain.

  • Perbanyak Konsumsi Makanan yang Bergizi

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu cara untuk mengobati pitak. Asupan bergizi, misalnya protein, bisa didapat dari hewan maupun tumbuhan, seperti ikan, telur, kacang-kacangan, dll. Protein menjadi salah satu zat yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Selain protein, konsumsi pula makanan yang mengandung omega-3, zat besi, serta vitamin (A, C, D, E) yang bisa didapat dari sayuran, buah, produk susu, gandum, maupun daging.

Pitak memang sulit sekali untuk ditumbuhi rambut kembali. Namun, ada jalan untuk mengontrol dan membantu menumbuhkan rambut.

Perlu juga diingat, kecepatan tumbuh rambut setiap orang umumnya bervariasi. Jadi, jangan putus asa, tetaplah disiplin, serta sabar dalam melakukan terapi, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar