Sukses

Bisakah Pitak Disembuhkan?

Pitak di kepala memang tidak membahayakan kesehatan, namun dapat mengganggu penampilan. Baca ulasan soal pitak secara lengkap di sini.

Pitak – dalam bahasa kedokteran disebut alopecia areata – adalah kerontokan rambut di suatu area kecil di kepala, sehingga menyebabkan kebotakan setempat.

Pitak dapat terjadi di satu area maupun di beberapa tempat sekaligus. Walaupun tidak berbahaya bagi kesehatan, pitak ini dapat mengganggu penampilan terutama bagi laki-laki yang pada umumnya berambut pendek.

Biasanya rambut akan tumbuh kembali dalam waktu beberapa bulan hingga tahun pada area yang botak tersebut. Rambut yang tumbuh umumnya memiliki tekstur yang lebih halus dan warna yang lebih muda, bahkan rambut yang tumbuh dapat berwarna putih.

Meski demikian, ada pula sebagian kecil (10%) yang pitaknya dapat menjadi permanen.

Tidak Menular

Perlu diketahui bahwa pitak tidak menular, kecuali pitak yang disebabkan oleh infeksi jamur. Pitak di mana rambut dan kulit kepala tampak sehat dan tidak ada kelainan apa pun ini disebabkan oleh penyakit autoimun, di mana sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan.

Menyerang Orang Muda

Pitak yang disebabkan oleh autoimun dapat menyerang orang sehat, umumnya di bawah usia 20 tahun. Meski demikian, keadaan ini juga dapat mengenai mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit tiroid, diabetes melitus, alergi, dan autoimun lainnya.

Selain itu, pitak dapat menyerang orang yang memiliki riwayat pitak dalam keluarga dan kelainan kuku berupa “sumur-sumur” kecil seperti tusukan jarum di lempeng kukunya.

Bisakah Disembuhkan?

Hingga saat ini, belum ditemukan pengobatan yang dapat dengan tuntas mengatasi alopecia areata. Dalam artian, penyakit ini suatu saat dapat kambuh kembali. Meski demikian, dokter dapat memberikan pengobatan yang dapat mengendalikan pitak dan menumbuhkan rambut di area tersebut.

Pengobatan yang paling umum dilakukan adalah injeksi steroid pada daerah pitak. Suntikan steroid dapat diulang setiap empat hingga enam minggu sekali. Selain itu, obat minum ataupun krim steroid serta tonik rambut yang mengandung minoksidil juga dapat diberikan untuk membantu mempercepat tumbuhnya rambut.

Kecepatan tumbuhnya rambut umumnya berjalan perlahan dan bervariasi pada setiap individu.

Hindari Stres

Selain pengobatan medis, pitak juga dapat disembunyikan dengan menggunakan topi, bandana, ataupun rambut palsu selama menjalani pengobatan.

Di samping itu, mengurangi stres adalah hal yang penting, karena pada umumnya terdapat stresor tertentu yang mengawali timbulnya pitak, seperti masalah keluarga, pekerjaan, keuangan, dan lain-lain.

0 Komentar

Belum ada komentar