Sukses

Pertolongan Pertama Saat Tersedak

Pernahkah Anda tersedak atau melihat orang lain mengalaminya? Bagaimana cara mengatasinya? Ini pertolongan pertama untuk atasi tersedak.

Hampir semua orang pernah tersedak, baik akibat makanan, minuman, atau benda lainnya. Umumnya, dengan batuk-batuk, masalah ini bisa ditangani sendiri. Namun kadang, tersedak cukup sulit diatasi dan butuh bantuan orang lain. Seperti apa pertolongan pertama cara mengatasi tersedak?

Penyebab Seseorang Tersedak

Tersedak terjadi ketika benda asing masuk ke dalam saluran pernapasan. Benda asing tersebut dapat berupa minuman, makanan, serta berbagai benda lainnya, seperti obat dan bahkan gigi palsu.

Dalam keadaan normal, seseorang akan memiliki refleks batuk jika terdapat benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Jika benda asing tersebut sudah telanjur masuk, risiko tersumbatnya saluran pernapasan ikut akan meningkat.

Bila dibiarkan, tersedak bisa berbahaya malah dapat berbahaya dan suatu keadaan gawat darurat. Apabila tidak dapat ditangani sendiri, bantuan orang lain diperlukan untuk menolong orang tersedak.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

1 dari 2 halaman

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Tersedak

Bagaimana cara mengatasi tersedak? Berikut lima langkah pertolongan pertama pada orang tersedak yang dapat Anda lakukan.

  1. Kenali Tanda-tanda Awal Tersedak

Tanda awal tersedak adalah seseorang akan terbatuk-batuk. Pasien yang tersedak makanan atau benda asing lainnya bisa tiba-tiba batuk dan sesak napas. Karena itu, pasien biasanya akan memegang lehernya seperti kehabisan udara.

Dalam kasus tersedak benda padat, sumbatan saluran pernapasan sangat mungkin untuk terjadi. Jika tanda ini tidak dikenali dengan cepat, pasien dapat jatuh dalam keadaan kekurangan oksigen dan dapat mengancam nyawanya.

  1. Lakukan Heimlich Maneuver

Heimlich maneuver adalah gerakan dengan mendesak perut ke atas. Gerakan ini bertujuan untuk mengeluarkan benda asing yang berada di rongga pernapasan. Langkah ini merupakan poin penting pertolongan pertama pada orang tersedak.

Langkah pertama, peluklah pasien dari belakang, posisikan tangan kanan bertemu dengan tangan kiri Anda, lalu genggamlah tangan kiri Anda. Letakkan tangan Anda tersebut pada bagian bawah tulang dada. 

Kemudian, lakukan gerakan menekan perut pasien ke arah dalam-atas dengan tujuan menekan benda asing yang masuk untuk keluar.Jika pasien masih dalam keadaan sadar dan terbatuk-batuk, beri dukungan untuk terus membatukkan benda asing tersebut agar dapat keluar.

Artikel Lainnya: Pentingnya Memiliki Keterampilan Pertolongan Pertama

  1. Posisikan Pasien pada Recovery Position

Jika Anda sudah berhasil menangani tersedak dan benda asing tersebut keluar, baringkan pasien dalam posisi mantap. Rebahkan pasien dengan posisi kepala miring ke kiri (dengan catatan bahwa pasien bukan pasien trauma).

Memiringkan tubuh pasien dapat menjaga ruang pernapasan pasien tersebut. Posisi ini disebut sebagai posisi mantap (recovery position). Selain dapat menjaga ruang pernapasan pasien, posisi ini juga berfungsi untuk mengalirkan cairan keluar dari mulut pasien.

  1. Lakukan Kompresi Dada Jika Terjadi Henti Jantung

Jika segala cara mengatasi tersedak sudah dilakukan tapi tidak ada perubahan dan pasien malah pingsan, sebaiknya Anda segera bertindak. Apabila Anda pernah berpartisipasi pada pelatihan bantuan hidup dasar, maka dapat dilakukan perabaan pada arteri nadi karotis. 

Bila tidak teraba, lanjutkan dengan kompresi dada. Begini cara melakukan kompresi dada:

  • Letakkan satu tangan pada tulang dada, tepat di tengah-tengah dada. Taruh tangan yang satu lagi di atasnya, lalu kunci jari-jari Anda.
  • Posisikan bahu Anda berada sejajar dengan tangan, jaga lengan agar tidak menekuk.
  • Gunakan berat tubuh (bukan gerakan lengan) untuk menekan dada, jaga tekanan agar dada bergerak kurang lebih 5-6 cm ke bawah.
  • Dengan tidak mengubah posisi, lepaskan tekanan sehingga dada kembali ke posisi semula.
  • Lakukan terus-menerus. Jagalah laju kompresi dada kurang lebih 100-120 kali per menit.
  • Lanjutkan hingga bantuan medis datang atau Anda sudah kelelahan.

Artikel Lainnya: Bayi Tersedak, Ini yang Perlu Anda Lakukan

  1. Hubungi Rumah Sakit Terdekat

Saat cara mengatasi tersedak di atas tak juga menolong, segera minta bantuan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan gawat darurat.

Pertolongan medis yang profesional sangat diperlukan dalam keadaan gawat darurat, seperti saat seseorang tersedak yang dapat mengakibatkan sumbatan saluran pernapasan.

Tersedak sangat mungkin terjadi ditemukan secara tiba-tiba dan dalam situasi tak terduga. Itulah sebabnya, pengetahuan cara mengatasi tersedak sebaiknya dimiliki agar Anda dapat menolong situasi gawat darurat yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Intip tips lain seputar pertolongan pertama dalam situasi gawat darurat dan info kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar