Sukses

Panduan Mencuci Buah Agar Bebas Pestisida

Anda bisa terpapar pestisida melalui buah-buahan yang Anda konsumsi. Untuk itu, ketahuilah cara mencuci buah yang tepat untuk menghindarinya.

Semakin majunya teknik pertanian saat ini dibarengi pula dengan berkembangnya berbagai jenis pestisida. Pestisida berguna untuk memastikan bahwa pertumbuhan tanaman bebas akan gangguan hama. 

Sayangnya, masih ada kemungkinan tertinggalnya partikel pestisida pada buah-buahan (serta sayur-mayur) yang Anda bawa pulang ke rumah, sehingga perlu cara khusus dalam mencuci buah agar bebas pestisida.

Meski pestisida utamanya diformulasikan untuk membunuh hama, pestisida juga dapat berbahaya jika dikonsumsi manusia. Berbagai penyakit akut atau kronis bisa muncul dari konsumsi pestisida dalam jangka waktu lama. 

Untuk itu, harus ada tindakan khusus sebagai tameng perlindungan kesehatan Anda dan keluarga. Karena buah dan sayur tetaplah penting untuk dikonsumsi, berikut beberapa cara mencuci buah agar bebas pestisida yang dapat Anda lakukan:

1 dari 4 halaman

1. Cuci Tangan Sebelum dan Setelah Mencuci Buah

Jadikan cuci tangan sebagai langkah rutin Anda dalam beraktivitas, termasuk dalam menyiapkan bahan makanan. Sebelum mulai mencuci buah, cuci dulu tangan Anda dengan sabun dan air mengalir.

Artikel Lainnya: Meski Tak Makan Kulitnya, Ini Alasan Anda Harus Mencuci Buah dan Sayur

2. Pisahkan Bahan Makanan Sesuai Jenisnya

Jenis yang dimaksud di sini adalah pisahkan bahan makanan yang matang dengan mentah, hewani dengan nabati. Jadi, pisahkan dulu yang bahan makanan matang dan mentah. Setelah itu, pisahkan buah, sayur, dan bumbu dapur lainnya seperti bawang, dengan bahan makanan hewani seperti ikan dan ayam.

Langkah ini bertujuan agar kontaminan dari satu bahan makanan tidak berpindah ke bahan makanan lainnya, termasuk pestisida. Selain itu, langkah ini juga akan memudahkan Anda dalam mengorganisir hasil berbelanja Anda.

3. Buang Bagian yang Busuk atau Rusak

Saat berbelanja bahan makanan segar seperti buah dan sayur, tak jarang ada bagian yang kurang layak untuk dikonsumsi. Sebelum mulai mencuci, Anda bisa memisahkan dan membuang bagian buah yang rusak. 

Selain untuk menjaga citarasa buah, langkah ini juga dapat menjaga kualitas nutrisi buah yang Anda konsumsi. Jadi, cara mencuci buah yang satu ini perlu Anda lebih perhatikan ya. 

2 dari 4 halaman

4. Mencuci Buah dengan Air Mengalir

Langkah pertama untuk membuang sisa pestisida adalah dengan mencucinya. Mencuci buah dengan air mengalir dapat mengurangi sisa-sisa residu pestisida hingga 80 persen. Karena itu, jangan lupakan langkah yang satu ini. 

Artikel Lainnya: Perlukah Buah dan Sayur Dicuci dengan Sabun?

5. Mencuci Buah dengan Air Garam

Salah satu cara mencuci buah yang benar adalah dengan menggunakan garam. Ya, mencuci buah dengan air garam ternyata juga efektif untuk menghilangkan residu atau sisa pestisida. 

Bahkan pencucian buah dengan air garam terbukti lebih efektif dibandingkan mencuci dengan air saja berdasarkan penelitian, serta sifatnya yang tidak mengandung bahan kimia buatan membuatnya lebih aman digunakan.

6. Mencuci Buah dengan Sabun Khusus

Anda dapat membeli sabun pencuci khusus buah untuk membersihkan sisa-sisa partikel pestisida atau kotoran. Namun, belum ada studi yang menyebutkan bahwa mencuci buah dengan sabun pencuci khusus lebih efektif dibandingkan mencuci dengan air mengalir saja.

Sebisa mungkin, hindari mencuci buah menggunakan sabun pencuci piring. Sebab tidak seperti piring, buah memiliki pori-pori. Sabun dapat terperangkap atau terserap oleh pori-pori tersebut dan semakin sulit dibilas. Hal ini dapat memungkinkan residu bertambah pada buah Anda!

Artikel Lainnya: Cuci Strawberry dengan Air Garam Sebelum Dimakan, Perlu Tidak?

3 dari 4 halaman

7. Mencuci Buah dengan Air Hangat

Salah satu cara membersihkan buah dari pestisida adalah mencucinya dengan air hangat. Pencelupan pada air hangat atau pengukusan bisa digunakan, karena beberapa residu pestisida dapat hilang dengan cara ini. 

Namun, proses ini tetap harus didahului oleh langkah pencucian. Saat Anda mengupas, memasak dan menumisnya, residu pestisida juga dapat berkurang.

8. Bilas Buah Sebelum Disimpan atau Disajikan

Langkah mencuci manapun yang Anda pilih baik mencuci dengan air garam, sabun khusus, ataupun air hangat, jangan lupa untuk membilas kembali buah dengan air bersih mengalir sebelum menyajikan atau menyimpannya. 

Hal ini untuk memastikan bahwa selain pestisida, sisa sabun atau garam juga tidak tertinggal pada buah.

9. Simpan Buah dengan Benar

Jangan simpan buah dalam keadaan basah karena akan menyebabkan buah cepat membusuk. Keringkan buah dengan saksama sebelum menyimpannya, baik di dalam maupun luar lemari pendingin. 

Gunakan handuk atau kain bersih lainnya untuk mengeringkan buah sambil memperhatikan sekali lagi apakah ada kotoran yang tertinggal.

Berdasarkan Center for Science and Environment (CSE), residu pestisida dalam jumlah yang besar mampu bersifat racun dan menyebabkan kanker, kerusakan sistem saraf dan sistem perkembangbiakan, serta kerusakan sistem imun dalam jangka panjang. 

Tentunya Anda tidak mau penyakit-penyakit tersebut mengenai Anda dan keluarga, bukan? Mulai sekarang, mari mencuci buah dengan benar untuk membasmi residu pestisida. Jika punya pertanyaan lain mengenai cara mencuci buah yang benar, bisa bertanya kepada dokter melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar