Sukses

Panduan Mencuci Buah Agar Bebas Pestisida

Kebanyakan buah yang dijual di pasaran mengandung pestisida dalam kadar yang berbeda-beda. Apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama, tentu akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Untuk itu, ketahuilah cara mencuci buah yang tepat untuk menghindarinya!

Semakin majunya teknik pertanian saat ini dibarengi pula dengan berkembangnya berbagai jenis pestisida. Pestisida berguna untuk memastikan bahwa pertumbuhan tanaman bebas akan gangguan hama. Sayangnya, masih ada kemungkinan tertinggalnya partikel pestisida pada buah-buahan (serta sayur-mayur) yang Anda bawa pulang ke rumah.

Berbagai penyakit akut atau kronis bisa muncul dari konsumsi pestisida dalam jangka waktu lama. Untuk itu, harus ada tindakan khusus yang Anda lakukan sebagai tameng perlindungan kesehatan Anda dan keluarga.

Mencuci Buah dengan Air Garam

Bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk membasmi pestisida pada buah-buahan? Apakah dengan hanya memilih buah-buahan organik, ataukah harus membeli produk khusus pencuci buah? Sayangnya, kedua cara tersebut hanya bisa dilakukan bila Anda memiliki bujet lebih.

Jangan khawatir! Mencuci buah dengan air garam ternyata juga efektif untuk menghilangkan residu atau sisa pestisida. Bahkan pencucian buah dengan air garam terbukti lebih efektif dibandingkan mencuci dengan air saja berdasarkan penelitian oleh Yu-Shan dkk., serta sifatnya yang tidak mengandung bahan kimia buatan membuatnya lebih aman digunakan.

Langkah-Langkah Membersihkan Buah

Mencuci buah dengan air garam dapat Anda lakukan, diikuti oleh beberapa cara tambahan. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan buah yang direkomendasikan National Pesticide Information Center of Spain dan National Institute of Nutrition, India:

  1. Langkah pertama untuk membuang sisa pestisida adalah dengan mencucinya. Mencuci buah dengan air mengalir mampu mengurangi kotoran, kuman, dan residu pestisida yang tersisa pada permukaan buah sebanyak 75-80%. Anda juga dapat menggunakan cairan garam 2%, karena larutan ini mampu menghilangkan residu racun hama yang berada pada permukaan buah. Di bawah air mengalir, pegang buah sambil menggosoknya dengan sikat secara perlahan (untuk buah dengan kulit yang keras).
  2. Bila Anda memiliki sabun pencuci khusus buah, Anda juga dapat menggunakannya karena sabun tersebut efektif untuk membersihkan sisa kotoran. Namun, sesungguhnya belum ada penelitian yang menyatakan bahwa sabun buah tersebut lebih efektif dibandingkan mencuci dengan air saja.
  3. Pencelupan pada air hangat atau pengukusan juga bisa digunakan (khususnya untuk sayur-mayur), karena beberapa residu pestisida bisa hilang dengan cara ini. Namun proses ini tetap harus didahului oleh proses pencucian. Saat Anda mengupas, memasak dan menumisnya, residu pestisida juga dapat berkurang.
  4. Sebisa mungkin jangan menggunakan sabun pencuci piring. Sebab tidak seperti piring, buah memiliki pori-pori. Sabun dapat terperangkap atau terserap oleh pori-pori tersebut dan semakin sulit dibilas. Nah, hal ini dapat memungkinkan residu bertambah pada buah Anda!

Berdasarkan Center for Science and Environment (CSE), residu pestisida dalam jumlah yang besar mampu bersifat racun dan menyebabkan kanker, kerusakan sistem saraf dan sistem perkembangbiakan, serta kerusakan sistem imun dalam jangka panjang. Tentunya Anda tidak mau penyakit-penyakit tersebut mengenai Anda dan keluarga, bukan? Mulai sekarang, mari mencuci buah dengan benar untuk membasmi residu pestisida!

0 Komentar

Belum ada komentar