Sukses

Solusi untuk Gigi Geraham Bungsu yang Sakit

Apakah Anda pernah mengalami sakit pada gigi geraham bungsu? Lalu, bagaimana cara mengatasi gigi geraham bungsu yang mengganggu? Baca penjelasannya di sini.

Gigi geraham bungsu yang sakit biasanya disebabkan oleh kondisi gigi yang mengalami impaksi atau gangguan pertumbuhan, misalnya tidak cukupnya ruangan bagi gigi. Meski umumnya gangguan pada gigi geraham bungsu dapat menyebabkan sakit, tetapi banyak juga orang yang tidak merasakan keluhan apa pun.

Beberapa keluhan dan kelainan yang bisa muncul karena tumbuhnya gigi geraham bungsu adalah:

  • Gigi tidak dapat tumbuh sempurna sehingga mengalami gangguan pertumbuhan, contohnya hanya muncul sebagian atau bisa juga tidak muncul sama sekali.
  • Infeksi pada gusi sekitar gigi dengan gejala kemerahan, bengkak, dan sakit.
  • Kerusakan pada gigi lain, misalnya gigi di sebelahnya yang berlubang serta infeksi pada jaringan pendukung.
  • Kista yang bisa menyebabkan kerusakan tulang rahang, gigi, serta saraf.
  • Pada infeksi yang cukup parah bisa menyebabkan kesulitan dalam membuka mulut.

Tindakan yang akan dilakukan oleh dokter gigi

Gangguan pertumbuhan pada gigi geraham bungsu dapat berisiko jika tidak ditangani secara tepat. Karena itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk dilakukan pencabutan walaupun tidak dirasakan keluhan. Namun ada juga yang berpendapat bahwa pencabutan dapat ditunda atau dihindari pada gigi geraham bungsu yang mengalami impaksi sebagian dan tidak mempunyai gejala gangguan.

Dokter gigi atau dokter gigi spesialis bedah mulut akan melakukan pencabutan, bergantung dari risiko komplikasi yang bisa terjadi. Tindakan medis yang dilakukan dokter dalam usaha mencabut gigi ini adalah tindakan pembedahan yang disebut odontektomi.

Odontektomi merupakan suatu tindakan pengangkatan gigi dengan jalan pembedahan, namun ini merupakan pembedahan minor yang dilakukan dengan bius lokal, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir bila harus melakukan perawatan ini. Pertimbangan yang matang perlu dilakukan oleh dokter berhubungan dengan rasio manfaat dan risiko pada masing-masing kasus, serta perlu dilakukan diskusi dengan pasien—termasuk mengenai masalah biaya yang relatif tidak murah.

Apabila pada keadaan tertentu Anda tidak dapat melakukan pencabutan gigi geraham bungsu (misalnya karena terhalang kendala dana, fasilitas, atau hal lainnya), maka yang bisa dilakukan adalah:

  • Melakukan kontrol secara berkala ke dokter gigi, baik untuk memeriksa keadaan gigi secara menyeluruh maupun memeriksa gigi geraham bungsu.
  • Pastikan gigi dibersihkan dengan baik ketika sedang menyikat gigi. Gunakan sikat gigi dengan kepala yang mengecil, sehingga dapat menjangkau sampai ke gigi geraham bungsu yang terletak paling belakang.

Jadi, ada keluhan atau tidak, sebaiknya periksakan gigi geraham bungsu ke dokter gigi agar dapat dipastikan kondisinya.

0 Komentar

Belum ada komentar