Sukses

Cara Mencegah Timbulnya Stretch Mark saat Hamil

Ingin terbebas dari garis-garis tips di perut saat hamil? Tak perlu khawatir. Ini cara mencegah stretch mark saat hamil yang bisa Anda coba.

Salah satu masalah kulit yang dialami oleh wanita hamil adalah timbulnya stretch mark. Meski terbilang hal yang umum, tetap saja kehadirannya dapat mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak percaya diri.

Stretch mark adalah garis-garis tipis yang muncul pada permukaan kulit. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan lemak tubuh dalam tempo cepat, sedangkan kulit tidak mampu meluas dalam waktu yang sama.  Alhasil, kulit terpaksa meregang agar tetap melapisi permukaan tubuh tersebut.

Stretch mark sering ditemukan pada bagian perut, bokong, paha, lengan atas, payudara, dan bahu. Garis yang terbentuk umumnya berwarna kemerahan atau keunguan, dan perlahan-lahan berubah menjadi keputihan atau perak; sedikit lebih terang dibandingkan warna kulit sekitarnya.

Artikel Lainnya: Ini Bedanya Stretch Mark Merah dan Putih Saat Hamil

Meski umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya, stretch mark terkadang dapat menurunkan kualitas hidup orang yang mengalaminya.

Nah, jika Anda sedang hamil dan tidak ingin mengalami kondisi tersebut, berikut ini beberapa cara mencegah stretch mark pada ibu hamil yang bisa diterapkan:

1 dari 4 halaman

1. Menjaga Berat Badan Sehat

Untuk mencegah stretch marks saat hamil, Anda perlu mengatur agar peningkatan berat badan terjadi secara perlahan-lahan.

Dengan demikian, kulit mampu meluas dan menyesuaikan kondisinya dengan ukuran tubuh yang semakin bertambah. Alhasil, risiko terbentuknya stretch mark dapat diminimalkan.

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Konsumsilah makanan sehat, khususnya yang banyak mengandung gizi untuk menambah kekuatan serta elastisitas kulit. Beberapa contoh makanan yang dimaksud, yaitu buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin C, E, serta seng.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Gunakan pelembap atau minyak khusus untuk menjaga hidrasi kulit. Dengan demikian, risiko stretch mark saat hamil dapat diturunkan

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Harian 

Dengan minum air putih dalam jumlah cukup, kulit akan menjadi terhidrasi dan lebih sehat. Hal ini akan menciptakan elastisitas kulit yang lebih baik, sehingga kemungkinan terbentuknya stretch mark dapat diminimalkan.

Artikel Lainnya: 9 Tips Mencegah Stretch Mark di Kulit Anda

2 dari 4 halaman

5. Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Terdapat sebuah studi yang menemukan hubungan antara rendahnya asupan vitamin D dan munculnya stretch mark. 

Memang, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mendukung hal tersebut. Tetapi, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin D selama kehamilan.

Selain baik untuk tubuh dan janin, vitamin D juga dapat bantu menurunkan risiko stretch mark. Vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari pagi.

6. Hindari Pemakaian Krim Steroid Berlebihan 

Krim steroid atau kortikosteroid biasanya mengandung kortison yang dapat merusak kandungan kolagen pada kulit. Apabila digunakan berlebihan, krim tersebut juga dapat menimbulkan stretch mark. 

Konsultasikan kepada dokter mengenai masalah kulit dan penggunaan krim steroid yang tepat. 

7. Hindari Merokok 

Kebiasaan merokok dapat mengganggu aliran darah ke kulit, dan mengurangi pasokan oksigen yang dibutuhkan. 

Rokok juga mengurangi gizi dalam tubuh yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat. 

Merokok pun dapat melepaskan radikal bebas yang merusak dan menghancurkan serat kolagen dan elastin di kulit. 

Intinya, merokok dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko pembentukan stretch mark saat hamil.

3 dari 4 halaman

8. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat bantu menjaga berat badan tetap ideal. Aktivitas positif ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu proses regenerasi kulit. 

9. Segera Konsultasikan kepada Dokter 

Segera konsultasikan kepada dokter apabila muncul stretch mark baru. Dokter dapat memberikan saran dan pilihan tatalaksana yang tepat untuk mengatasi, sekaligus mencegahnya menjadi lebih parah.

Itu dia cara mencegah stretch mark pada ibu hamil yang bisa Anda coba. Lakukan sejak dini agar tingkat efektivitasnya dapat dirasakan dengan lebih optimal.

Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter apabila Anda punya pertanyaan atau butuh bantuan dalam mengatasi stretch mark selama kehamilan.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar