HomeGaya hidupDiet dan NutrisiTurunkan Kolesterol dengan Konsumsi Kacang Ini
Diet dan Nutrisi

Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Kacang Ini

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 10 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah Anda tentang manfaat kacang untuk kolesterol? Jika dikonsumsi secara teratur, kacang-kacangan tersebut juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, lho!

Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Kacang Ini

Kolesterol tinggi seakan tak bisa dilepaskan dari kehidupan masa kini. Padahal, kondisi tersebut memiliki hubungan erat dengan peningkatan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Bagi Anda yang tidak ingin terkena dampak buruk kolesterol tinggi, salah satu hal bisa dilakukan adalah mengonsumsi kacang secara rutin dan teratur. Bukan kacang sembarang, namun jenis yang memang terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Manfaat Kacang untuk Penderita Kolesterol

Kacang kaya akan protein nabati, lemak baik (asam lemak esensial), serat, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berfungsi dengan optimal.

Tidak hanya sebatas itu, kacang juga mengandung antioksidan dan fitosterol. Keduanya merupakan komponen penting untuk menurunkan risiko peradangan di dalam tubuh. Fitosterol bahkan dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga risiko terbentuknya plak aterosklerosis dapat diminimalkan.

Faktanya, plak aterosklerosis adalah cikal bakal terjadinya serangan jantung dan stroke. Semakin banyak penumpukan kolesterol di pembuluh darah, semakin besar pula risiko terbentuknya plak tersebut.

Artikel Lainnya: 18 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Alami dan Nikmat

Jenis Kacang yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Berikut ini beberapa jenis kacang-kacangan yang menurunkan kolesterol:

1. Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber serat dan protein yang baik. Beberapa penelitian telah menunjukkan, serat dan protein dari kacang polong memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk untuk perbaikan kolesterol.

2. Kacang Merah

Kacang merah tinggi kandungan serat. Ini bisa bantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga kadar gula darah tetap stabil alias tidak melonjak. 

Dengan kadar gula darah yang stabil, keinginan Anda untuk makan secara berlebihan dapat ditekan. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari obesitas, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

3. Kacang Pinto

Kacang pinto dapat bantu menurunkan kolesterol. Hal itu dibuktikan oleh studi yang menyebut, konsumsi setengah cangkir kacang pinto secara rutin selama delapan minggu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total di dalam tubuh. 

4. Kacang Navy

Kacang haricot atau navy memiliki kandungan gizi yang diduga dapat membantu mengurangi risiko sindrom metabolik.

Hal tersebut dihubungkan dengan kemampuan kacang navy dalam meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kolesterol baik (HDL) yang tinggi berhubungan dengan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke yang lebih rendah.

5. Kacang Tanah

Kacang tanah memiliki sejumlah manfaat kesehatan jika dikonsumsi sebagai asupan sehari-hari berkat kandungan lemak sehat yang tinggi.

Beberapa penelitian observasi mendapatkan, konsumsi kacang tanah berhubungan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, kanker, diabetes, dan stroke,.

Tertarik dengan manfaat kacang untuk kolesterol? Pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup setiap hari. Hindari mengolahnya dengan cara digoreng, agar manfaat kacang untuk kolesterol tetap bisa Anda rasakan dengan optimal.

Jika Anda butuh bantuan atau ingin tahu lebih lanjut mengenai kacang-kacangan yang menurunkan kolesterol, silakan konsultasi lebih lanjut pada dokter melalui Live Chat atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KolesterolKacang

Konsultasi Dokter Terkait