Sukses

Risiko Jika Anda Duduk Terlalu Lama

Bisa-bisa 80% dari waktu kita dalam 12 jam beraktivitas adalah hanya duduk. Dan ketahuilah, ini ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh. dr. Dewi Ema Anindia punya solusi untuk mengatasinya disini.

KlikDokter.com – Pergi ke kantor naik mobil atau motor berposisi duduk. Sampai di kampus atau kantor, sepanjang hari duduk. Cari makan di jam makan siang, setelah itu duduk. Kembali ke tempat aktivitas duduk sampai jam pulang. Pulang ke rumah, naik mobil atau motor macet-macetan sambil duduk.

Bisa-bisa 80% dari waktu kita dalam 12 jam beraktivitas adalah hanya duduk. Dan ketahuilah, ini ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa duduk dalam waktu yang lama dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti kegemukan (obesitas) dan sindroma metabolik.

Apa Itu Sindroma Metabolik?

Sindroma metabolik adalah kondisi penyakit yang terdiri dari beberapa gejala seperti:

  • Peningkatan tekanan darah,
  • Peningkatan gula darah,
  • Bertambahnya lemak di tubuh,
  • serta kadar kolestrol yang tidak normal

Kita semua sudah tahu bagaimana badan yang kelewat gemuk merupakan pencetus dari berbagai penyakit. (Baca: Ancaman dari Obesitaas)

Tapi bagaimana penelitian bisa membuktikan bahwa ada hubungan yang buruk antara duduk terlalu lama dan bahaya kesehatan serta obesitas berikut gangguan metabolik lainnya?

Penjelasannya ada di halaman berikut:

1 dari 3 halaman

Penelitian Pola Hidup Sedenter = Berbahaya

obesitas, bahayaSebuah studi membandingkan antara dua kelompok orang dewasa. Dimana kelompok pertama merupakan orang dewasa yang menghabiskan kurang dari 2 jam duduk di sofa di depan televisi atau komputer.

Sementara kelompok kedua adalah orang dewasa yang menghabiskan lebih dari 4 jam di  sofa di depan televis atau komputer.

Kelompok yang menghabiskan lebih dari 4 jam menunjukkan :

  • Meningkatnya risiko sebesar 50% untuk resiko kematian
  • Sebanyak 125% meningkatnya risiko timbulnya penyakit kardiovaskular, termasuk nyeri dada atau serangan jantung.

Memang sulit dipungkiri, aktivitas duduk terlalu lama kerap sulit dihindari di kantor ataupun ketika berkendara.

Lalu bagaimana solusinya jika memang pola hidup yang kebanyakan duduk telah terbiasa?

Halaman berikut ada tips dan sarannya:

2 dari 3 halaman

Tips Mengimbangi Aktivitas Sehari-hari Agar Tidak Terlalu Banyak Duduk

Apabila pekerjaan Anda mencakup duduk yang lama di depan komputer maka berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat mengurangi risiko.

  • Coba berdiri dan berjalan-jalan ketika Anda sudah duduk lama
  • Jika lokasi kantor berjarak kurang dari 1km dari kediaman Anda, maka cobalah untuk jalan kaki ke kantor dan hindari penggunaan kendaraan bermotor. Jika jarak ke kantor kurang dari 3km, maka cobalah ke kantor dengan bersepeda.
  • Jangan lupa untuk rutin olahraga setiap minggunya.

Duduk yang lama dapat menghambat proses metabolisme lemak dan gula di dalam tubuh, oleh karena itu biasakannya selalu bergerak setiap harinya dan hindari duduk dalam jangka waktu yang lama.

0 Komentar

Belum ada komentar