Sukses

Benarkah Ekstrak Kulit Manggis Menyehatkan?

Ekstrak kulit manggis diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa benar? Ketahui fakta manfaat kulit manggis dan tips mengonsumsinya di sini

Buah manggis (Garcinia mangostana) adalah buah tropis yang banyak tumbuh di daerah tropis, seperti negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Karena rasanya yang manis dan sedikit asam, tak heran bila manggis banyak digemari. 

Kita sering mendengar tentang ekstrak kulit manggis dan khasiatnya di masyarakat. Lantas, apa benar kulit manggis berkhasiat untuk kesehatan tubuh? 

Simak ulasan berikut tentang manfaat kulit manggis dan cara konsumsinya berikut ini!

1 dari 3 halaman

Manfaat Kulit Manggis bagi Kesehatan

Kulit manggis kaya akan berbagai zat aktif, seperti xantin, flavonoid, saponin, dan tannin

Karena itulah, buah ini telah lama digunakan untuk obat tradisional di beberapa daerah karena dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Tak hanya kulitnya, bagian-bagian dari buah manggis lainnya juga nyatanya dimanfaatkan. Contohnya, daging buah, daun, hingga kulit akar manggis. 

Masyarakat dulu menggunakan kulit buah manggis sebagai obat tradisional karena dipercaya mampu mengencerkan dahak, mengobati radang kandung kemih (Cystitis), mengatasi diare, disentri, demam, dan pengobatan untuk penyakit kulit seperti eksim dan pruritus. Namun, benarkah klaim tersebut?

Saat ini, berbagai penelitian untuk mengetahui manfaat ekstrak kulit manggis telah dilakukan. 

Walaupun begitu, rata-rata penelitian tersebut masih terbatas pada penelitian lab atau hewan saja. Penelitian pada manusia masih terbatas.

Artikel Lainnya: Benarkah Buah Manggis Bermanfaat untuk Tulang?

Jadi, masih sulit untuk menyimpulkan manfaat dari kulit manggis untuk kesehatan karena masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Namun, potensi manfaat ekstrak kulit manggis bagi kesehatan tidak bisa diabaikan! Beberapa contohnya, yaitu:

  • Menurunkan Kadar Trigliserida Darah

Ekstrak kulit manggis dapat berperan dalam menurunkan kadar trigliserida, yaitu sebuah zat yang dapat menimbulkan berbagai penyakit degeneratif. 

Hal itu ditunjukkan pada sebuah penelitian yang dilakukan kepada ayam sentul. Pemberian ekstrak kulit manggis dapat membantu menurunkan kadar trigliserida darah ayam tersebut.

  • Antioksidan dan Antiinflamasi 

Kulit manggis mengandung berbagai substansi bioaktif, seperti asam fenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan yang tinggi. 

Oleh karena itu, ekstrak kulit manggis berpotensi sebagai salah satu sumber antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan zat bioaktif lainnya juga memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi. Jadi, dapat mengatasi berbagai penyakit inflamasi di dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Jangan Makan Durian dengan Makanan Ini Bersamaan!

  • Mencegah Komplikasi Kerusakan Ginjal pada Penderita Diabetes

Sebuah penelitian dilakukan untuk melihat potensi ekstrak kulit manggis terhadap kerusakan ginjal sebagai komplikasi diabetes

Hasilnya, ekstrak kulit manggis dapat mencegah terjadinya diabetic glomerulosclerosis (kerusakan ginjal akibat diabetes). 

Namun, penelitian ini masih dilakukan di dalam laboratorium dan masih membutuhkan beberapa penelitian lanjutan.

  • Memiliki Sifat Antibakteri dan Antijamur

Salah satu kandungan kulit manggis adalah xantin. Diketahui, xantin memiliki banyak manfaat, seperti antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. 

Xantin juga telah lama digunakan sebagai campuran berbagai jenis obat dan suplemen di seluruh dunia. 

  • Berpotensi sebagai Antikanker

Bukan hanya untuk pencegahan dan terapi kanker, buah manggis juga memiliki potensi manfaat lain untuk penyakit kanker.

Terdapat teori medis yang menyebutkan, kandungan beberapa zat di dalam manggis dapat memengaruhi efek terapi beberapa jenis obat kemoterapi pada pasien kanker yang sedang dalam pengobatan.

Artikel Lainnya: Tidak Perlu Impor, Inilah Super Food Asli Indonesia

2 dari 3 halaman

Cara Aman Konsumsi Ekstrak Kulit Manggis

Karena berbagai potensi manfaat kesehatan tersebut, produk ekstrak kulit manggis sudah populer dan bisa didapatkan dengan mudah. 

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan mengonsumsinya, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap tanaman atau buah tertentu, terutama manggis. 
  • Jika menderita diabetes atau memiliki kondisi kesehatan tertentu (misalnya hamil dan menyusui), sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.
  • Konsumsi sesuai anjuran yang tertera di kemasan dan jangan berlebihan. Ini karena produk herbal pun memiliki efek samping bila berlebihan.
  • Untuk memastikan keamanannya, pastikan produk ekstrak kulit manggis telah terdaftar di BPOM.

Itulah berbagai informasi tentang manfaat ekstrak kulit manggis. Bila ingin berkonsultasi dengan dokter lebih mudah, pakai LiveChat dari Klikdokter. Semoga bermanfaat!

(FR/AYU)

1 Komentar