Sukses

Menjadi Ibu, Pekerjaan Paling Stres di Dunia?

Banyak yang mengakui, memerankan menjadi ibu adalah anugerah tersendiri. Meski prosesnya tak luput dari duka, terdapat beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada.

Klikdokter.com – Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan yang menantang namun menyenangkan. Anda mungkin masih ingat bagaimana terharunya Anda ketika melihat anak Anda melewati fase merangkak menuju berjalan, atau ketika ia memanggil Anda dengan kata ‘Mama’ untuk pertama kali. Di balik kesenangan-kesenangan kecil yang berharga itu, tak jarang Anda merasa tertekan dan tidak nyaman, bahkan stres.

Untuk mencegah stres berkelanjutan, Anda perlu mengetahui penyebab-penyebabnya. Apa saja? Berikut di antaranya: 

Kekurangan waktu untuk diri sendiri

Siapapun tahu bahwa menjadi ibu adalah pekerjaan yang tidak mengenal waktu. Di antara kegiatan mengantar anak ke sekolah, membantunya mengerjakan PR, dan bermain dengan mereka, Anda pun harus menyisihkan waktu untuk memasak dan berbagai pekerjaan rumah lainnya. Tidak ada kata libur bagi Anda. 

1 dari 3 halaman

Beberapa Penyebab Ibu Menjadi Depresi

Insting melindungi yang terlalu berlebihan

Banyak ibu yang terlalu protektif kepada anak, sehingga mereka tidak bisa mengendalikan diri mereka sendiri. Bukannya lega, pikiran mereka malah lebih sering kacau dan bercabang. Bayangkan saja, insting Anda untuk melindungi akan terus-menerus ada hingga si anak beranjak besar. Inilah yang dapat membuat para ibu stres.

Merasa ragu terhadap diri sendiri

Pernahkah Anda melakukan sesuatu untuk anak Anda dan berpikir: Apakah saya telah berbuat yang terbaik untuk anak saya? Apakah saya terlalu memanjakannya? Apakah saya terlalu berlebihan dalam menghukumnya? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu seringkali menghinggapi kepala para ibu dan akhirnya membuat mereka letih.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi empat hal tersebut: 

2 dari 3 halaman

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi empat hal tersebut:

ibu, stres, anak1. Minum air putih yang banyak

Sedikit saja kekurangan air, tubuh akan bereaksi. Anda akan merasa pusing, letih, dan kekurangan energi. Minumlah air putih yang cukup.

2.       Mandi

Membasuh tubuh dengan air yang mengandung aromaterapi dapat meringankan isi kepala sekalgus meredakan kecemasan.

3.       Sering bergerak

Sebuah penelitian mengatakan bahwa jika Anda ingin meningkatkan energi, berolahraga lebih baik ketimbang tidur.

4.       Jangan lewatkan sarapan

Sarapan baik untuk menjaga vitalitas sepanjang hari. Konsumsilah menu yang sehat seperti sayur dan buah.

Nah, bagi ibu yang mudah letih atau sibuk sehingga tidak mampu makan makanan yang seimbang, disarankan untuk mengonsumsi multivitamin. Salah satu multivitamin yang dikenal adalah Sakatonik Liver. Dalam satu kapsul Sakatonik Liver terkandung segala macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah, seperti zat besi, vitamin B12, dan asam folat.

0 Komentar

Belum ada komentar