Sukses

Anti Jamur dengan Tumbuhan Obat

Anti Jamur dengan tumbuhan obat sudah ditemukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, di Jakarta. Simak selengkapnya disini.

KlikDokter.com – Anti Jamur dengan tumbuhan obat sudah ditemukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, di Jakarta. Pemanfaatan tumbuhan obat untuk mengatasi penyakit kulit akibat jamur sudah banyak diketahui, namun proses yang benarnya masih banyak yang belum paham. Hasil penelitian mendapatkan 36 tanaman yang telah diteliti. Bentuk sajiannya mulai dari infus atau rebusan, ekstraknya, maupun minyak yang dihasilkan tanaman.

Penyakit kulit akibat jamur sering dialami oleh orang yang kurang menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Penyakit ini tidak berbahaya, tetapi akan mengganggu penderita seperti gatal-gatal, disertai timbulnya ruam sampai melepuh berisi nanah. Bisa mengenai semua bagian kulit, tetapi biasanya menyerang kulit kepala, lipatan paha, lipatan lengan, kaki, dan kuku.

Menurut, Dian Sundari, M. Wien Winarno peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, mengatakan, “penggunaan obat untuk mengatasi penyakit jamur sudah dikenal sejak lama dari nenek moyang dulu, namun masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkannya.”

Hasil penelitian memperoleh beberapa tumbuhan yang dapat menghambat proses pertumbuhan jamur, diantaranya:

1 dari 2 halaman

Tumbuhan Alami Pelawan Jamur

Hasil penelitian memperoleh beberapa tumbuhan yang dapat menghambat proses pertumbuhan jamur, diantaranya:

  1. Tumbuhan Laos
    Tumbuhan laos ini sangat lengkap setelah diteliti sebagai anti jamur. Laos putih ataupun merah yang dihasilkan dari perasan, ekstrak maupun minyaknya dapat menyembuhkan penyakit jamur.
  1. Sambiloto
    Sambiloto merupakan tumbuhan semak yang mempunyai banyak cabang yang berdaun. Sambiloto yang pahit ini ternyata selain dapat menyembuhkan masuk angin atau influenza, menurunkan demam, serta sakit kuning juga setelah diteliti dapat mengobati penyakit jamur pada kulit.
  1. Daun Ketepeng
    Daun ketepeng adalah tanaman berdaun bulat lonjong dan tinggi pohon bisa mencapai 2 meter lebih. Tumbuhan ini dapat menyembuhkan penyakit jamur.
  1. Bawang Putih
    Bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan di Indonesia. Bawang putih setelah diteliti dapat menyembuhkan penyakit jamur pada kulit dan sebagai antibiotik alami dalam tubuh manusia. Bentuk pengobatannya bisa dengan ekstraknya, minyak, serta berbentuk infus.
  1. Lidah Buaya
    Lidah buaya atau dikenal dengan Aloevera adalah salah satu tumbuhan obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Penelitian ini menghasilkan bahwa lidah buaya memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Lidah buaya juga memiliki antara 72 zat yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan penyakit salah satunya antijamur.

0 Komentar

Belum ada komentar