Sukses

Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan Batu Empedu?

Dampak dari kolesterol tinggi tak cuma menyumbat pembuluh darah. Kondisi tersebut disebut-sebut bisa tingkatkan risiko terbentuknya batu empedu.

Saluran empedu merupakan bagian dari saluran pencernaan yang berperan dalam pencernaan lemak. Jika terdapat sumbatan atau batu di saluran empedu, maka Anda bisa mengalami gejala nyeri di perut kanan atas.

Rasa sakit tersebut akan menjalar hingga bahu dan menimbulkan mual, muntah, bahkan demam. Biasanya nyeri berlangsung secara tiba-tiba. 

Penyebab dari batu empedu beragam. Dugaan yang mengakibatkan kondisi ini, yaitu karena saluran empedu mengandung banyak kolesterol, banyak bilirubin, atau pengosongan saluran empedu yang tidak sempurna. 

Jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan tepat, batu empedu dapat menyebabkan infeksi yang lebih serius serta meningkatkan risiko kanker saluran empedu atau cholangiocarcinoma. 

1 dari 3 halaman

Bagaimana Kolesterol Menyebabkan Batu Empedu?

Sebelum membahas mengenai batu empedu yang bisa muncul karena kolesterol, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu batu empedu.

Batu empedu merupakan batu yang terdapat di kandung empedu. Biasanya jumlahnya banyak dengan ukuran diameter 2-25 mm.

Sementara itu, cairan empedu terbuat dari kolesterol, yang tentunya diambil dari kolesterol dalam darah manusia.

Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Ini Perbedaan Batu Empedu dan Batu Ginjal!

Kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bahan baku pembentukan hormon, vitamin D, dan membentuk sel serta jaringan tetap sehat. Sumber kolesterol kebanyakan diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.

Jika kolesterol terlalu menumpuk, maka akan terjadi proses saturasi dan pembentukan batu di dalam kandung empedu. Dari sinilah bahaya kolesterol perlu diwaspadai. 

Batu tersebut bisa menyumbat saluran yang harus dilewati cairan empedu. Jadi, dapat Anda bayangkan betapa hebatnya gangguan yang ditimbulkan?

2 dari 3 halaman

Tips Cegah Batu Empedu Karena Kolesterol

Ada berbagai faktor pemicu seseorang bisa terkena batu empedu, seperti faktor genetik, usia, dan jenis kelamin.

Meski beberapa faktor risiko tersebut tidak dapat dikontrol, terdapat beberapa langkah untuk mencegah terjadinya batu empedu karena kolesterol. Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Turunkan Berat Badan Secara Bertahap

Cara paling efektif untuk mencegah batu empedu karena kolesterol adalah dengan menurunkan berat badan. Namun, ingatlah untuk melakukannya secara bertahap, tidak secara drastis.

Artikel Lainnya: Penurunan Berat Badan Terlalu Cepat Picu Pembentukan Batu Empedu?

Penurunan berat badan drastis seperti program ‘diet sangat rendah kalori’ (

Penurunan berat badan drastis juga dapat meningkatkan kadar kolesterol pada empedu dan menyebabkan terbentuknya batu empedu.

  1. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang sehat merupakan faktor penting untuk menurunkan risiko batu empedu. Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu Anda mencegah terjadinya batu empedu, misalnya makanan tinggi serat dengan lemak tidak jenuh.

Selain itu, pada salah satu penelitian dilaporkan bahwa konsumsi minyak zaitun sekitar dua sendok makan per hari dapat menurunkan risiko pembentukan batu empedu. 

  1. Rutin Olahraga

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di the Journal of Physical Activity and Health pada 2016, berolahraga teratur paling tidak 150 menit per minggu dapat menurunkan risiko terbentuknya batu empedu. 

Jadi, pastikan Anda berolahraga secara rutin sehingga kolesterol yang tinggi tidak mencetuskan batu empedu.

Demikian penjelasan seputar kaitan antara kolesterol dengan risiko batu empedu. Demi mencegah terjadinya gangguan ini, Anda bisa mencoba tips-tips yang telah disebutkan di atas. 

Jika tidak berhasil, biasanya dibutuhkan obat-obatan tertentu seperti obat penurun kolesterol untuk mencegah batu empedu karena kolesterol.

Meskipun kolesterol memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, tetap batasi asupannya dari makanan sehari-hari agar terhindar dari berbagai penyakit, terutama batu empedu. Hindari juga bahaya kolesterol dengan memeriksakan kadar kolesterol secara rutin.

Konsultasi kepada dokter lebih mudah dengan menggunakan fitur Live Chat 24 jam dari Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar