Sukses

Mencegah Kehamilan dengan Vasektomi

Vasektomi dilakukan oleh pria. Dimana dari langkah vasektomi diharapkan air mani yang keluar ketika ejakulasi tidak lagi mengandung sperma. Dengan demikian hasil dari hubungan seksual kecil kemungkinannya untuk terjadi kehamilan. Meskipun hubungan seksual dilakukan tanpa kondom dan ejakulasi terjadi di dalam liang vagina. Simak penjelasannya disini bersama dr. Nadia Octavia.

Klikdokter.com - Seorang wanita dapat hamil jika sperma dari pria membuahi salah satu sel telurnya. Kontrasepsi, jenis apapun, bertujuan untuk mencegah terjadinya hal ini. Salah satu bentuk dari kontrasepsi untuk pria adalah vasektomi atau prosedur sterilisasi pria.

Jadi pada prinsipnya vasektomi dilakukan oleh pria. Dimana dari langkah vasektomi diharapkan air mani yang keluar ketika ejakulasi tidak lagi mengandung sperma. Dengan demikian hasil dari hubungan seksual kecil kemungkinannya untuk terjadi kehamilan. Meskipun hubungan seksual dilakukan tanpa kondom dan ejakulasi terjadi di dalam liang vagina.

Ingin tahu lebih jauh mengenai vasektomi? Berikut adalah penjelasan proseduralnya: 

1 dari 3 halaman

Apa itu Vasektomi?

Vasektomi merupakan suatu prosedur medis yang bertujuan untuk memberhentikan sperma masuk ke dalam cairan mani. Sehingga sewaktu seorang pria ejakulasi, cairan mani nya tidak mengandung sperma dan sel telur wanita tidak dapat dibuahi.

Bagaimana Prosedur Vasektomi?

Vasektomi merupakan prosedur pembedahan minor di bawah anestesi lokal dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Tuba atau saluran yang membawa sperma dari testis ke penis dipotong, diblok ataupun diikat. Biasanya pasien dapat langsung pulang setelah prosedur ini.

Apakah prosedur vasektomi akan memengaruhi hubungan seks?

2 dari 3 halaman

Apakah Prosedur Ini Akan Mempengaruhi Hubungan Seks?

Prosedur vasektomi tidak akan berdampak pada hasrat seksual ataupun kenikmatan seksual seseorang. Anda akan dapat mengalami ereksi dan ejakulasi secara normal. Namun perbedaannya adalah cairan mani Anda tidak mengandung sperma.

Setelah prosedur ini, Anda dapat langsung berhubungan seks, namun ada baiknya menunggu setelah beberapa hari. Anda akan masih memiliki sperma sesaat setelah operasi karena dibutuhkan waktu untuk mengeluarkan sisa sperma dari saluran tersebut. Biasanya dibutuhkan 20-30x ejakulasi untuk mengeluarkan sisa sperma.

Apa saja keuntungan dan kerugian melakukan vasektomi?

Apa Saja Keuntungan dari Vasektomi?

  • Angka kegagalannya hanya 1 dari 2000 pria. Dari 2000 pria, hanya 1 yang masih dapat membuat wanita hamil pada seumur hidupnya
  • Sangat jarang terjadi efek samping jangka panjang yang serius bagi kesehatan
  • Vasektomi tidak akan mempengaruhi level hormon maupun libido Anda
  • Vasektomi dapat menjadi suatu alternatif cara yang lebih sederhana, aman dan dapat diandalkan jika dibandingkan dengan sterilisasi wanita.

Apa saja kerugian dari vasektomi?

  • Vasektomi tidak dapat memproteksi dari penyakit menular seksual
  • Jika ingin "subur" kembali, proses "mengembalikannya" menjadi normal sulit
  • Anda masih membutuhkan kontrasepsi beberapa saat setelah prosedur pembedahan hingga dipastikan dari hasil test bahwa cairan mani Anda bebas sperma. 

0 Komentar

Belum ada komentar