Kehamilan

Kehamilan Kosong atau Blighted Ovum

dr. Dyah Novita, 10 Agt 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apa itu kehamilan kosong? Bagaimana bisa terjadi? Apa penyebabnya? Simak paparan selengkapnya bersama dr. Dyah Novita Anggraini disini.

Kehamilan Kosong atau Blighted Ovum

Klikdokter.com - Blighted ovum (BO) atau disebut kehamilan kosong. Terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi namun tidak berkembang menjadi embrio. Sel tetap membentuk kantung janin (gestational sac) namun konsepsi (pembuahan) tidak berkembang menjadi sebuah embrio.

Hasil konsepsi akan terus tertanam di dalam rahim dan memberikan sinyal kepada otak bahwa terdapat konsepsi di dalam rahim sehingga hormon kehamilan tetap akan dihasilkan dan kehamilan akan terus berkembang menjadi kehamilan biasa, ibu hamil merasa benar – benar hamil dengan ditambah adanya hasil test pack yang positif.

Pada kehamilan normal perkembangan janin dapat terlihat pada pemeriksaan USG transvaginal sekitar umur 5-6 minggu, sedangkan pada pemeriksaan USG abdomen terlihat pada usia kehamilan 6-7 minggu. Diagnosa Kehamilan kosong akan terdeteksi jika pada saat kehamilan 8 minggu dilakukan pemeriksaan USG abdomen dan di dalam kantung janin tidak terdapat embrio atau tidak adanya detak jantung janin pada saat pemeriksaan Doppler

Jika hasil USG di usia 8 minggu sudah terdeteksi dan tidak ditemukan adanya perdarahan pervaginal, biasanya dokter akan memberikan pilihan untuk menunggu beberapa hari atau minggu untuk mengulang pemeriksaan USG kembali agar tidak terjadi adanya salah diagnosa kehamilan kosong. 50 % penyebab terjadinya keguguran di trimester pertama adalah kehamilan kosong.

Penyebab & Gejala Kehamilan Kosong

Kehamilan Kosong, Hamil Tapi Tidak Ada Janin di Rahim

Kelainan kromosom dalam proses pembuahan sel telur dan sperma. Tubuh akan mengenali kelainan kromosom pada fetus dan secara otomatis mengakhiri kehamilan karena mengetahui janin tidak akan berkembang menjadi bayi yang sehat. Kelainan kromosom bisa disebabkan oleh buruknya kualitas sperma atau sel telur dan pembelahan sel yang abnormal.

Tanda dan Gejala

·        Mual dan Muntah

·        Payudara mengeras

·        Lemas

·        Perdarahan pervaginal

·        Nyeri abdomen

·        Perkembangan uterus yang melambat

Kapan Dapat Hamil Lagi Setelah Alami Kehamilan Kosong?

Rekomedasi boleh hamil lagi adalah sekitar 4-6 minggu setelah keguguran atau kurtase terjadi. 

Penelitian oleh Scottish study pada 30.000 wanita menerangkan bahwa wanita yang mengalami kehamilan dalam jarak waktu enam bulan setelah keguguran mempunyai kesempatan memiliki kehamilan yang sangat sehat dan baik.

Bagaimana Cara Mencegah Kehamilan Kosong?

Karena kejadian kehamilan kosong merupakan kejadian yang sangat sering terjadi dan salah satu penyebab utama terjadinya keguguran. Yang dapat Anda lakukan adalah mempersiapkan kehamilan secara sehat, menjalankan hidup sehat baik untuk istri dan suami, melakukan pemeriksaan kromosom, melakukan pemeriksaan kehamilan (Antenatal Care) secara rutin.

Jika Anda baru saja mengalami keguguran dan ingin mempersiapkan kehamilan selanjutnya, penting bagi Anda untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan, 3 bulan sebelum konsepsi. Kedua telur dan sperma memperbaharui setiap 90 hari.

Perubahan yang Anda buat hari ini akan mempengaruhi sel telur dan sperma yang akan digunakan 3 bulan dari sekarang. Jadi sebaiknya tunggu selama 3 bulan setelah keguguran sebelum Anda mencoba untuk hamil lagi. Ini akan memberi Anda waktu untuk mempersiapkan, sekaligus meningkatkan kemungkinan kehamilan sehat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Kosong.BlightedOvumHamil

Konsultasi Dokter Terkait