HomeInfo SehatKesehatan UmumBenarkah Harus Minum Air 8 Gelas per Hari? Ini Faktanya
Kesehatan Umum

Benarkah Harus Minum Air 8 Gelas per Hari? Ini Faktanya

dr. Muhammad Isman S, 16 Jan 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Aturan minum 8 gelas sehari banyak dipercaya. Namun, benarkah kita harus minum air 8 gelas sehari? Mari simak fakta lengkapnya di sini.

Benarkah Harus Minum Air 8 Gelas per Hari? Ini Faktanya

Air merupakan suatu komponen penting untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Kamu harus minum cukup air agar tubuh bisa beraktivitas dengan baik setiap hari. 

Lantas, benarkah harus minum air 8 gelas air per hari? Sebenarnya, jumlah tersebut hanya sebagai patokan yang semestinya diminum oleh setiap orang. 

Banyak-sedikitnya kebutuhan asupan cairan seseorang tergantung dari aktivitas yang dilakukan hari itu. Jika tidak harus minum 8 gelas sehari, lalu berapa banyak air yang harus kita konsumsi untuk menunjang kesehatan? 

Faktanya, Tidak Harus Minum 8 Gelas Sehari

Manfaat Mengejutkan Minum Air Putih  Sebelum Tidur

Pada umumnya, takaran minum air putih pria dewasa setidaknya 2,5-2,6 liter (8 gelas) air putih, sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter (7 gelas) setiap harinya. 

Meski demikian, kebutuhan air tergantung pada kondisi masing-masing orang. Hal ini juga bisa dipengaruhi usia, jenis kelamin, berat badan, aktivitas, dan kondisi medis tertentu. 

Setiap saat, tubuh secara terus-menerus mengeluarkan cairan melalui pernapasan, keringat, urine, dan feses. Oleh karena itu, cairan yang hilang harus diganti. 

Kamu juga bisa mengonsumsi air putih sesuai kegiatan hari itu. Saat memiliki aktivitas fisik yang cukup berat, maka kamu bisa minum air 8 gelas sehari. 

Cara termudah untuk melihat apakah kamu sudah cukup minum atau belum adalah melihat warna urine. 

Semakin kuning urine, maka semakin banyak kebutuhan cairanmu saat itu. Sebaliknya, jika warna urine sudah seperti air putih, artinya kebutuhan airmu sudah cukup.

Artikel Lainnya: Pentingnya Air Minum Berkualitas untuk Dukung Hidup Sehat

Pahami Aturan Minum Air yang Benar dan Sehat

Minum Air Putih

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi yang akan berdampak pada aktivitasmu. Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, perhatikan beberapa aturan konsumsi air per hari berikut ini: 

1. Ketahui Kebutuhan Cairanmu

Aturan minum yang pertama adalah ketahui berapa banyak cairan yang kamu butuhkan. Secara umum, kebutuhan manusia adalah delapan gelas sehari. Namun, sesuaikan lagi dengan aktivitas harianmu. 

2. Siapkan Botol Minum 

Selalu membawa botol air dapat memastikan kamu bisa minum air putih saat dibutuhkan. 

Jika terasa haus atau setelah makan, minumlah air putih yang sudah disiapkan. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami dehidrasi akibat kurang minum.

3. Usahakan Hanya Minum Air Putih

Ada banyak jenis minuman di luar sana, tetapi yang paling sehat tentunya air putih. Meski minuman berwarna dan aneka rasa cukup nikmat, tetapi jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penyakit.

4. Minum Satu Gelas Air Sebelum Makan

Minum segelas air sebelum makan dapat memastikan kamu betul-betul lapar, bukan sekadar haus. Terkadang, tubuh salah mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. 

Selain itu, minum air sebelum makan dapat membantu melancarkan pencernaan. 

5. Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Saat tidur, pengeluaran air dari kulit tetap terjadi, yang disebut evaporasi. Tubuhmu membutuhkan cairan pengganti saat baru bangun tidur. Minumlah 1-2 gelas air setelah bangun untuk membantu proses metabolisme. 

Artikel Lainnya: 16 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui

6. Pastikan Minum Sebelum dan Setelah Olahraga

Salah satu penyebab meningkatnya pengeluaran cairan tubuh adalah bertambahnya aktivitas, seperti olahraga. 

Pastikan kamu minum air putih sebelum dan setelah berolahraga. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan banyaknya cairan tubuh yang keluar atau sesuai dengan rasa haus. 

7. Hindari Minum Berlebih

Meski penting untuk kesehatan, minum air berlebihan bisa berisiko terhadap intoksikasi air. 

Intoksikasi air merupakan kondisi di mana ada banyak air dalam pembuluh darah yang bisa merembes ke sel dan terjadi pembengkakan sel.

Pembengkakan tersebut dapat merusak sel. Bahkan, jika berlangsung lama bisa menjadi rusak permanen. Jadi, jangan mengonsumsi air secara berlebihan ya!

Itulah penjelasan mengenai jumlah air yang bisa dikonsumsi sehari-hari dan sejumlah aturan minum air putih. Ingatlah untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi air putih agar tetap bisa mendapatkan manfaatnya. 

#JagaSehatmu dengan selalu memperhatikan asupan air putih setiap hari. Jika kamu membutuhkan konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Tanya Dokter

Kamu juga dapat membaca berbagai informasi kesehatan menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter.

(DA/NM)

minum air

Konsultasi Dokter Terkait