Sukses

4 Sebab Dokter Anjurkan Kelahiran dengan Operasi Sesar

Ketika dokter menyarankan langkah tindakan operasi sesar, sesungguhnya bukan sembarang saran. Ada 4 hal umum yang menjadi pertimbangan kenapa disarankan melahirkan dengan operasi sesar.

Klikdokter.com - Dokter spesialis kebidanan seringkali diberi label komersil oleh pasiennya, pasien menganggap sang dokter dengan mudah memutuskan operasi sesar (seksio sesarea) untuk melahirkan bayi pasien karena honor yang lebih besar, masyarakat awam pun semakin menjadi-jadi membicarakan hal ini, sudah bukan cerita baru memang, namun, benarkah dokter kebidanan meraup keuntungan dengan menipu pasiennya?

Sebelum Anda menjadi hakim jadi-jadian, mari simak ulasan berikut ini.

Pada sebagian besar proses persalinan, persalinan terjadi secara spontan, artinya si bayi lahir lewat jalan lahir alamiah ibu, lalu muncul di mulut vagina (persalinan spontan pervaginam : persalinan spontan yang terjadi melalui vagina), sementara pada beberapa kasus yang lain, persalinan melalui operasi sesar menjadi pilihan dokter, persalinan ini dikenal dengan persalinan perabdominam (per-abdomen: melalui perut ibu).

Kita semua tahu biaya untuk operasi sesar berkali-kali lipat lebih mahal daripada persalinan spontan, hal inilah yang kemudian menjadi bahan pembicaraan yang seringkali merusak citra dokter spesialis kebidanan.

Dunia medis punya syarat nya sendiri sehingga seorang ibu diputuskan tidak dapat melahirkan spontan melainkan harus dengan jalan operasi sesar, dengan kata lain, keputusan dokter untuk melakukan operasi bukan keputusan yang tak berdasar, justru harus ada indikasi yang jelas mengapa operasi dipilih ketimbang persalinan spontan atau normal.

Indikasi untuk melakukan operasi sesar antara lain:

  • Panggul Sempit:

jalan lahir yang normal merupakan salah satu bagian terpenting dalam persalinan normal, jika panggul ibu ternyata sempit, tentu bayi tidak akan bisa lewat

  • Bayi Terlalu Besar (Makrosomia)

Berat bayi normal 2500-4000 gram, lebih dari 4 kg, maka kita katakan bayi ini makrosomia atau lebih besar dari ukuran yang seharusnya, dan besar kemungkinan bayi sebesar ini tak bisa dilahirkan secara spontan

  • Letak Ari-ari Rendah

Ari-ari adalah sumber nutrisi bayi selama dalam kandungan, ketika ari-ari ini terletak di mulut rahim, maka jalan lahir pun tertutup, penutupan ini bisa seluruhnya atau sebagian. Pada penutupan total, operasi Sc harus dilakukan

  • Lainnya

Sebab lainnya operasi sesar ulangan karena pada persalinan sebelumnya pasien juga di sesar, pasien dengan pre-eklampsia berat atau eklampsia dan masih banyak lagi alasan lainnya operasi sesar harus dilakukan

Pelajaran yang bisa kita petik adalah, dunia kedokteran menuntut seorang dokter dalam menjalankan profesinya dengan profesionalisme tinggi dan terhormat, dan segala sesuatu yang diputuskan dokter punya alasan, Di satu sisi sebagai pasien, jadilah pasien yang cerdas yang mampu bekerja sama dengan dokter untuk mendatangkan kebaikan bagi si pasien sendiri.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

Baca juga:
 
Ditulis oleh:
dr. Adithia Kwee
Anggota Redaksi Medis
Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar