HomeGaya hidupSehat dan Bugar6 Kebiasaan yang Membuat Anda Cepat Tua
Sehat dan Bugar

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Cepat Tua

dr. Nadia Octavia, 10 Jun 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Usia biologis tubuh Anda melampaui usia di KTP Anda. Jika demikian, sudah saatnya untuk memperhatikan lagi kebiasaan sehari-hari. Cek selengkapnya disini.

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Cepat Tua

Pernahkah Anda merasakan ketika berkaca terbesit kenapa kulit terlihat lebih tua dari usia Anda seharusnya? Kerutan-kerutan kecil bermunculan di sekitar kulit wajah, seperti di ujung mata, garis di ujung kedua hidung yang semula halus menjadi semakin tegas, bahkan kerutan samar di dahi menjadi kian jelas.

Padahal usia di KTP menunjukan seharusnya belum saatnya garis-garis kerutan tersebut belum muncul. Namun kenyataannya, usia biologis tubuh Anda sudah melampaui usia di KTP Anda. Jika demikian, sudah saatnya Anda untuk memperhatikan lagi kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari.

Pasalnya, kebiasaan-kebiasaan yang tanpa sadar kita lakukan itu ternyata salah dan banyak memberikan kerugian kepada kesehatan kulit dan tubuh keseluruhan. Hasilnya, tubuh menjadi lebih tua dari usia seharusnya.

1. Tidur Kurang Dari 8 Jam Sehari

Efek Buruk Kurang Tidur

Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata Anda, tetapi juga dapat memperpendek usia sel-sel tubuh Anda dan mempercepat proses penuaan. 

Meskipun setiap rentang usia memiliki jumlah kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda, jumlah jam tidur sebanyak 7-8 jam sehari merupakan waktu yang optimal bagi rata-rata orang kebanyakan.

Tidur yang cukup juga memiliki hubungan manfaat kepada kondisi perbaikan penyakit jantung, perbaikan memori, penurunan berat badan dan mengurangi kadar inflamasi (peradangan) di dalam tubuh yang dapat memicu penyakit kronis lainnya.

2. Gemar Menghabiskan Waktu Di Depan TV 

Menonton sinetron yang seru ataupun menonton DVD yang baru saja Anda beli, memang mengasyikkan.

Tetapi tahukah Anda bahwa menonton TV berjam-jam dapat menyebabkan berkurangnya harapan hidup Anda? 

Hal tersebut karena jika Anda duduk selama lebih dari 30 menit, tubuh Anda akan menyimpan gula ke dalam sel dan menyebabkan obesitas.

Oleh karena itu, ketika Anda sedang bekerja atau menonton TV, berdiri dan berjalan-jalanlah setiap 30 menit.

3. Tidak Menggunakan Krim Mata

Sudah Pakai Pelembap, Butuh Krim Mata atau Tidak, Ya? (Puhhha/Shutterstock)

Anda mungkin sudah rutin menggunakan krim atau pelembab untuk wajah Anda. Tetapi bagaimana dengan area mata Anda?

Kulit di sekitar mata lebih tipis dibandingkan area wajah yang lain, oleh karena itu lebih cepat juga mengalami proses penuaan. Krim mata baik diaplikasikan setiap hari untuk mencegah timbulnya kerutan-kerutan halus.

Namun, pastikan terlebih dahulu Anda memilih krim mata yang cocok untuk jenis kulit Anda. Disarankan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit Anda, guna hasil optimal. 

4. Menggunakan Sunblock Hanya Saat Berlibur ke Pantai

Berkendara, membeli makan ke luar kantor, berjalan-jalan di bawah panas matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit lebih banyak dibandingkan jika Anda menghabiskan waktu seharian di pantai. 

 Penyebab utama proses penuaan pada kulit adalah dari paparan sinar ultraviolet (UV). Bahkan sinar UV pun masih bisa menembus saat hujan maupun berawan.

Oleh karena itu jangan lupa selalu menggunakan sunblock setiap kali akan pergi keluar ruangan.

5. Menggunakan Terlalu Banyak Make-up

Ilustrasi Make-up untuk Kaki

Menggunakan make-up terlalu banyak dan terutama yang berbahan dasar minyak dapat menyumbat pori-pori Anda. Sedangkan produk yang memiliki pewangi, kimia iritan dan alkohol dapat membuat kulit Anda menjadi kering melalui pengikisan lapisan minyak natural kulit. 

Gunakan riasan wajah yang sewajarnya, setelah sebelumnya konsultasikan kepada dokter Anda. Pastikan juga Anda memilih kosmetik yang aman untuk jenis kulit yang Anda miliki.

 6. Tidur dengan Wajah Menempel Bantal

Untuk kebiasaan buruk yang satu ini sekilas mungkin terdengar konyol dan sepele. Namun ketahuilah, posisi tidur yang miring atau tengkurap dengan wajah yang menempel di bantal dapat mempercepat proses penuaan dan timbulnya kerutan. Jaringan penyokong dan kolagen pada kulit Anda akan menjadi lebih lemah seiring dengan usia. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Salam hidup sehat!

Kebiasaan Cepat Tua

Konsultasi Dokter Terkait