Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaan6 Makanan Penyebab Tipes yang Perlu Diwaspadai
Pencernaan

6 Makanan Penyebab Tipes yang Perlu Diwaspadai

Siti Putri, 29 Nov 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Punya hobi jajan sembarangan? Mulai kini kamu harus berhati-hati karena jajan bisa menjadi penyebab tipes. Ketahui cara mencegahnya di sini.

6 Makanan Penyebab Tipes yang Perlu Diwaspadai

Jajan menjadi salah satu hal yang digemari oleh kebanyakan orang, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Sayangnya, tidak ada yang bisa menjamin kebersihan dari jajanan yang kita beli. Sehingga, makan jajanan sembarangan bisa berisiko menjadi penyebab tipes.

Kebersihan tangan dan bahan makanan yang tidak terjaga bisa menjadi faktor penyebab tipes yang tertular dari makanan. Seperti yang kita ketahui, jajanan yang belum terjamin kebersihannya bisa saja diolah dengan sanitasi yang buruk, sehingga dapat memudahkan bakteri penyebab tipes, yakni Salmonella typhi untuk berkembang.

Lalu, apa saja jenis jajanan penyebab tipes? Bagaimana cara jajan yang sehat? Mari cari tahu jawaban lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Jenis Jajanan Penyebab Tipes

Ada berbagai cemilan yang berisiko menyebabkan tipes karena kebersihannya tidak terjamin akibat dijual sembarangan di pinggir jalan. Terkadang, karena harganya sangat murah, bahan baku yang digunakan pun tidak memenuhi standar kesehatan.

Berikut beberapa jenis makanan penyebab tipes yang perlu kamu waspadai:

1. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu camilan yang berisiko menyebabkan penyakit tipes. Makanan penyebab tipes yang dijajakan di pinggir jalan ini mudah terpapar debu dan kotoran.

Tentunya, hal ini bisa menyebabkan gorengan lebih mudah terkontaminasi bakteri, termasuk bakteri penyebab tipes. Apalagi, makanan di pinggir jalan cenderung lebih mudah dihinggapi lalat. Hewan yang satu ini hidup di tempat kotor dan berpotensi membawa bakteri.

2. Minuman

Minuman yang dijual di pinggir jalan, seperti es teh atau es buah ternyata juga bisa menyebabkan tipes. Terkadang, beberapa minuman menggunakan es batu yang dibuat dari air mentah. Hal ini tentu bisa memicu berkembangnya bakteri S. typhi.

Bahkan, sebuah jurnal yang dipublikasikan lewat Scholarly Publications Leiden University, kualitas air minum yang buruk ditemukan pada kebanyakan pedagang kaki lima.

3. Telur Gulung

Telur gulung menjadi salah satu makanan yang digemari oleh anak-anak. Apalagi, jajanan ini sering hadir di sekolah.

Sayangnya, telur gulung ternyata menjadi salah satu makanan yang berisiko terinfeksi salmonella. Ada kemungkinan tepung yang digunakan sudah tidak dalam kondisi yang baik. Selain itu, telur gulung juga sering ditambahkan dengan saus, mungkin dibuat dari bahan baku tak segar.

4. Makaroni Telur

Sesuai namanya, jajanan ini mencampurkan makaroni dengan telur. Meski tampak menggiurkan, namun kamu perlu berhati-hati karena bisa saja makanan ini menjadi faktor penyebab tipes yang tertular dari makanan.

Apalagi, makaroni digoreng dengan telur. Jika tidak diolah hingga matang, telur yang masih mentah bisa menjadi makanan penyebab seseorang terinfeksi tipes.

“Siapa pun bisa terinfeksi tipes, terutama jika mereka senang mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang,” tutur dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

5. Cilok

Cilok memiliki tekstur yang kenyal, sehingga terasa lezat saat dimakan. Biasanya, cilok akan ditambahkan dengan bumbu kacang dengan saus sambal dan kecap untuk menambah rasa.

Akan tetapi, makanan penyebab tipes ini mungkin diolah dengan bahan-bahan yang belum terjamin kualitasnya. Bahkan, mungkin saja makanan ini dijual dalam keadaan setengah matang.

Makanan mentah penyebab tipes ini tentu bisa menjadi perantara untuk penularan bakteri S.typhi ke dalam tubuh.

6. Gado-Gado

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di daerah Kendari, Sulawesi Tenggara, makanan yang berisi sayuran ini bisa mengandung hampir 50% bakteri Salmonella Thypi.

Titik kritis dari pembuatan gado-gado yaitu ketika menyimpan sayur yang sudah dimasak di tempat terbuka dan mengambilnya dengan tangan yang tidak bersih. Akhirnya, gado-gado bisa jadi salah satu makanan umum penyebab tipes.

Tips Jajan yang Sehat untuk Mencegah Penyakit Tipes

Penting untuk diingat, proses pengolahan makanan yang tidak higienis dapat menjadi media penularan bakteri penyebab tipes. Lalu, bagaimana cara yang sehat untuk jajan?

  • Rutin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
  • Hindari jajan sembarangan di pinggir jalan
  • Pilih makanan yang baru saja matang
  • Hindari kebiasaan makan makanan mentah dan belum dikupas atau dicuci
  • Pastikan untuk makan buah dan sayuran mentah jika hanya sudah dicuci

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention, kamu juga bisa mendapatkan vaksin untuk mencegah penularan tipes. Biasanya, ini diperoleh ketika seseorang akan bepergian ke daerah dengan sanitasi buruk.

Bila kamu mengalami demam tinggi yang disertai dengan gangguan pencernaan setelah mengonsumsi jajanan, segera konsultasi dengan dokter. Supaya lebih mudah, kamu bisa konsultasi lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

Sebenarnya kamu juga bisa mencegah penyakit tipes dengan melakukan vaksin demam tifoid. Sekarang, sudah ada vaksin khusus untuk menangkal bakteri Salmonella typhi penyebab tipes, yaitu vaksin Typhim Vi dari Kalventis.

Vaksin Typhim Vi bisa diberikan dari usia anak-anak, yakni di atas 2 tahun. Tentu orang dewasa dan lansia juga bisa mendapatkan vaksin ini. Kamu bisa melakukan vaksin setiap 3 tahun sekali untuk perlindungan yang maksimal terhadap penyakit tipes.

Tertarik untuk melakukan vaksin tipes? Kamu dapat dengan mudah booking layanan vaksinasi di KlikDokter. Di aplikasi KlikDokter, kamu juga bisa memilih fasilitas kesehatan terdekat yang tersedia vaksin tipes. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang!

Yuk, #JagaSehatmu selalu!

(NM)

salmonellabakteritifusKulinerTifoidTipes

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter