Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaanAir Kelapa untuk Penderita Asam Lambung, Baik atau Buruk?
Pencernaan

Air Kelapa untuk Penderita Asam Lambung, Baik atau Buruk?

Endah Murniaseh, 25 Feb 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Di balik rasa yang segar, air kelapa konon bisa bermanfaat untuk penyakit asam lambung. Benarkah? Cek pendapat medis terkait air kelapa untuk asam lambung di sini!

Air Kelapa untuk Penderita Asam Lambung, Baik atau Buruk?

Air kelapa muda merupakan salah satu minuman yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Memiliki rasa yang segar, tidak heran jika jenis asupan alami ini sering dimanfaatkan untuk menghilangkan dahaga.

Di balik itu, air kelapa juga telah terbukti mengandung banyak manfaat sehat. Salah satu manfaat yang bisa diberikannya, yaitu dapat mengendalikan penyakit asam lambung.

Beberapa orang percaya, mengonsumsi air kelapa secara rutin merupakan langkah yang tepat untuk mencegah kekambuhan penyakit asam lambung.

Lantas, apakah medis setuju dengan hal tersebut? Yuk, cari tahu fakta terkait khasiat air kelapa untuk asam lambung.

Air Kelapa, Benarkah Bisa Meredakan Penyakit Asam Lambung?

Air kelapa dikenal sebagai minuman sehat yang bercita rasa asin dan manis. Asupan alami ini mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan dengan jus buah. 

Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin, karbohidrat, mangan, potasium, sodium, dan magnesium yang dapat membantu pemulihan tubuh setelah berolahraga.

Artikel Lainnya: Jenis Buah untuk Mengobati Mag Kronis

Terkait khasiat air kelapa untuk asam lambung, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan bahwa asupan alami tersebut memang dapat membantu mencegah kekambuhan gejala.

“Air kelapa termasuk cairan alkali yang bisa mengurangi asam lambung dan menjaga pH (keasaman) tubuh agar tetap stabil,” ucap dr. M. Iqbal.

“Selain itu, air kelapa juga merupakan sumber elektrolit yang baik untuk memperbaiki kondisi tubuh akibat penyakit asam lambung dan masalah pencernaan lainnya,” sambungnya.

Lebih dari itu, minuman alami ini juga dapat membantu tubuh menghasilkan lendir dalam perut sehingga mencegahnya memproduksi asam berlebih. 

Air kelapa juga bisa ‘mendinginkan’ lapisan perut, yang kemudian mengurangi sensasi terbakar saat penyakit asam lambung kambuh.

Artikel Lainnya: 5 Minuman yang Aman bagi Penderita GERD

Konsumsinya Tetap Perlu Dibatasi

Air kelapa untuk penderita asam lambung bisa dikonsumsi sebanyak 1 gelas, 30 menit setelah makan. Anda harus mengonsumsi secara rutin, selama kira-kira 2–3 bulan.

Agar lebih optimal mencegah kekambuhan gejala penyakit asam lambung, konsumsi air kepala tetap perlu dibarengi dengan pola makan sehat dan seimbang.

Tak cukup hanya dengan itu, Anda pun perlu membatasi porsi konsumsi air kelapa agar tidak berlebihan.

Sebab, cairan alami tersebut mengandung kalium yang berpotensi memicu hipokalemia atau tingginya kalsium dalam darah apabila dikonsumsi terlalu banyak. 

Di dalam air kelapa juga terdapat kandungan potasium. Apabila penderita penyakit ginjal kronis yang minum obat ACE inhibitor mengonsumsinya terlalu banyak, senyawa tersebut bisa memperburuk kondisi kesehatannya.

Apabila punya alergi dengan air kelapa, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya sama sekali. Bukannya menyehatkan, konsumsi air kelapa pada orang yang alergi malah bisa menyebabkan efek samping merugikan.

Satu hal yang perlu ditegaskan, manfaat air kelapa untuk asam lambung mungkin akan dirasakan berbeda pada setiap orang. Selain itu, bahan alami tersebut pun tidak bisa menggantikan obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Apabila Anda adalah penderita penyakit asam lambung yang cukup parah, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi air kelapa. 

Anda bisa berkonsultasi kepada dokter dengan berkunjung langsung ke klinik, atau memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam dan aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Food Faq. Diakses 2022. Is Coconut Water Good For Acid Reflux?

The Health Site. Diakses 2022. Drink Some Coconut Water

Verywell Fit. Diakses 2022. 7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water

Parade. Diakses 2022. Yes, Coconut Water Will Keep You Hydrated—But It Comes With 7 Other Awesome Benefits, Too

Ditinjau oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

pencernaanAir KelapaPenyakit Asam Lambung

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter