HomeInfo SehatKulitManfaat Klorofil untuk Mengatasi Jerawat
Kulit

Manfaat Klorofil untuk Mengatasi Jerawat

dr. Arina Heidyana, 05 Agu 2022

Benarkah kandungan antibakteri klorofil efektif mengatasi jerawat pada wajah? Ini kata dokter mengenai manfaat klorofil tersebut.

Manfaat Klorofil untuk Mengatasi Jerawat

Minuman klorofil sempat menjadi tren untuk meningkatkan kesehatan. Klorofil adalah zat yang membuat tanaman menjadi berwarna hijau. Di dalam klorofil terdapat vitamin dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh kita. 

Tak hanya mengandung zat bernutrisi, klorofil juga dipercaya dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Namun, apakah klorofil untuk jerawat sudah terbukti khasiatnya?

Manfaat Klorofil untuk Mengatasi Jerawat

Klorofil dapat bertindak sebagai antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan. Kemampuan ini dinilai dapat berguna untuk mengobati berbagai macam jenis permasalahan kulit akibat peradangan, salah satunya jerawat.

Beberapa penelitian pun sudah cukup banyak meneliti manfaat klorofil untuk jerawat dan masalah kulit lainnya.

Riset dalam Journal of Drugs in Dermatology meneliti para partisipan dengan jerawat ringan-sedang yang diberikan gel oles mengandung klorofil. Hasilnya, penampilan kulit mereka secara keseluruhan menjadi lebih baik. 

Artikel lainnya: Manfaat Klorofil bagi Kesehatan

Sementara, penelitian lain dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology juga menjelaskan bahwa klorofil baik untuk mengatasi jerawat. Tak hanya itu, gel kulit mengandung klorofil juga punya pengaruh besar dalam mengatasi penuaan dini.

Ketika digunakan dalam terapi fotodinamik untuk mengatasi jerawat, klorofil dinilai mampu menurunkan lesi jerawat secara signifikan.

Sebanyak 24 subjek penelitian dengan jerawat di kedua sisi wajah diberikan gel oles mengandung klorofil. Setengah wajah dioleskan gel klorofil dan terapi fotodinamik, dan setengahnya lagi hanya diberikan fotodinamik.

Dalam waktu empat minggu, wajah yang dioleskan klorofil dan terapi fotodinamik mengalami pengurangan signifikan pada lesi jerawat dan aktivitas sebum, dibandingkan sisi wajah yang hanya diberikan fotodinamik.

Cara Menggunakan Klorofil untuk Jerawat

Dari beberapa hasil penelitian di atas, manfaat klorofil untuk jerawat cukup menjanjikan, ya. Kamu yang lagi pusing memikirkan bagaimana cara mengatasi jerawat dapat mencoba klorofil sebagai salah satu pilihan obat jerawat.

Kamu bisa menggunakan cairan klorofil sebagai masker wajah. Berikut ini caranya:

  • Gunakan 1-2 sendok cairan klorofil, oleskan ke wajah secara menyeluruh dengan sedikit pijatan halus 
  • Diamkan 15-30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih
  • Sebagai pilihan lain, coba campur cairan klorofil dengan minyak zaitun atau madu dan oleskan ke wajah 

Selain melembapkan kulit, manfaat minyak zaitun untuk kulit diklaim dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Sementara, madu juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Artikel lainnya: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

Namun, kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya berhati-hati saat ingin menggunakan klorofil di wajah. 

Jangan langsung mengoleskannya ke muka, tapi oleskan sedikit dulu ke tangan untuk melihat adakah reaksi yang muncul. Karena, risiko iritasi berupa keluhan gatal atau perih juga bisa terjadi.

Jika ingin menggunakan klorofil untuk jerawat, pastikan produk yang kamu gunakan sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu lebih baik untuk memastikan apakah kamu cocok menggunakan klorofil untuk jerawat. Agar lebih optimal, tetap gunakan obat jerawat dari dokter, rajin merawat kulit wajah, dan lakukan pola hidup sehat!

Dapatkan tips mengatasi jerawat yang ampuh lainnya di aplikasi KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu.

(FR/JKT)

Referensi:

Journal of Drugs in Dermatology. Diakses 2022. Pilot Study of Topical Copper Chlorophyllin Complex in Subjects With Facial Acne and Large Pores.

Dermatologic Surgery. Diakses 2022. Photodynamic therapy using chlorophyll-a in the treatment of acne vulgaris: A randomized, single-blind, split-face study.

Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Diakses 2022. Efficacy and Tolerability of an Acne Treatment Regimen with Antiaging Benefits in Adult Women.

Artikel Terkait

Lihat Semua
Dermatilomania, Kondisi Sulit Berhenti Mengelupasi Kulit Sendiri

Dermatilomania, Kondisi Sulit Berhenti Mengelupasi Kulit Sendiri

Kulit17 Agu 2022

Dermatilomania adalah kelainan psikologis yang ditandai dengan kebiasaan mengelupasi kulit. Mari kenali lebih jauh seputar penyakit ini.

Tanda Penyakit Ini Bisa Dilihat Lewat Kuku

Tanda Penyakit Ini Bisa Dilihat Lewat Kuku

Kulit16 Agu 2022

Tahukah kamu kuku bisa jadi cerminan kesehatan? Keberadaan penyakit bisa dilihat dari kondisi kuku. Simak 13 ciri kuku tidak sehat yang bisa jadi tanda penyakit.

Awas, Panu yang Tidak Diobati Bisa Menyebabkan Komplikasi!

Awas, Panu yang Tidak Diobati Bisa Menyebabkan Komplikasi!

Kulit12 Agu 2022

Waspadalah terhadap kemunculan panu. Kamu harus segera mengobatinya. Penyakit ini bisa saja meluas ke seluruh tubuh dan menimbulkan efek samping lainnya.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert