HomeInfo SehatKulitKonsumsi Sayuran Pengaruhi Warna Kulit, Ini Faktanya
Kulit

Konsumsi Sayuran Pengaruhi Warna Kulit, Ini Faktanya

Zahra Aminati, 07 Agu 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Nyatanya, konsumsi sayur dan warna kulit saling berkaitan. Apa sajakah manfaat sayur untuk kulit? Simak di sini.

Konsumsi Sayuran Pengaruhi Warna Kulit, Ini Faktanya

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, sayuran juga bermanfaat untuk memperbaiki warna kulit. Dengan rutin makan sayur, kulit bisa terbantu agar lebih cantik dan sehat.

Sayuran biasanya mengandung antioksidan, vitamin C, E, dan A, beta-karoten, flavonoid, dan masih banyak lagi. Banyak penelitian membuktikannya kaitan konsumsi sayur pada kesehatan kulit. 

Beberapa sayuran juga dikatakan bisa merevitalisasi kulit dan melindungi dari melanoma. Menurut dr. Devia Irine Putri, kebiasaan makan sayur bisa membuat warna kulit lebih sehat dan tampak glowing

“Sayuran yang kaya antioksidan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Kulit tampak lebih elastis dan lembap, serta segar, awet muda, dan glowing,” jelasnya. 

Artikel lainnya: Ini 9 Hal yang Terjadi pada Tubuh akibat Kurang Makan Sayur

Mengutip Medical News Today, penelitian yang melibatkan 35 peserta dalam 6 minggu menemukan, makan sayur dan buah lebih banyak akan memberikan dampak positif pada kulit. 

Berikut ini manfaat sayuran pada warna kulit:

1. Karotenoid Bikin Kulit Glowing

Penelitian telah menemukan, makan lebih banyak buah dan sayuran dapat mengubah warna kulit dan memberikan kilauan yang sehat. Semua itu karena kandungan karotenoid di dalam sayuran. 

Karotenoid merupakan pigmen oranye-merah yang ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran, seperti wortel, aprikot, jeruk, mangga, dan bayam merah. 

2. Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah dan Bersinar

Studi menemukan, orang yang makan banyak buah dan sayuran menunjukkan perubahan warna kulit yang lebih baik. Kulitnya terlihat menjadi glowing dan sehat. 

Sebaliknya, orang yang makan sayur lebih sedikit atau tidak makan sama sekali menunjukkan penurunan warna kulit. 

3. Membuat Kilau Kulit Lebih Baik dari Hasil Tanning

Sebuah studi menemukan, konsumsi sayuran menghasilkan pancaran kulit sehat yang lebih cantik dibanding proses tanning atau pewarnaan melanin (pigmen pemberi warna kulit).

Peneliti melakukan 3 eksperimen dengan meminta partisipan untuk menilai mana yang lebih baik antara glowing karena sayuran atau tanning. Ketiga hasil menunjukkan, antara 75 dan 86 persen menilai wajah glowing karena sayuran lebih menarik. 

Artikel lainnya: Mengonsumsi Sayuran Hijau Bikin Otak Lebih Sehat, Lho!

4. Warna Kulit Sehat, Tanda Kesehatan Tubuh Baik

Tak bisa dimungkiri, kondisi kesehatan tubuh yang baik terkadang dapat terpancar melalui warna kulit yang bersinar dan cantik. Maka dari itu, konsumsi sayuran sangat berpengaruh pada kesehatan kulit dan tubuh.

5. Membantu Perbaiki Warna Kulit

Para peneliti mengatakan, makan 2 porsi ekstra sayur dan buah dalam sehari dapat memicu perubahan warna kulit yang lebih baik dalam 6 minggu. 

Meskipun warna kulit bervariasi, orang yang makan sayuran dan buah dalam jumlah banyak cenderung memiliki warna kulit lebih sehat dan cantik. 

Itulah beberapa kaitan antara konsumsi sayuran dengan warna kulit. Kalau mau kulit glowing dan sehat, jaga kesehatannya dengan sering mengonsumsi sayuran kaya antioksidan. 

Konsultasi seputar kesehatan kulit kini lebih cepat dan mudah lewat Live Chat dokter kulit.

(FR/JKT)

SayurkulitKecantikan

Konsultasi Dokter Terkait