HomeInfo SehatKulitHati-Hati, Ini Kebiasaan yang Salah Saat Pakai Moisturizer
Kulit

Hati-Hati, Ini Kebiasaan yang Salah Saat Pakai Moisturizer

dr. Adeline Jaclyn, 14 Jul 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pakai pelembap atau moisturizer sangat penting bagi kulit. Namun, banyak kesalahan yang sering terjadi saat memakainya. Apa sajakah itu?

Hati-Hati, Ini Kebiasaan yang Salah Saat Pakai Moisturizer

Salah satu cara merawat kulit adalah dengan menggunakan pelembap atau moisturizer. Pelembap punya manfaat penting bagi kulit dalam tahapan pemakaian skincare

Moisturizer memiliki manfaat yang baik,  seperti menjaga kelembapan kulit, sebagai antiaging, membantu menutrisi kulit, serta menjaga barrier kulit.

Sayangnya, tidak sedikit orang melakukan kesalahan saat menggunakan moisturizer. Di bawah ini sederet kesalahan pemakaian moisturizer yang perlu kamu tahu.

1. Hanya Pakai Satu Pelembap untuk Seluruh Bagian Tubuh

Ilustrasi Seorang Wanita Sedang Memakai Pelembab

Kamu harus tahu bahwa karakter kulit setiap bagian tubuh berbeda.  Jadi, perawatannya tidak bisa disamaratakan, termasuk dalam mengoleskan moisturizer.

Maka itu, kamu tidak bisa menggunakan satu pelembap untuk semua bagian tubuh. Penting untuk membedakan moisturizer yang digunakan untuk bagian wajah dan tubuh.

Artikel Lainnya: Kenali Perbedaan Skincare Moisturizing dan Hydrating untuk Kulit Wajah!

2. Tidak Memilih Moisturizer Sesuai dengan Jenis Kulit

Kesalahan memakai moisturizer berikutnya adalah tidak memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Karenanya, pastikan kamu mengetahui jenis kulit wajah sebelum pakai pelembap, ya! 

Untuk kulit kering, pilih moisturizer berbahan dasar minyak. Sementara itu, untuk pemilik kulit berminyak, pilih pelembap berbahan dasar air.

Sedangkan untuk orang dengan kulit sensitif, pilih moisturizer yang mengandung bahan-bahan menenangkan dan tidak keras bagi kulit, seperti lidah buaya. 

3. Moisturizer Hanya Digunakan di Wajah

Ilustrasi Moisturizer

Banyak orang menggunakan moisturizer hanya untuk bagian wajah saja. Padahal, moisturizer juga perlu digunakan ke area leher. Terlebih, tanda penuaan berupa kerutan bisa terlihat jelas di leher. 

Maka itu, jika menggunakan krim antiaging khusus untuk leher, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap ke bagian tersebut.

Jika tidak, wajah kamu akan mulus dan cantik namun kulit leher dan dada terlihat keriput.

Artikel Lainnya: Pakai Masker Seharian, Ini Pentingnya Pelembap untuk Wajah

4. Moisturizer Hanya Dipakai Saat Kulit Sedang Kering

Kesalahan pemakaian moisturizer lainnya adalah hanya digunakan saat kulit kering. Padahal, kulit akan menyerap kelembapan secara optimal dalam keadaan lembap.

Oleh karena itu, American Academy of Dermatology merekomendasikan moisturizer digunakan setelah mandi agar kelembapan kulit bisa lebih maksimal.

5. Kulit Berminyak Tak Perlu Pakai Moisturizer

Sebagian orang dengan kulit berminyak berpikir tak memerlukan pelembap. Padahal, anggapan itu kurang tepat.

Saat menggunakan sabun pembersih yang tidak melembapkan kulit, wajah akan memproduksi minyak berlebih guna mengisi kelembapan yang hilang.

Oleh karena itu, pemilik kulit berminyak harus tetap menggunakan pelembap sesuai jenis kulit, yakni yang berbahan dasar air.

6. Tidak Mengoleskan ke Wajah secara Lembut

Ilustrasi Wajah Seorang Wanita

Jangan mengaplikasikan pelembap ke wajah dengan cara menepuk atau menggosok kulit. Sebab, hal itu dapat menarik, merusak, serta menyebabkan kerutan di kulit.

Sebaiknya, oleskan moisturizer secara lembut dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari. Untuk bagian mata, oleskan pelembap menggunakan jari manis secara perlahan dan lembut.

Artikel Lainnya: Benarkah Puasa Skin Care atau Skin Fasting Bermanfaat untuk Kulit?

7. Lupa Melakukan Tes Patch

Kesalahan lain saat memilih dan memakai moisturizer adalah lupa melakukan tes patch jika kamu menggunakan produk baru. Melakukan tes patch sangat penting untuk mengetahui kecocokan kulit kamu dengan moisturizer.

Jika terjadi alergi atau iritasi, kamu bisa menghentikan penggunaan produk tersebut.

8. Moisturizer Digunakan Hanya Sekali Sehari

Menurut penelitian, moisturizer bertahan hanya sekitar 50 persen pada permukaan kulit  setelah 8 jam penggunaan. Karena itu, direkomendasikan pelembap digunakan ulang sebanyak 1-3 kali sehari. 

Lalu, moisturizer bisa dipakai kapan saja? Selain pagi dan siang hari, moisturizer juga bisa digunakan pada malam hari, lho.

Penggunaan pelembap pada malam hari bermanfaat menghidrasi kulit dan memperbaiki kerusakan kulit pada siang hari.

Itu dia beberapa kesalahan memakai moisturizer yang harus dihindari. Gunakan pelembap sebagaimana mestinya agar manfaat yang kamu peroleh maksimal.

Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai perawatan kulit lainnya dengan dokter spesialis kulit kami melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter.

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan secara umum.

(ADT/JKT)

SkincarePelembab

Konsultasi Dokter Terkait