HomeInfo SehatKulitCara Tepat Memilih Krim Pemutih Wajah
Kulit

Cara Tepat Memilih Krim Pemutih Wajah

dr. Nadia Octavia, 30 Agu 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Agar hasilnya maksimal, perhatikan ini dalam memilih krim pemutih wajah.

Cara Tepat Memilih Krim Pemutih Wajah

Cantik kerap diartikan sebagai kulit wajah yang putih dan berseri. Karena itu, hampir setiap wanita berlomba menggunakan krim pemutih wajah, agar kulitnya terlihat demikian.

Pada dasarnya, pemutih wajah bekerja dengan cara memperlambat atau menghambat produksi melanin di lapisan kulit. Melanin itu sendiri merupakan pigmen yand diproduksi oleh sel melanosit, dan berperan sebagai pertahanan alami kulit terhadap pengaruh buruk sinar ultraviolet.

Memilih yang Tepat

Nah, bagi Anda yang ingin tampil cantik bak artis Korea, perhatikan ini saat saat memilih dan menggunakan pemutih wajah:

  • Kandungan produk. Hindari menggunakan sembarang krim tanpa mengetahui pasti kandungannya. Penggunaan krim pemutih wajah yang mengandung hidrokuinon membutuhkan pengawasan dokter.
  • Berbahan alami. Anda dianjurkan untuk memilih krim pemutih wajah yang mengandung bahan alami, seperti arbutin, mulberry extract, kojic acid, licorice extract atau vitamin C.
  • Hindari krim yang mengandung merkuri. Paparan merkuri dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan sistem saraf. Istilah lain yang digunakan untuk menyebut bahan berbahaya ini adalah mercury, mercurous chloride, mercuric, mercurio, atau calomel.
  • Sesuai jenis kulit. Jika kulit Anda sensitif atau mudah iritasi, sebaiknya pilih krim yang berlabel hipoalergenik dan bebas alkohol. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, pilihlah krim pemutih wajah berbahan dasar air (water based), dan tidak bertekstur lengket.
  • Gunakan tabir surya. Selain pemutih wajah, gunakan pula tabir surya setiap hari. Karena penggunaan krim tertentu dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Hindari mengunakan sembarang krim pemutih yang mengaku bisa memberikan hasil instan. Karena itu, Anda dianjurkan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum membeli krim pemutih wajah.

(NB)

 

kulitwajahKrim pemutih wajah

Konsultasi Dokter Terkait