HomeInfo SehatKulit8 Produk Perawatan Bayi yang Bisa Dipakai Orang Dewasa
Kulit

8 Produk Perawatan Bayi yang Bisa Dipakai Orang Dewasa

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 26 Okt 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Dipercaya aman untuk segala jenis kulit, menjadikan produk perawatan kulit bayi banyak dipakai orang dewasa. Bagaimana fakta medisnya?

8 Produk Perawatan Bayi yang Bisa Dipakai Orang Dewasa

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif dan rentan iritasi. Itu sebabnya, produk perawatan kulit bayi memiliki formula khusus yang berbeda dengan produk perawatan kulit orang dewasa. 

Umumnya, produk perawatan kulit bayi bebas dari bahan kimia yang berat, wewangian berlebih, alkohol, maupun pewarna. Karenanya, banyak yang beranggapan bahwa produk bayi cukup aman digunakan untuk orang dewasa

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya keliru. Kulit bayi relatif sensitif karena faktor natural moisturizing factor (NMF) alias pelembap alaminya lebih rendah. Lapisan kulit bayi juga masih tipis dan kulitnya belum terkena paparan faktor eksternal, seperti debu dan polusi. 

Sementara kulit dan tubuh orang dewasa sudah terkena debu, polusi, dan sinar matahari. Kondisi kulit orang dewasa juga dipengaruhi oleh hormon dan produksi sebum (minyak) di kelenjar kulit. Oleh karena itu, masalah kulit yang dialami orang dewasa relatif lebih banyak dan berat daripada bayi.

Artikel lainnya: Perhatikan Ini Saat Memilih Produk Perawatan Kulit si Kecil

Masalah kulit yang dialami orang dewasa mungkin tidak akan tertangani dengan tuntas jika hanya mengandalkan produk khusus untuk bayi. Contohnya kulit kepala kamu yang kotor terkena debu usai beraktivitas di luar ruangan tidak bisa dibersihkan pakai sampo bayi. 

Meski begitu, bukan berarti orang dewasa harus menjauhi produk perawatan kulit bayi, ya. Beberapa produk bayi di bawah ini bisa kamu tambahkan ke dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

1. Baby Oil

Baby Oil Membantu Membasmi Kutu Rambut

Baby oil termasuk salah satu produk bayi yang memiliki beragam fungsi. Kamu bisa menggunakannya untuk memijat. Baby oil bisa bikin kulit kamu lebih halus dan lembap.

Baby oil juga ampuh untuk membersihkan riasan, bahkan bila kamu menggunakan produk kosmetik yang tahan air (waterproof). Cukup teteskan baby oil di atas kapas, lalu usapkan di area sekitar mata, bibir, dan seluruh wajah. Riasan akan terangkat tanpa ada efek iritasi, seperti ketika kamu menggunakan pembersih kosmetik yang mengandung alkohol. 

Artikel lainnya: Tips Pakai Skincare untuk Bayi Usia 0 hingga 12 Bulan

2. Baby Lotion 

Apakah baby lotion bisa digunakan untuk wajah orang dewasa? Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan kondisi kulit kamu. Agar hasilnya lebih efektif, sebaiknya gunakan pelembap khusus untuk jenis kulitmu. 

Meski begitu, kamu tetap boleh memakai losion bayi sebagai hand cream, karena teksturnya yang tidak lengket. 

3. Baby Cream 

Baby cream untuk orang dewasa memang tidak cocok untuk diusapkan ke seluruh tubuh. Namun, produk ini masih bisa kamu aplikasikan pada bagian tubuh yang sangat kering, seperti siku dan lutut. 

Apabila kamu punya kulit sensitif, krim bayi dapat digunakan di atas kulit yang iritasi. Umumnya, krim bayi memiliki efek menenangkan dan lebih ringan dibandingkan krim pelembap orang dewasa. 

Artikel lainnya: Begini Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

4. Tabir Surya untuk Bayi 

Beberapa orang dewasa relatif lebih sensitif terhadap tabir surya, khususnya chemical sunscreen. Jika kamu salah satunya, gunakan tabir surya bayi untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

Umumnya, tabir surya bayi relatif lebih aman untuk kulit yang sensitif. 

5. Sabun Bayi 

Tips Memilih Sabun Mandi untuk Anak (learesphoto/Shutterstock)

Sabun bayi memang kurang bisa mengangkat seluruh kotoran di kulit. Meski begitu, kamu tetap bisa menggunakannya. 

Sabun bayi umumnya tidak mengandung pewarna, pewangi berlebih, ataupun alkohol. Sabun bayi juga menghasilkan busa yang sedikit. Hal ini membuat sabun bayi dapat menjaga kelembapan kulit, terutama bila kulit kamu kering atau sensitif. 

Artikel lainnya: Tips Memandikan Bayi Berkulit Sensitif

6. Diaper Cream 

Krim bayi untuk masalah kulit tertentu, seperti diaper cream atau healing cream boleh digunakan untuk kulit orang dewasa yang mengalami iritasi, kering, maupun dermatitis.

7. Tisu Basah Bayi 

Tisu basah bayi biasanya digunakan untuk membersihkan wajah, jari tangan, dan kaki bayi. Produk bayi untuk orang dewasa ini juga boleh digunakan untuk membersihkan wajah dan area sensitif, seperti di sekitar mata kamu. 

8. Petroleum Jelly 

Petroleum jelly adalah produk yang biasanya digunakan untuk mencegah ruam popok pada bayi. Teksturnya sangat padat dan sedikit lengket. 

Petroleum jelly termasuk ke dalam produk multifungsi. Kamu bisa mengoleskan petroleum jelly ke bagian kulit yang kering, seperti bibir, siku, lutut, dan tumit. 

Lupa menggunakan lipbalm? Oleskan saja sedikit petroleum jelly di bibir yang kering, maka bibir kamu akan tetap lembap sepanjang hari. 

Artikel lainnya: Kulit Sensitif Picu Eksim pada Bayi, Bisakah Dicegah?

Kulit sebaiknya dirawat menggunakan produk sesuai dengan usia dan kondisi kulit setiap orang. Meski begitu, beberapa produk bayi tetap bisa digunakan untuk orang dewasa, selama kamu mengetahui fungsinya.

#JagaSehatmu dengan berkonsultasi bersama dokter spesialis kulit untuk tahu produk perawatan yang aman sesuai kondisi kulitmu. Lebih praktis, pakai layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter aja!

(ADT/JKT)

dermatitis

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter