HomeInfo SehatKulit5 Tips Mencegah Cantengan
Kulit

5 Tips Mencegah Cantengan

Tim Redaksi KlikDokter, 31 Okt 2013

Cantengan atau dalam dunia medis disebut dengan paronikia merupakan infeksi bakteri pada daerah kuku dan sekitarnya yang menyebabkan bengkak, nyeri, nanah, kerusakan kuku dan peradangan.

5 Tips Mencegah Cantengan

Oleh: dr. Jessica Florencia

KLIKDOKTER.com - Cantengan atau dalam dunia medis disebut dengan paronikia merupakan infeksi bakteri pada daerah kuku dan sekitarnya yang menyebabkan bengkak, nyeri, nanah, kerusakan kuku dan peradangan. Masalah ini dapat sangat mengganggu karena mempengaruhi kenyamanan beraktivitas. Cantengan ini dapat terjadi pada kuku kaki maupun tangan.

Cantengan (paronikia) dapat terjadi secara akut maupun kronik. Paronikia yang akut terjadi karena adanya trauma atau manipulasi berlebihan pada daerah kuku dan sekitarnya seperti menggigiti kuku, perawatan manikur yang salah, penggunaan kuku  palsu, atau menggunting kuku terlalu dalam. Sedangkan paronikia kronik merupakan paronikia yang terjadi selama 6 minggu atau lebih dan seringkali terjadi  setelah terpapar air atau lingkungan yang lembab. Terkadang juga hal ini terjadi pada mereka yang memiliki penyakit seperti diabetes, obesitas, hiperhidrosis (tangan yang terlalu berkeringat), sistem imun yang buruk, kelainan hormon, dan konsumsi obat-obat yang menekan sistem imun.

Beberapa tips pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Gunakan alas kaki yang melindungi dan nyaman.
  2. Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit ukurannya atau yang ujungnya terlau sempit.
  3. Jangan berlebihan menggunting kuku tangan maupun kaki. Sebaiknya kuku digunting tidak terlalu dalam, dan jangan sampai terlalu melengkung. Akan lebih baik jika kuku digunting mendatar.
  4. Jangan biarkan kuku terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Rawatlah kuku dengan baik dan pastikan panjangnya normal dan cukup melindungi.
  5. Bersihkan kaki secara rutin, dan jagalah senantiasa kering. Jika bekerja di daerah yang mengharuskan kaki atau tangan menjadi basah, gunakanlah alat pelindung, misalkan: sarung tangan atau sepatu bot pada pekerja cuci.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

Source:

  • Bilingsley EM, James WD, et al. Dermatologic Manifestations of Paronychia. Medscape Reference; 2013.
  • Mayo Clinic [http://www.mayoclinic.com/]. Mayo Foundation for Medical Education and Research. [updated 2011 Mar 17; cited 2013 May 3]. Available from: http://www.mayoclinic.com/health/ingrown-toenails/DS00111

Artikel Terkait:

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua
Dermatilomania, Kondisi Sulit Berhenti Mengelupasi Kulit Sendiri

Dermatilomania, Kondisi Sulit Berhenti Mengelupasi Kulit Sendiri

Kulit17 Agu 2022

Dermatilomania adalah kelainan psikologis yang ditandai dengan kebiasaan mengelupasi kulit. Mari kenali lebih jauh seputar penyakit ini.

Tanda Penyakit Ini Bisa Dilihat Lewat Kuku

Tanda Penyakit Ini Bisa Dilihat Lewat Kuku

Kulit16 Agu 2022

Tahukah kamu kuku bisa jadi cerminan kesehatan? Keberadaan penyakit bisa dilihat dari kondisi kuku. Simak 13 ciri kuku tidak sehat yang bisa jadi tanda penyakit.

Awas, Panu yang Tidak Diobati Bisa Menyebabkan Komplikasi!

Awas, Panu yang Tidak Diobati Bisa Menyebabkan Komplikasi!

Kulit12 Agu 2022

Waspadalah terhadap kemunculan panu. Kamu harus segera mengobatinya. Penyakit ini bisa saja meluas ke seluruh tubuh dan menimbulkan efek samping lainnya.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert