Kesehatan Umum

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Vaksin Flu

Nimas Mita Etika, 16 Feb 2024

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Manfaat utama vaksin flu tentu saja mencegah infeksi influenza. Tapi, ada juga manfaatnya bagi orang lain. Apa saja? Siapa yang harus menerimanya?

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Vaksin Flu

Influenza merupakan penyakit umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Penyakit menular ini biasanya ditandai dengan gejala demam, batuk, nyeri tenggorokan, produksi lendir hidung bertambah, dan sakit kepala.

Sebagian orang yang mengalami flu mungkin akan bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, beberapa orang lain mungkin mengalami gejala yang semakin parah. Untuk mencegah kondisi tersebut, Kamu bisa mendapatkan vaksin flu.

Apa Itu Vaksin Influenza?

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), vaksin influenza adalah vaksin yang dapat melindungi tubuh dari virus influenza penyebab penyakit flu.

Bagi sebagian orang, influenza alias flu merupakan kondisi yang tidak menyenangkan. Flu bisa menimbulkan komplikasi, seperti pneumonia, sinusitis, infeksi telinga, bahkan memicu serangan jantung dan stroke.

Sehingga, orang dewasa yang memiliki masalah kesehatan tertentu, flu dapat menjadi berbahaya dan mengancam jiwa.

Oleh karenanya, vaksin influenza merupakan pilihan yang tepat untuk mencegah terjadinya penyakit flu yang berbahaya.

Jenis Vaksin Influenza

Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis vaksin flu yang bisa Kamu dapatkan, yakni: 

1. Vaksin influenza trivalent

vaksin yang melindungi tubuh dari 3 jenis virus flu, yaitu 2 virus influenza A dan 1 virus influenza B. Biasanya diberikan pada seseorang yang berusia 5 tahun ke atas.

2. Vaksin influenza quadrivalent

vaksin yang melindungi tubuh dari 4 jenis virus flu, yakni 2 virus influenza A dan 2 virus influenza B. Jenis vaksin ini diberikan untuk usia 6 bulan ke atas.

Manfaat Mendapatkan Vaksin Influenza

Manfaat Mendapatkan Vaksin Influenza

Manfaat utama vaksinasi influenza tentu saja sebagai pencegahan flu. Manfaat vaksin influenza ini bahkan bisa dirasakan oleh orang yang mendapatkannya, orang di sekitar yang tidak bisa mendapat vaksin, mulai dari anak, dewasa, hingga lansia.

Mengutip CDC, berikut ini adalah beberapa manfaat vaksin influenza yang bisa Kamu dapatkan:

1. Mencegah flu

Vaksin flu bertugas untuk membentuk antibodi di dalam tubuh. Jadi, jika suatu saat tubuh terekspos dengan jenis virus sesuai vaksinnya, tubuh akan mengenali dan melakukan perlawanan.

2. Meringankan gejala dan menurunkan tingkat keparahannya

Sudah mendapatkan vaksin flu, bukan berarti Kamu akan terbebas 100% dari flu. Akan tetapi, kalau Kamu terkena flu dan sudah vaksin, risiko gejalanya berat lebih kecil.

Tingkat keparahannya juga mungkin berkurang. Jadi, Kamu terhindar pula dari risiko komplikasi flu.

3. Menurunkan risiko rawat inap

Manfaat vaksin influenza yang lain adalah menurunkan risiko rawat inap. Hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya, yang menyebutkan vaksin flu bisa menurunkan keparahan penyakit. Selain itu, kalaupun dirawat durasinya bisa lebih sebentar.

4. Membantu mencegah perburukan penyakit kronis

Salah satu manfaat vaksin flu bagi orang dewasa adalah mencegah perburukan kondisi penyakit kronis yang dimiliki, seperti penyakit jantung, diabetes, dan PPOK.

Mengutip JAMA, mendapatkan vaksin flu dapat menurunkan risiko kejadian serangan jantung pada pemilik sakit jantung.

5. Mencegah ibu hamil dan anak yang dilahirkan terserang flu

Nyatanya, manfaat vaksin influenza untuk ibu hamil tidak hanya berguna bagi ibu hamil itu sendiri.

Sebuah penelitian menyebutkan, mendapatkan vaksin flu saat hamil bisa membantu mencegah bayi kena flu pada bulan-bulan awal kelahirannya.

Sebab, anak di bawah umur 6 bulan masih terlalu dini untuk menerima vaksin flu.

6. Menjaga kesehatan anak

Anak adalah salah satu kelompok umur yang rentan kena flu. Sebab, sistem imunnya masih dalam perkembangan.

Mendapatkan vaksin flu membuat anak lebih tidak mudah sakit. Selain itu, bisa mengurangi risiko flu yang mengancam nyawa pada anak.

7. Melindungi orang di sekitar

Beberapa orang tidak bisa mendapatkan vaksin karena alasan tertentu. Tapi, kalau kita mendapatkan vaksin flu, manfaatnya juga bisa dirasakan orang di sekitar kita yang jadi kelompok rentan.

Sebab, daya tahan tubuh yang kuat bisa membantu kita mencegah “membawa” virus yang dapat ditularkan.

Efektivitas Vaksin Influenza

Efektivitas Vaksin Influenza

Pemberian vaksin flu telah dinyatakan aman dan efektif. Hal ini bertujuan untuk membantu melindungi orang yang berisiko sakit parah akibat flu.

“Vaksin influenza bisa mencegah virus influenza. Isi vaksin ini mengandung 3 jenis virus influenza tidak aktif, yaitu 2 tipe virus influenza A dan 1 tipe virus influenza B,” ujar dr. Dyah Novita Anggraini.

Meski begitu, kalau Kamu bisa mendapatkan vaksin influenza quadrivalent, Kamu akan mendapatkan perlindungan yang lebih luas terhadap jenis virus influenza.

Vaksin kuadrivalen mampu melindungi Kamu dari empat jenis virus flu. Salah satu yang dijual di Indonesia adalah Vaxigrip Tetra.

Vaxigrip Tetra adalah vaksin influenza quadrivalent yang mampu melindungi tubuh dari empat jenis virus flu, yakni strain AH1N1, AH3N2, B Victoria, dan B Yamagata yang memang bersirkulasi di Indonesia.

Siapa pun yang ingin melindungi diri dari influenza bisa mendapatkan vaksin flu. Namun, vaksinasi ini direkomendasikan untuk usia 6 bulan ke atas.

Akan tetapi, berdasarkan buku Stat Pearls Publishing, vaksinasi flu untuk anak paling efektif diberikan pada anak-anak yang berusia lebih dari dua tahun, serta pada orang dewasa yang sehat. Kemanjuran vaksin influenza musiman berkisar antara 10 hingga 60 persen.

Mungkin Kamu tertarik dan penasaran, vaksin influenza untuk dewasa berapa kali? Direkomendasikan oleh Dokter Vita, vaksin influenza bisa didapatkan setiap 1 tahun sekali.

Sebab, setiap tahunnya virus influenza selalu bermutasi sehingga vaksin yang diberikan setiap tahunnya juga akan diperbarui mengikuti jenis mutasi virus walaupun dengan merek yang sama.

Menurut National Health Service UK, waktu terbaik untuk mendapatkan vaksin flu untuk dewasa adalah di awal musim hujan atau saat cuaca dingin, sebelum penyakit flu mulai menyebar.

Artikel lainnya: Mendapatkan Vaksin Flu dan COVID Bersamaan, Bolehkah?

Efek Samping Vaksin Influenza

Sama seperti vaksin pada umumnya, vaksin influenza juga dapat memberikan efek samping setelah disuntikkan ke tubuh. Berikut sejumlah efek samping vaksin flu:

  1. Nyeri ringan di area suntikan
  2. Demam
  3. Mengantuk atau kelelahan

Pada beberapa orang, mungkin efek samping vaksin influenza akan menimbulkan reaksi alergi serta urtikaria atau biduran.

Meski begitu, penting untuk mendapatkan vaksin flu secara rutin. Untuk mengetahui jadwal dan jenis vaksin yang sesuai, Kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Kamu bisa kosultasi dengan dokter menggunakan fitur tanya dokter dan buat janji dokter dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis

Kamu bisa mendapatkan vaksin influenza di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di Layanan Vaksinasi di KlikDokter!

Yuk, #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store dan gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu.

Konsultasi Dokter Terkait