HomeIbu Dan anakKesehatan BayiCara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah, Amankah?
Kesehatan Bayi

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah, Amankah?

Siti Putri Nurmayani, 02 Des 2022

Ditinjau oleh dr. Reza Fahlevi, Sp.A

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sejak lama, bawang merah kerap digunakan sebagai cara mengobati flu pada bayi dengan. Apakah cara ini aman dilakukan?

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah, Amankah?

Saat bayi terserang flu, terkadang beberapa orang tua memanfaatkan bawang merah untuk mengobatinya. Metode pengobatan yang telah dilakukan secara turun-temurun ini dipercaya dapat menyembuhkan gejala flu.

Ada sejumlah cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah, mulai dari ditempel di telapak kaki bayi hingga menaruhnya di dalam ruangan.

Penasaran dengan khasiat bawang merah untuk flu? Mari ketahui jawaban lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Amankah Menggunakan Bawang Merah untuk Mengatasi Flu pada Bayi?

Amankah Menggunakan Bawang Merah untuk Mengatasi Flu pada Bayi?

Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A, meski bawang merah memiliki berbagai khasiat, tetapi belum ada penelitian yang spesifik mengatakan berapa dosis penggunaan bawang merah untuk hidung tersumbat pada bayi.

“Kalau digunakan secara umum seperti penggunaan bumbu masak, itu tidak masalah karena bawang mengandung antioksidan dan zat lainnya. Namun, bukan untuk digunakan sebagai pengobatan yang spesifik seperti pilek,” ungkapnya.

Meski begitu, manfaat bawang merah untuk bayi flu dapat membuat badan si kecil menjadi hangat, sehingga ia akan merasa lebih nyaman.

Pada intinya, penggunaan bawang merah untuk flu bayi hanya sebagai pengobatan pendukung. Bayi yang flu tetap memerlukan perawatan lain.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat

Cara Menggunakan Bawang Merah untuk Mengatasi Flu pada Bayi

Tidak ada salahnya jika Mama dan Papa ingin mencoba metode yang satu ini. Berikut cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan bawang merah:

1. Menaruh Bawang di Ruangan

Meletakkan beberapa potong bawang merah di ruangan dipercaya dapat menyerap bakteri dan virus dari tubuh orang yang sakit.

Saat sakit, bakteri dan virus mungkin masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak di dalamnya. Kemudian, tubuh akan melepaskan antibodi untuk mencoba melawan serangan virus dan bakteri.

Menaruh irisan bawang di dalam ruangan dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Mama cukup mengiris bawang, taruh di piring, dan simpan di samping tempat tidur.

Dokter anak sekaligus penulis Natural Baby and Childcare, dr. Lauren Feder, mengungkapkan bahwa kandungan belerang dalam bawang merah bisa mengeluarkan lendir dan cairan dalam tubuh.

Bahkan, tidak ada efek samping yang ditimbulkan, selain ruangan berbau tidak sedap.

Di sisi lain, National Onion Association mengungkapkan tidak ada bukti ilmiah bahwa potongan bawang mentah bisa menghilangkan bakteri dan virus yang beredar di udara.

2. Membalurkan Bawang ke Punggung Bayi

Cara lain yang biasa dilakukan untuk mengatasi flu adalah membalurkan bawang merah ke punggung dan perut bayi.

Metode ini diduga sangat ampuh untuk mengobati flu dan kembung. Biasanya, bawang merah juga dicampurkan dengan minyak telon, lalu dibalurkan sambil diberikan pijatan.

Meski dapat meredakan kembung dan terasa hangat, tetapi belum ada bukti ilmiah yang mengonfirmasi manfaat tersebut.

3. Menempelkan Bawang ke Telapak Kaki

Menempelkan bawang merah ke telapak kaki bayi merupakan metode pengobatan tradisional refleksi kaki asal Tiongkok.

Potongan bawang merah yang ditempelkan ke telapak kaki bayi diyakini dapat membunuh bakteri dan virus.

Sayangnya, belum ada penelitian yang dilakukan secara khusus untuk membuktikan manfaat bawang yang ditempelkan di telapak kaki untuk mengatasi gejala flu.

Artikel Lainnya: Pilihan Obat Pilek Bayi dan Panduan Memberikannya

Secara umum, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa bawang merah bisa meredakan gejala flu pada bayi.

Alih-alih menggunakan bawang, Mama bisa melakukan cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat yang dialami oleh si kecil, seperti memberikan ASI yang cukup, memandikannya dengan air hangat, atau membersihkan lendir bayi.

Paling penting, #JagaSehatmu dan si kecil dengan memeriksakan ke dokter jika timbul gejala flu. Mama bisa memanfaatkan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis anak agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

(DA/JKT)

Kesehatan BayiKembungInfluenza

Konsultasi Dokter Terkait