Kesehatan Anak

15 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak agar Makin Sehat dan Cerdas!

Syafinah Nurfaidah, 31 Okt 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Ada banyak manfaat minyak ikan untuk anak, dari perkembangan kognitif hingga menjaga kesehatan mata. Simak manfaat lain dari minyak ikan untuk anak.

15 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak agar Makin Sehat dan Cerdas!

Minyak ikan diyakini banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk tumbuh kembang anak. Kandungan nutrisi tinggi dan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan dan pertumbuhan anak-anak.

Lalu, apa saja manfaat dan khasiat konsumsi minyak ikan untuk anak? Yuk, simak lengkap di sini.

1. Mengoptimalkan Fungsi Otak dan Kognitif

DHA (asam dokosaheksaenoat) dan EPA (asam eikosapentaenoat), dua asam lemak omega-3 utama yang terdapat dalam minyak ikan, memainkan peran penting dalam perkembangan otak anak-anak. 

Menurut penelitian dalam Journal of Nutrition and Food Sciences, asam lemak omega-3 seperti DHA memiliki efek positif pada perkembangan otak anak-anak.

DHA membantu meningkatkan fungsi kognitif, memperkuat daya ingat, dan mendukung proses belajar anak. Dengan memberikan minyak ikan, orang tua dapat mendukung perkembangan otak anak sejak dini.

Selain memberikan suplemen minyak ikan yang baik untuk anak, Mama dan Papa bisa memberikan stimulasi demi perkembangan otak si Kecil.

Misalnya dengan melakukan aktivitas yang merangsang perkembangan otak seperti bermain peran dan membaca buku cerita bersama.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Selain bermanfaat bagi otak anak, minyak ikan juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan DHA dan EPA dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) di tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung di masa mendatang.

Menurut American Heart Association, konsumsi asam lemak omega-3 seperti yang terdapat dalam minyak ikan telah terbukti dapat mendukung kesehatan jantung.

Supaya lebih optimal, selain suplemen minyak ikan, Mama dan Papa bisa memberikan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau untuk anak.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Anak-anak sering kali rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit.

Suplemen minyak ikan memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan alami yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Dengan demikian, anak dapat melawan infeksi, pilek, dan flu dengan lebih efektif.

Menurut penelitian dalam jurnal Nutrients, asam lemak omega-3 dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Selain memberikan minyak ikan untuk anak, penting juga mengajarkan anak kebiasaan baik, seperti mencuci tangan secara teratur dan menjaga pola tidur yang cukup, guna menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh mereka.

4. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat minyak ikan untuk anak selanjutnya adalah baik bagi pertumbuhan tulang si Kecil.

Ternyata, kandungan DHA dalam minyak ikan juga berperan penting dalam memastikan pertumbuhan tulang yang optimal pada masa kanak-kanak.

Hal ini dapat mencegah masalah pertumbuhan tulang di kemudian hari, seperti osteoporosis, saat mereka beranjak dewasa.

Untuk memastikan pertumbuhan tulang yang baik, selain memberikan suplemen minyak ikan, pastikan anak mendapatkan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup dari makanan mereka.

Artikel Lainnya: 12 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

5. Buat Penglihatan Anak Lebih Tajam dan Sehat

Tidak hanya wortel yang baik untuk mata, DHA dalam minyak ikan juga penting untuk kesehatan mata anak.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Advances in Nutrition, DHA merupakan komponen penting dalam retina mata yang mendukung kesehatan mata.

Nah, Mama dan Papa juga bisa memberikan sumber makanan vitamin A untuk si Kecil supaya kesehatan matanya terus terjaga.

6. Mengurangi Risiko Alergi

Manfaat minyak ikan untuk anak yang belum banyak orang tahu adalah bisa mengurangi risiko alergi

Menurut penelitian dalam jurnal Allergy, Asthma & Clinical Immunology, asam lemak omega-3 dapat memengaruhi perkembangan alergi pada anak-anak.

Sifat antiinflamasi asam lemak omega-3 dalam minyak ikan membantu meredakan respons sistem kekebalan tubuh terhadap alergen.

7. Buat Suasana Hati Lebih Baik

Asam lemak omega-3 juga berpengaruh pada regulasi mood dan perilaku anak-anak. Suplemen minyak ikan membantu mengurangi risiko gangguan suasana hati dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada anak-anak.

Menurut Frontiers in Psychiatry, asam lemak omega-3 memiliki efek positif pada gangguan mood dan perilaku anak-anak. Dalam studi ini, pemberian suplemen minyak ikan dapat membuat anak lebih tenang, fokus, dan bersemangat dalam aktivitas sehari-hari.

Artikel Lainnya: Panduan Jumlah Porsi Makan Anak Sesuai Usianya

8. Bantu Fungsi Paru-paru dan Saluran Pernapasan

Manfaat minyak ikan selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan saluran pernapasan anak-anak.

Menurut American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, asam lemak omega-3 dapat membantu mengatasi masalah pernapasan. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan dan memperkuat paru-paru.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru anak-anak, selain memberikan suplemen minyak ikan, penting juga bagi orang tua untuk menjauhkan anak dari asap rokok dan polusi udara.

Lalu, ortu juga bisa mengajarkan teknik pernapasan yang baik juga dapat membantu anak mengelola masalah pernapasan mereka.

9. Penting untuk Kesehatan Kulit

Minyak ikan memiliki sifat antiinflamasi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit anak-anak. Ini membantu mengurangi risiko penyakit kulit, seperti eksim, dan menjaga kulit mereka tetap lembap dan sehat.

Orang tua perlu menjaga kebersihan kulit anak, memilih produk perawatan kulit yang sesuai, dan memberikan asupan nutrisi penting, seperti vitamin E dan zinc, untuk menjaga kesehatan kulit.

10. Bantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Suplemen minyak ikan juga telah terkait dengan peningkatan kualitas tidur pada anak-anak. DHA membantu mengatur ritme tidur mereka, memastikan tidur lebih nyenyak, dan memulai hari dengan semangat.

Orang tua perlu menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan konsisten untuk anak-anak. Hindari paparan layar sebelum tidur dan pastikan mereka mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Artikel Lainnya: Tidur Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak? Ini Faktanya

11. Mengoptimalkan Konsentrasi dan Fokus Anak

Selain mendukung perkembangan otak, minyak ikan juga membantu meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi anak. DHA berperan dalam pembentukan sel-sel otak dan neurotransmitter, yang esensial untuk pemahaman dan belajar yang lebih baik.

Orang tua perlu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan dukungan dalam kegiatan pendidikan anak. Konsultasi dengan guru dan dukungan dalam proses belajar juga sangat penting.

12. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Minyak ikan memiliki efek positif pada kesehatan gigi dan gusi anak-anak. Kandungan DHA membantu mengurangi peradangan gusi, mencegah masalah gigi, dan membantu dalam pengembangan struktur gigi yang kuat.

Orang tua perlu mengajarkan anak tentang pentingnya kebersihan gigi dan gusi, serta membawa anak konsultasi ke dokter gigi. Makan makanan sehat dan menghindari makanan tinggi gula juga mendukung kesehatan gigi dan gusi.

13. Mengurangi Gejala Asma

Bagi anak-anak yang menderita asma, minyak ikan dapat membantu mengurangi gejala dan keparahan serangan asma. Asam lemak omega-3 membantu mengatasi peradangan di saluran pernapasan, membuat bernapas lebih mudah bagi si kecil.

Orang tua perlu memahami pemicu asma anak dan menghindari faktor risiko. Pengobatan yang tepat dan konsultasi dengan dokter anak juga penting dalam mengelola asma anak.

14. Mengoptimalkan Penyerapan Nutrisi

DHA dalam minyak ikan memainkan peran penting dalam penyerapan nutrisi secara efisien di tubuh anak-anak.

Menurut International Journal for Vitamin and Nutrition Research, asam lemak omega-3 dapat berpengaruh pada penyerapan nutrisi.

Ini membantu mereka mendapatkan manfaat maksimal dari makanan yang mereka konsumsi, mendukung pertumbuhan dan kesehatan yang optimal.

Sebelum memberikan suplemen minyak ikan, pastikan Mama dan Papa chat dengan dokter anak melalui layanan Tanya Dokter, atau konsultasi langsung dengan dokter lewat fitur Temu Dokter.

Yuk #JagaSehatmu dan keluargamu dengan download aplikasi KlikDokter, praktis tinggal sekali klik!

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait