HomeIbu Dan anakKesehatan Anak11 Cara Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat Saat Sakit
Kesehatan Anak

11 Cara Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat Saat Sakit

dr. Sepriani Timurtini, 25 Okt 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Biasanya anak susah minum obat saat sakit. Padahal anak perlu mengonsumsi obat agar cepat sembuh. Namun tak perlu khawatir, lakukan beberapa cara ini!

11 Cara Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat Saat Sakit

Anak susah minum obat lazim terjadi. Soalnya, si kecil belum mengerti pentingnya minum obat. Apalagi rasa obat yang biasanya tidak enak bikin anak kian enggan mengonsumsinya.

Meski begitu, si kecil tetap perlu minum obat untuk menunjang kesembuhannya. Karena itu, Mama bisa menerapkan sejumlah cara mengatasi anak susah minum obat di bawah ini.

1. Minta Obat-Obatan yang Mudah Diterima Anak 

Mama boleh meminta dokter meresepkan obat yang rasanya tidak terlalu pahit, memiliki rasa manis, dan mudah diterima anak. 

Contoh obat yang dimaksud, misalnya contrexyn. Tablet kunyah penurun demam dan pereda nyeri ini tersedia dalam rasa jeruk.

Selain itu, Mama juga bisa meminta dokter untuk memberikan obat yang dapat diminum dua kali sehari saja. Frekuensi minum obat yang tidak terlalu sering diharapkan bisa bikin si kecil lebih mudah minum obat. 

2. Beri Penjelasan pada Anak 

Orang Tua, Ini Ciri-Ciri Anak Terlambat Tumbuh Kembang

Mama harus menjelaskan kepada anak mengenai pentingnya minum obat. Meski bukan perkara mudah, tindakan ini bisa mengatasi anak yang susah minum obat.

Mama bisa memberikan penjelasan mengenai manfaat obat kepada anak berusia di atas 2 tahun yang sudah lebih mengerti saat diajak berkomunikasi.

Artikel lainnya: Anak Sembarangan Minum Antibiotik? Ini Efek Sampingnya

3. Tunjukkan Contoh

Cara agar anak mau minum obat bisa dilakukan dengan memberikan contoh kepada si kecil mengenai langkah-langkah mengonsumsinya. Mama bisa melakukannya melalui video edukasi.

Selain itu, Mama bisa memberikan contoh kepada si kecil saat ada anggota keluarga yang juga sedang minum obat. Cara ini diharapkan bisa membuat anak belajar minum obat lebih mudah. Sebab anak-anak cenderung gampang belajar melalui mencontoh.

4. Hindari Memaksa Anak 

Jika anak sangat susah minum obat, bahkan setelah dibujuk sedemikian rupa, usahakan jangan memaksanya, ya Ma. Memaksa si kecil minum obat justru bisa menyebabkan anak mengalami trauma.

Berikan dia waktu sejenak untuk bernapas, kemudian tawarkan kembali obat kepada si kecil.

Artikel lainnya: Bolehkah Mencampur Obat Anak ke Dalam Susu Formula?

5. Jangan Berikan Obat dengan Amarah

Tanpa disadari, banyak orang tua kesal dan marah ketika anak susah minum obat. Hal ini tidak baik, karena justru bisa bikin anak trauma minum obat. 

Sebaiknya, saat emosi Mama mulai tersulut, segera bergantian dengan Papa untuk membujuk anak agar mau minum obat.

6. Jangan Mengikat Anak 

Dahulu, salah satu cara mengakali anak yang susah minum obat adalah dengan mengikatnya. Cara ini dilakukan agar anak mau tidak mau harus mengonsumsi obat. 

Padahal, cara mengatasi anak yang susah minum obat ini sangat berbahaya. Tindakan pemaksaan ini bisa membuat anak trauma minum obat. 

Selain itu, anak berisiko mengalami cedera ketika melakukan perlawanan dalam posisi terikat.

Artikel lainnya: Ini Cara Memberikan Paracetamol yang Tepat Saat Anak Demam

7. Jangan Mencekoki Anak 

Beberapa orang tua mencekoki anak minum obat sambil memegang badan dan tangannya agar si kecil tidak melawan atau menghindar. Cara ini juga tidak baik karena dapat membuat anak tersedak.

8. Selalu Ingatkan Anak untuk Minum Obat 

Mama bisa mengingatkan si kecil sekitar 10-15 menit sebelum waktu minum obat tiba. Misalnya ketika anak sedang bermain, Mama bisa mengingatkan dia bahwa 10-15 menit lagi waktunya minum obat. 

Tujuannya adalah agar anak tidak kaget. Si kecil jadi memiliki waktu untuk mempersiapkan diri sebelum mengonsumsi obat.

9. Ciptakan Suasana Netral 

Ciptakan suasana yang netral ketika memberikan obat kepada anak. Jangan berikan obat dalam keadaan penuh tekanan ataupun terlalu meriah.

Jadikan aktivitas minum obat sebagai momen yang biasa. Pasalnya, dalam proses pertumbuhannya, anak akan beberapa kali mengalami sakit yang mengharuskannya minum obat.

Artikel lainnya: Kapan Anak Perlu Minum Obat Cacing?

10. Tambahkan Sirop Khusus jika Rasa Obat Tidak Enak 

Apabila rasa obat tidak enak, Mama dapat menambahkan sirop khusus agar anak mau minum obat. 

Tambahan rasa manis bisa mengurangi rasa pahit obat sehingga anak lebih mau minum obatnya.

11. Apresiasi Anak Saat Mau Minum Obat 

Berikan apresiasi berupa pujian ketika anak mau minum obat. Namun, apresiasi yang diberikan jangan terlalu berlebihan, misalnya dengan memberikan anak hadiah atau es krim.

Artikel lainnya: Kiat Jitu agar Bayi Tak Rewel Saat Minum Obat

Dikhawatirkan, apresiasi yang berlebihan akan membentuk watak anak yang pamrih. Anak jadi hanya melakukan sesuatu demi mendapatkan hadiah. 

Kini Mama sudah tahu kan sejumlah cara mengatasi anak susah minum obat? Bila masih kesulitan membujuk anak minum obat, konsultasikan kepada dokter spesialis anak lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, solusi #JagaSehatmu dan keluarga.

(ADT/JKT)

obatanak sakit

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter