HomeGaya hidupSehat dan BugarManfaat Pijat Shiatsu, Melancarkan Pencernaan hingga Kesehatan Kulit
Sehat dan Bugar

Manfaat Pijat Shiatsu, Melancarkan Pencernaan hingga Kesehatan Kulit

dr. Valda Garcia, 24 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pijat shiatsu adalah sejenis terapi yang dikembangkan sejak dahulu di Jepang. Apa khasiatnya bagi kesehatan? Simak manfaat pijat shiatsu berikut ini.

Manfaat Pijat Shiatsu, Melancarkan Pencernaan hingga Kesehatan Kulit

Setelah seharian beraktivitas, tubuh umumnya akan terasa pegal atau kaku. Untuk mengatasinya, salah satu solusi yang bisa kamu pilih adalah pijat shiatsu. Teknik pijat ini merupakan sejenis terapi tradisional dari Jepang.

Kata “shiatsu” berarti “tekanan jari”. Pada praktiknya, terapis pijat shiatsu akan melakukan tekanan dari satu titik ke titik lain (meridian) dalam urutan tertentu. Tujuannya adalah melancarkan aliran chi atau energi yang bisa mendorong penyembuhan.

Metode ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari gangguan pencernaan, depresi, ketegangan otot, sakit kepala, kecemasan, hingga sinusitis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pijat shiatsu yang bisa kamu dapatkan:

1. Mengurangi Stres

Stres Traumatis

Pijat shiatsu dapat berperan sebagai pereda stres. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine.

Menurut jurnal tersebut, pijat shiatsu dikatakan mampu menyeimbangkan, mempertahankan, dan memulihkan keseimbangan energi tubuh.

Artikel Lainnya: Lakukan Ini Setiap Pagi untuk Picu Metabolisme Tubuh

2. Menghilangkan Rasa Sakit di Bagian Otot

Manfaat pijat shiatsu lainnya berhubungan dengan nyeri pada otot. Pijat ini dikatakan bermanfaat untuk meredakan rasa sakit di bagian otot yang kaku atau tegang.

Saat mendapat pijatan ini, tubuh akan merasa relaks secara perlahan. Oleh sebab itu, shiatsu bisa menjadi pilihan terapi setelah seharian beraktivitas.

3. Meningkatkan Aliran Energi ke Seluruh Tubuh

Pijat shiatsu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan seluruh tubuh dengan memengaruhi sistem energi di dalam tubuh secara positif.

Saat pijatan difokuskan ke titik-titik akupresur, sumbatan-sumbatan pada tubuh akan terbuka. Jadi, energi akan mudah mengalir ke seluruh tubuh.

4. Mengendalikan Gejala Depresi dan Cemas

Perubahan Suasana Hati dan Kecemasan

Selain mengurangi hormon stres, pijat shiatsu juga meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di dalam tubuh. Keduanya adalah senyawa neurotransmitter yang membantu mengurangi depresi dan menciptakan rasa nyaman.

Manfaat shiatsu massage tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak dan bayi.

Menurut Journal of American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, pasien yang mengalami depresi dan cemas akan merasa jauh lebih relaks dan bahagia setelah mendapat pijat shiatsu.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Pilates, Perbaiki Postur Hingga Bakar Kalori

5. Memperlancar Aliran Darah

Manfaat pijat shiatsu untuk tubuh berkaitan dengan aliran darah. Metode ini diketahui dapat memperlancar aliran darah.

Melakukan penekanan pada titik tertentu, akan memicu relaksasi otot yang sebelumnya menghambat aliran darah. Ketegangan otot yang sudah menurun dapat membantu mengembalikan aliran darah agar dapat lancar kembali.

6. Baik untuk Pencernaan

Tidak hanya baik untuk meredakan nyeri otot, pijat shiatsu juga dapat melancarkan pencernaan, lho.

Metode ini dapat melancarkan peredaran darah di bagian pencernaan sehingga memungkinkan pembakaran lemak lebih baik dan meningkatkan stamina.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Tanda Sunscreen Cocok di Kulit

Pijat shiatsu dapat membantu menstimulasi pembuluh darah jaringan lunak di kulit. Pijatan tersebut akan membantu mencegah kerutan dan menjaga produksi sebum pada kulit.

Itulah sederet manfaat pijat shiatsu untuk tubuh. Prosesnya berlangsung sekitar 2-8 detik pada masing-masing bagian. Metode ini biasanya dilakukan pada meja pijat rendah atau lantai yang beralaskan tikar.

Meski urutannya terlihat mirip dengan jenis pijat lainnya, shiatsu tidak menggunakan minyak.

Pijat shiatsu memang mendatangkan manfaat. Namun, ada beberapa kondisi yang tidak diperbolehkan untuk melakukan pijatan ini, seperti:

  • Dicurigai mengalami patah tulang.
  • Baru melakukan operasi.
  • Mengidap penyakit jantung.
  • Memiliki gangguan pembekuan darah.

Sementara untuk wanita hamil, konsultasi dulu ke dokter sebelum melakukan pijat shiatsu, ya!

Artikel Lainnya: Kiat Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja

Bila kondisi kesehatan kamu normal dan ingin mencobanya, pastikan untuk memilih tempat pijat shiatsu dan terapis terpercaya.

Tak lupa, setelah pijat, terapkan gaya hidup sehat agar manfaatnya benar-benar terasa.

Konsultasi seputar metode pijat atau pengobatan alternatif bisa dilakukan melalui fitur Tanya Dokter, lebih mudah dan praktis.

Dapatkan juga beragam info menarik lainnya seputar kesehatan dan kebugaran tubuh hanya di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu!

[WA]

Pijat

Konsultasi Dokter Terkait