Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan Bugar10 Cara Memuluskan Kaki agar Cantik dan Cerah
Sehat dan Bugar

10 Cara Memuluskan Kaki agar Cantik dan Cerah

dr. Valda Garcia, 17 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kaki yang mulus bisa kamu dapatkan dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan pelembap hingga tabir surya.

10 Cara Memuluskan Kaki agar Cantik dan Cerah

Menggunakan celana pendek yang trendi saat panas terik dapat menjadi pilihan outfit sehari-hari. Selain tampak lebih bergaya, juga bisa menunjang penampilan. 

Namun, tak semua orang bisa bebas menggunakan celana pendek. Ada masalah kulit kering, bulu kaki, perubahan warna kulit kaki, hingga bertumpuknya sel kulit mati yang dapat menurunkan kepercayaan diri. 

Jangan khawatir! Terdapat tips agar kakimu lebih mulus dan tampak indah. Berikut adalah cara memuluskan kaki yang bisa kamu terapkan: 

1. Jangan Lupa Pelembap (Moisturizer)

Untuk merawat kaki agar cantik, cara yang satu ini perlu kamu perhatikan. Gunakanlah pelembap atau moisturizer secara teratur agar kulit tampak lebih sehat.

Kamu bisa memilih sendiri jenis losion yang disukai, termasuk yang terbuat dari bahan alami seperti coconut oil atau shea butter. 

Gunakan pelembap setelah mandi atau setelah mencukur bulu kaki. Air dapat menarik kelembapan alami kulit dan menyebabkannya mudah kering dan iritasi. Demikian pula saat mencukur bulu kaki.

Jika kamu pergi keluar rumah menggunakan celana pendek atau rok, bawalah selalu pelembap tersebut. Karena suatu waktu, kamu pasti membutuhkannya untuk menjaga kelembapan kaki sepanjang hari.

Artikel Lainnya: Kulit di Sela Jari Kaki Bersisik, Alergi atau Kutu Air?

2. Lakukan Scrub

Lapisan teratas kulit akan terus mengelupas untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun terkadang, proses ini melambat akibat satu dan lain hal. Kamu pun butuh bantuan scrub agar pengelupasan berjalan lancar.

Tak hanya itu, mengelupasnya sel-sel kulit mati dapat membuat kulit lebih mudah menyerap nutrisi dari moisturizer atau serum yang digunakan. 

Selain itu, lapisan kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam bisa terangkat dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Untuk hasil maksimal, gunakan body scrub atau lulur sebanyak 2-3 kali setiap minggunya. 

3. Gunakan Minyak

Cara satu ini bisa dilakukan untuk memuluskan kakimu. Minyak yang dioleskan ke seluruh bagian kaki dapat membantu kaki lebih lembap, kenyal, dan berkilau. 

Pilihan minyak yang bisa digunakan adalah minyak jojoba, minyak kelapa, dan minyak zaitun, 

Salah satu daerah kaki yang mudah mengalami perubahan warna menjadi kehitaman adalah mata kaki, karena sering kali bergesekan dengan alas kaki yang kita gunakan. 

Penggunaan minyak seperti minyak zaitun dapat membantu mengatasi hal tersebut. 

4. Pakai Body Shimmer

Apakah kamu pernah menggunakan body shimmer? Body shimmer adalah produk yang dapat memberikan kesan mengilap pada area yang disemprot atau dioleskan.

Kamu dapat membelinya di toko terdekat atau membuatnya sendiri di rumah. Yakni dengan menggunakan eye shadow berwarna emas dan perak, kemudian mencampurnya dengan body lotion.

5. Manfaatkan Makeup

Untuk membuat kaki mulus, kamu bisa menerapkan cara ini. Ya, makeup tidak hanya untuk wajah, tetapi juga dapat digunakan untuk memuluskan kaki. 

Fungsinya kurang lebih sama, yaitu menyamarkan noda hitam. Untuk ini, kamu bisa menggunakan alas bedak atau concealer.

Artikel Lainnya: Minyak Lintah Bisa Bikin Kulit Mulus, Benarkah?

6. Menghilangkan Bulu Kaki 

Agar kaki mulus, kamu disarankan untuk mencukur bulu di area tersebut. Bisa dengan alat pencukur biasa atau dengan waxing.

Kamu juga dapat mencoba terapi laser untuk menghilangkan bulu kaki secara permanen. Meski lebih mahal, hasil yang didapat akan lebih memuaskan. 

7. Ganti Kepala Cukur secara Rutin

Hal ini penting, dan merupakan bagian dari perawatan kaki agar selalu mulus dan sehat. 

Apabila kamu menggunakan pisau cukur yang tumpul, kemungkinan besar tidak akan membuat hasil cukur bersih. Pisau cukur yang tumpul juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan iritasi.

Jadi, jika kamu sering mencukur, pastikan mengganti kepala pisau cukur setiap lima kali penggunaan agar tetap bersih serta efisien.

8. Gunakan Tabir Surya 

Wajahmu bukan satu-satunya area yang butuh perlindungan dari sinar ultraviolet. Paparan sinar matahari yang terlalu lama dan kuat juga dapat membuat kulit kakimu rusak.

Nah, tahukah kamu, menggunakan tabir surya atau sunscreen bisa menjadi cara memutihkan kaki yang kering?

Oleskan tabir surya minimal SPF 30 sebelum keluar rumah di area kaki jika kamu akan mengenakan rok, celana pendek, dan gaun. Oleskan kembali setiap dua jam.  

9. Konsumsi Cukup Air Putih

Cara ini juga dapat membantu memuluskan kaki. Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit terdiri dari sel dan sel terdiri dari air. Tanpa air, organ tubuh tidak akan berfungsi secara maksimal.

Kulit yang tidak mendapatkan cukup air akan menjadi kering dan bersisik. Kondisi tersebut akan rentan terhadap kerutan. Itulah sebabnya, kamu harus mengonsumsi air putih yang cukup. 

Artikel Lainnya: Cara Merendam Kaki dengan Air Garam Agar Efektif Atasi Pegal

10. Nyalakan Humidifier Saat Malam Hari

Kulit cenderung kering pada malam hari. Oleh karena itu, gunakanlah humidifier pada waktu tidur untuk mengurangi hilangnya kelembapan.

Itulah beberapa cara untuk memuluskan dan melembapkan kakimu. Lakukan secara konsisten agar hasilnya bisa optimal.

Dapatkan tips lainnya seputar cara memuluskan kaki dan nutrisi penunjangnya di aplikasi KlikDokter. Bila ingin konsultasi dengan dokter, bisa melalui fitur Tanya Dokter. #JagaSehatmu selalu, ya!

[RS]

kulitKaki Mulus

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter