HomeGaya hidupPerawatan WanitaPerawatan Wajah pada Wanita Aktif
Perawatan Wanita

Perawatan Wajah pada Wanita Aktif

dr. Theresia Rina Yunita, 01 Nov 2021

Saking sibuknya, wanita aktif terkadang lupa soal urusan merawat kulit wajah. Padahal, perawatan kulit sangatlah penting. Yuk, ikuti tips-tips berikut.

Perawatan Wajah pada Wanita Aktif

Perawatan wajah wanita sangatlah, terlebih untuk wanita yang aktif. Banyaknya kegiatan bisa membuat seseorang lupa atau bahkan malas merawat kulit wajah.

Belum lagi aktivitas yang segudang membuat wajah mudah berminyak, berkeringat, kotor terkena debu, atau harus menggunakan make up sepanjang hari. Ini bisa menimbulkan berbagai masalah kulit!

Namun, jangan khawatir. Berikut adalah cara perawatan wajah untuk wanita aktif seperti Anda.

 

1. Mencuci Wajah

Wanita aktif cenderung beraktivitas di luar rumah sehingga lebih mudah terpapar debu atau polusi udara. Kotoran ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat hingga kulit kusam.

Nah, perawatan wajah yang tidak boleh dilewatkan oleh wanita aktif adalah mencuci wajah. Anda disarankan untuk rutin mencuci wajah minimal 2 kali sehari. Frekuensi ini dapat ditingkatkan jika aktivitas menyebabkan wajah sangat kotor, misalnya habis berolahraga atau naik motor.

Artikel Lainnya: Kiat Perawatan Kulit Wajah untuk Usia 20-an

Selain itu, penggunaan make up untuk menunjang penampilan juga membuat kulit sulit bernapas. Maka dari itu, istirahatkan kulit wajah dengan membersihkannya dari sisa-sisa make up.

2. Menggunakan Pelembap

Penggunaan pelembap atau moisturizer sangatlah penting. Pasalnya, kulit wanita yang aktif cenderung dehidrasi. Apalagi jika aktivitas banyak di dalam ruangan ber-AC, kulit akan semakin kering. Gunakan pelembap setelah cuci wajah atau saat kulit dalam kondisi bersih.

3. Gunakan Facial Spray

Facial spray adalah amunisi wajib yang bisa Anda bawa ke mana-mana. Tujuan penggunaan facial spray adalah untuk menghidrasi atau melembapkan kulit. Anda bisa sering-sering menyemprotkannya ke wajah saat sedang aktif berkegiatan.

4. Sediakan Kertas Minyak

Bagi wanita aktif yang beraktivitas seharian, sangat mungkin sekali mengalami kulit berminyak. Karena itu, menyediakan kertas minyak di tas akan sangat membantu untuk menyerap kelebihan minyak di wajah.

Perawatan wajah yang satu ini diharapkan membuat wanita aktif tampak fresh dan terhindar dari masalah kulit.

 

5. Aplikasikan Sunscreen

Proses penuaan kulit bukan cuma terjadi lantaran bertambahnya usia. Kalangan usia muda bisa cepat kelihatan tua akibat photoaging.

Photoaging adalah proses kerusakan kulit dari ekses sinar matahari langsung. Sinar ultraviolet (UVB: ultraviolet ‘Bad’, dan UVA: ultraviolet ‘Aging’) bekerja menghancurkan pasokan kolagen dan elastin kulit di dalam dermis.

Artikel Lainnya: Langkah Detoks Kulit Wajah dan Manfaatnya

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen menjadi perawatan wajah terbaik untuk wanita aktif. Oleskan sunscreen 20 menit sebelum keluar rumah, dan lakukan aplikasi ulang setiap 2 jam.

Selain mencegah kulit terbakar, sunscreen juga berguna untuk mencegah dari sinar ultraviolet matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit.

6. Menggunakan Masker Wajah dan Krim Malam

Usai seharian beraktivitas, jangan lupa untuk mengistirahatkan kulit wajah Anda. Setelah kulit terasa tenang, Anda bisa menggunakan masker wajah untuk melembapkan, menenangkan, dan menutrisi kulit.

Sebelum tidur, gunakan krim malam yang dapat mencerahkan kulit sehingga kulit tampak bercahaya dan merona.

7. Konsumsi Vitamin atau Suplemen

Tidak ada salahnya untuk menambahkan suplemen kulit dalam rutinitas sehari-hari Anda. Selain mengonsumsi buah, sayur dan air putih, suplemen yang tinggi antioksidan juga sangat baik sebagai perawatan kulit wajah wanita.

Demikian beberapa panduan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit wanita aktif. Agar hasilnya maksimal, ketahuilah terlebih dahulu jenis kulit Anda.

Pasalnya, perawatan yang tepat akan bergantung pada produk yang dipilih. Jika tidak sesuai jenis kulit, umumnya malah akan menambah masalah kulit.

Anda dapat berkonsultasi kepada dokter kulit seputar jenis kulit dan produk yang cocok untuk merawat kulit agar tetap sehat. Gunakan fitur Live Chat 24 jam untuk berkonsultasi langsung kepada dokter.

[WA]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Penyebab Haid Tidak Teratur yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Haid Tidak Teratur yang Perlu Diwaspadai

Perawatan Wanita07 Agu 2022

Penyebab haid atau menstruasi tidak teratur ternyata erat kaitannya dengan beberapa kondisi kesehatan, berikut beberapa penyebab tanggal haid tak teratur.

Cek Kondisi Kesehatan Lewat Warna Darah Menstruasi

Cek Kondisi Kesehatan Lewat Warna Darah Menstruasi

Perawatan Wanita03 Agu 2022

Perubahan perubahan warna darah haid yang beda dari biasanya bisa membuat wanita panik. Normalkah? Yuk cek kesehatan berdasarkan warna darah haid di sini!

Muncul Kutil pada Vagina, Perlukah Dioperasi?

Muncul Kutil pada Vagina, Perlukah Dioperasi?

Perawatan Wanita30 Jul 2022

Duh, ternyata kutil juga bisa muncul di vagina, berbahayakah kutil di miss V dan perlukah langsung dioperasi? Yuk, simak jawabannya di sini!

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert