HomeGaya hidupDiet dan NutrisiSederet Manfaat Buah Jamblang yang Jarang Diketahui Orang
Diet dan Nutrisi

Sederet Manfaat Buah Jamblang yang Jarang Diketahui Orang

dr. Vika Damay, 11 Okt 2021

Meski memiliki rasa sepat masam, buah jamblang ternyata menyimpan beragam manfaat sehat untuk Anda.

Sederet Manfaat Buah Jamblang yang Jarang Diketahui Orang

Pernahkah Anda mengonsumsi buah jamblang? Buah jamblang alias Syzygium cumini memiliki bentuk menyerupai buah anggur dengan rasa yang khas, yaitu sepat masam. Buah ini memiliki warna hitam keunguan, berbentuk lonjong, berkulit halus, dan punya biji tunggal.

Buah jamblang juga dikenal nama duwet. Buah ini biasa dimakan segar atau disajikan sebagai manisan.

Di balik rasa dan bentuknya yang menawan, buah jamblang juga menyimpan beragam khasiat. Yuk, cari tahu manfaat buah jamblang bagi kesehatan!

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah jamblang memiliki kandungan glukosida. Berkat adanya senyawa tersebut, buah jamblang berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka robek atau luka bakar.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah ini mengandung kalium yang membuat pembuluh darah menjadi rileks. Hal ini akan mencegah terjadinya hipertensi dan serangan jantung.

Tak hanya itu, buah jamblang memiliki kandungan tanin, yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang menjadi faktor risiko lain dari penyakit jantung.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Dalam 100 gram buah jamblang, terkandung 1,5-2 miligram zat besi, 16 miligram kalsium, 36 miligram magnesium, dan 16,7 miligram fosfor.

Adanya kandungan tersebut membuat buah jamblang atau duwet bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

4. Mengurangi Risiko Anemia

Kurangnya sel darah merah dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai kondisi seperti lemas, letih, lesu.

Nah, kandungan zat besi di dalam buah jamblang dapat berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Ini membuat Anda terhindar dari risiko anemia atau kurang darah.

5. Membantu Menurunkan Gula Darah

Penyandang diabetes harus jeli dalam memilih buah yang akan dikonsumsi. Bisa-bisa gula darah Anda melonjak naik!

Meskipun memiliki rasa yang manis, kandungan oleanolic di dalam buah jamblang ternyata dapat menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat. Ini membuat buah jamblang dapat dikonsumsi oleh penyandang diabetes.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan, mengonsumsi buah jamblang bisa menjadi salah satu cara mengatasinya.

Buah jamblang mengandung serat yang tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, manfaat buah jamblang yang bisa Anda rasakan, yakni mengatasi sembelit, gangguan usus, mual, diare, dan disentri.

Artikel Lainnya: Benarkah Buah Sukun Bisa Bikin Perut Kenyang dan Tambah Energi?

7. Baik untuk Imunitas

Sistem kekebalan tubuh yang tidak baik membuat tubuh menjadi rentan terkena berbagai penyakit. Manfaat buah jamblang salah satunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Buah jamblang mengandung vitamin C dan berbagai antioksidan yang bisa meningkatkan produksi sel darah putih dan memperkuat imunitas. Karena itu, konsumsi buah ini secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit infeksi, seperti pilek, asma, atau penyakit menular lainnya. 

8. Memelihara Kesehatan Gusi

Tidak hanya untuk gigi, khasiat buah jamblang juga bisa dirasakan oleh gusi.

Buah jamblang banyak diolah untuk diambil ekstraknya agar lebih mudah dikonsumsi. Nah, ekstrak buah jamblang banyak digunakan untuk membantu mengatasi kondisi gingivitis atau radang gusi.

9. Efek Antikanker

Manfaat buah duwet yang satu ini didapatkan dari berbagai antioksidan di dalamnya. Peneliti berpendapat bahwa kandungan fitokimia bioaktif di dalam buah jamblang, termasuk senyawa polifenol dan flavonoid, memiliki sifat antikanker dan kemo-preventif.

Tak hanya itu, senyawa tersebut juga diduga efektif untuk menunjang pengobatan kanker, jantung, dan hati.

Artikel Lainnya: Deretan Buah Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

10. Menyehatkan Kulit

Makanan kaya antioksidan bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Buah jamblang kaya akan vitamin A, C, E dan antioksidan lainnya. Kandungan ini bermanfaat menghidrasi kulit, menyamarkan noda hitam, dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

11. Menangani Masalah Rambut

Tidak hanya untuk kulit wajah, manfaat buah jamblang juga bisa dirasakan rambut Anda. Vitamin C pada buah ini menstimulasi produksi kolagen yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

Selain itu, antioksidan lainnya juga melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

12. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, buah ini bisa menjadi pilihan camilan sehat Anda. Khasiat buah jamblang yang satu ini diperoleh karena kandungan tinggi seratnya.

Konsumsi makanan tinggi serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. Karena itu, buah ini baik untuk menurunkan berat badan Anda.

Nah, agar Anda bisa merasakan manfaat buah jamblang secara optimal, pastikan untuk menerapkan pola makan sehat. Jangan lupa juga untuk berolahraga rutin, cukup tidur, kelola stres dengan baik, dan hindari rokok maupun alkohol.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, jangan sungkan untuk bertanya langsung kepada dokter lewat fitur Live Chat dari aplikasi KlikDokter.

[WA]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Ragam Manfaat Zinc untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Zinc untuk Kesehatan

Diet dan Nutrisi18 Agu 2022

Zinc adalah salah satu jenis mineral yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut!

Makanan Dikerubungi Semut, Masih Boleh Dimakan?

Makanan Dikerubungi Semut, Masih Boleh Dimakan?

Diet dan Nutrisi16 Agu 2022

Tidak sengaja makan makanan yang sudah disemutin, apakah masih aman atau ada dampak buruknya bagi kesehatan?

Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

Diet dan Nutrisi15 Agu 2022

Jangan sampai salah memilih minyak untuk memasak. Di antara minyak kelapa dan minyak zaitun, mana yang paling baik?

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert