HomeGaya hidupDiet dan NutrisiDiet Seimbang dengan Nasi Shirataki, Ini Cara Mudahnya!
Diet dan Nutrisi

Diet Seimbang dengan Nasi Shirataki, Ini Cara Mudahnya!

dr. Muhammad Isman S, 12 Jan 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin meraih hidup sehat? Kamu perlu menerapkan diet seimbang mulai dari sekarang. Salah satu caranya, bisa dengan konsumsi nasi shirataki.

Diet Seimbang dengan Nasi Shirataki, Ini Cara Mudahnya!

Kamu pasti menginginkan hidup sehat, bukan? Satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah menjaga pola makan sehat, yang bisa kamu sebut sebagai diet seimbang.  

Lewat cara ini, tubuhmu akan selalu bugar dan berat badan jadi lebih terkendali sehingga tidak obesitas (berat badan berlebihan) maupun terlalu kurus.

Tanpa diet seimbang, kamu beresiko mengalami ketidakseimbangan nutrisi, seperti defisiensi vitamin dan mineral, serta kelebihan asupan lemak dan nutrisi lainnya. 

Kondisi tersebut akan membuat kamu rawan terkena penyakit metabolik, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Yuk, pahami diet dengan gizi seimbang lebih lanjut dan tips menerapkannya lewat ulasan berikut ini!

Mengenal Balanced Diet atau Diet Seimbang

Menjalani diet seimbang artinya kamu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bervariasi serta mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang tepat; tidak berlebihan dan tidak kurang. 

Dengan begitu, diet seimbang memastikan seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Beberapa zat gizi yang harus ada dalam menu harian kamu untuk dapat menjalani diet seimbang, di antaranya:

  • Sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral
  • Makanan pokok yang tinggi serat sebagai sumber karbohidrat dan serat
  • Produk olahan susu atau alternatifnya, seperti susu sapi dan susu kedelai
  • Makanan sumber protein hewani dan nabati, seperti kacang-kacangan, ikan, telur, dan daging
  • Makanan sumber lemak tidak jenuh, seperti ikan, seafood, alpukat, dan minyak zaitun
  • Cukup minum air putih

Artikel Lainnya: Penuhi Kebutuhan Gizi Seimbang dengan Panduan Piring Makan

Salah satu kelebihan dari diet seimbang adalah tidak ada makanan pasti yang harus kamu makan. Jadi, kamu bebas memilih jenis makanan apa saja yang kamu makan sesuai selera dengan syarat harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di atas.

Selain jenis makanannya, diet seimbang juga menekankan pada jumlah kalori yang dikonsumsi. Rata-rata setiap orang membutuhkan asupan 2000 kalori setiap hari untuk mempertahankan berat badan idealnya. 

Akan tetapi, lebih spesifik, kebutuhan kalori disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik kamu. Laki-laki misalnya, cenderung memiliki kebutuhan kalori yang lebih besar dibanding perempuan. 

Orang-orang dengan aktifitas fisik yang tinggi tentu saja memiliki kebutuhan kalori yang lebih banyak pula. Sementara untuk faktor usia, mereka yang berusia 14-30 tahun paling banyak membutuhkan kalori.

Cara Diet Seimbang dengan Nasi Konyaku

Cara Diet Seimbang dengan Nasi Konyaku

Nasi konnyaku banyak dikenal dengan “shirataki”. Padahal, shirataki adalah bentuk mie yang berbahan dasar air dan serat, atau disebut sebagai glukomanan. 

Nah, nasi konnyaku ini cukup popular di Jepang karena manfaatnya yang luar biasa. Nasi konyaku memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah, sehingga bisa jadi pilihan sehat bagi kamu yang sedang menjalani diet seimbang.

Karena rendah kalori, nasi konnyaku cocok untuk dijadikan sebagai pengganti nasi, utamanya bagi penderita penyakit metabolik seperti diabetes melitus.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi membuat beras ini baik untuk saluran pencernaan, salah satunya mencegah sembelit. Konnyaku juga tidak mengandung gluten (gluten free), sehingga aman untuk orang dengan intoleransi gluten.

Di Indonesia sendiri, salah satu produsen nasi konnyaku, Mr. Ishii, sudah memproduksi dry shirataki dan konnyaku grain yang merupakan pertama kali di dunia. 

Perusahaan ini memproduksi nasi konnyaku dengan menggunakan bahan dasar fiber glukomanan yang di ekstrak dari umbi porang. Produk Mr. Ishii telah di ekspor ke berbagai negara, seperti Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika.

Cara memasaknya cukup mudah, kamu perlu mencampurkan beras konnyaku dengan beras biasa atau beras merah. Perbandingannya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan, yakni:

  • 3 beras konnyaku banding 1 beras biasa
  • 1 beras konnyaku banding 1 beras biasa (paling direkomendasikan)
  • 1 beras konnyaku banding 3 beras biasa

Artikel Lainnya: Konsumsi Nasi Shirataki, Amankah Untuk Diet?

Kamu bisa pilih produk nasi konnyaku atau mie shirataki dari Mr. Ishii sebagai menu karbohidrat dalam diet gizi seimbangmu.

Jika kamu masih membutuhkan berbagai tips untuk menerapkan pola hidup sehat, jangan sungkan untuk bertanya ke dokter maupun ahli gizi. 

Kamu juga bisa menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis gizi. Yuk, #JagaSehatmu mulai dari sekarang agar kamu selalu hidup sehat dan bahagia!

(APR/NM)

AdvertorialMenurunkan Berat BadanPola Makan Sehatshirataki

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter