Sehat dan Bugar

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat

dr. Dyah Novita Anggraini, 20 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Seiring bertambahnya usia, daya ingat Anda akan semakin menurun. Bagaimana caranya agar menjadi tajam kembali?

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat yang menurun dapat mengganggu aktivitas dan performa kerja. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh faktor usia, tetapi juga gaya hidup dan lingkungan.

Faktor gaya hidup ini termasuk kurangnya waktu tidur, pola makan yang tidak sehat, stres, dan sebagainya. Sedangkan faktor lingkungan yang berperan adalah polusi udara, paparan racun, dan bahan kimia yang tersebar di udara maupun makanan.

Untuk mempertajam kembali daya ingat Anda, perubahan gaya hidup sangat diperlukan. Karena ini akan mendorong otak Anda untuk memproduksi sel- sel saraf yang baru. Dengan demikian, memori otak akan meningkat secara perlahan.

Berikut ini gaya hidup sehat untuk meningkatkan daya ingat Anda:

  1. Mengonsumsi makanan bergiziMakanan berperan penting dalam peningkatan kemampuan daya ingat. Daftar makanan ini dapat membantu kinerja otak Anda:
  • Omega-3. Bisa diperoleh dari minyak ikan, minyak krill, dan alpukat. Jika dikonsumsi secara teratur, dapat meningkatkan reseptor neurotransmiter di otak sehingga otak dapat bekerja lebih baik.
  • Vitamin D. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kekurangan asupan vitamin D dapat menurunkan kinerja dan fungsi otak.
  • Minyak kelapa. Minyak kelapa telah terbukti dapat mencegah penyakit demensia dan Alzheimer.
  • Brokoli. Brokoli mengandung kalsium, vitamin C, vitamin B, besi, dan vitamin K. Zat-zat tersebut berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak.
  • Bayam. Sayuran hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat memperlambat gejala demensia.
  • Cokelat. Kandungan flavonol di dalam cokelat dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah di dalam otak, yang tentunya berhubungan dengan kemampuan fungsi kognitif dan memori.
  • Blueberry. Buah ini merupakan antioksidan yang sangat baik, sehingga dapat mencegah kerusakan otak yang diakibatkan oleh radikal bebas dan stres.
  1. Berolahraga secara teraturKegiatan olahraga yang rutin dapat membuat kapasitas otak menjadi lebih maksimal. Hal ini dikarenakan olahraga dapat meningkatkan aliran darah menuju otak, sehingga fungsi kognitif untuk berpikir juga meningkat.
  2. Tidur yang memadaiBerusahalah untuk tidur sebanyak delapan jam sehari. Kebiasaan ini dapat meningkatkan kemampuan memori otak, kreativitas, dan daya tangkap Anda. Selain itu, racun-racun dari dalam tubuh juga bisa tersingkirkan!
  3. Cukupi asupan airSebanyak 70% kandungan di dalam otak adalah air. Apabila kekurangan cairan 2% saja, otak akan mengalami penurunan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya. Karena itu, penuhi kebutuhan air dengan mengonsumsi delapan gelas air per hari.
  4. Berhenti merokokMerokok lebih dari dua bungkus dalam sehari dapat meningkatkan risiko Alzheimer sebanyak 150% dan demensia sebanyak 170%.

Tidak ada kata terlambat untuk meningkatkan kemampuan daya ingat Anda. Ayo, ubah gaya hidup menjadi lebih sehat dari sekarang!

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[RS/ RH]

Daya IngatMemori Otak

Konsultasi Dokter Terkait