HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi8 Cara Mudah untuk Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan
Diet dan Nutrisi

8 Cara Mudah untuk Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan

dr. Ellen Theodora, 13 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan biarkan ibadah puasa terganggu gara-gara penyakit. Ini yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap sehat selama berpuasa di bulan Ramadan.

8 Cara Mudah untuk Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan

Puasa, termasuk di bulan Ramadan, membuat metabolisme tubuh menurun, sehingga keluhan lemas dan lelah kerap tak bisa dihindari. Jika kamu tak mampu menyiasati keadaan ini, bukan tak mungkin ibadah puasa akan terganggu akibat hadirnya beragam penyakit infeksi.

Kamu tak ingin ibadah yang hanya sebulan dalam setahun terganggu gara-gara hadirnya penyakit, bukan? Jika ya, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Jangan lewatkan sahur

Sahur adalah waktu sarapan khusus yang hanya ada di bulan puasa. Makanan dan minuman yang kamu konsumsi di waktu ini memungkinkan tubuh untuk tetap bertenaga dan aktif, meski tidak kemasukan apa pun dari fajar hingga senja.

Menu sahur yang dianjurkan untuk kamu konsumsi harus terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Tak perlu dalam porsi besar, yang penting mencakup seluruh zat gizi yang disebutkan.

2. Hindari buka puasa dengan ‘balas dendam’

Ketika waktu berbuka tiba, sebagian orang yang berpuasa mungkin akan melahap berbagai makanan yang tersaji di hadapannya alias ‘balas dendam’. Jika kamu masih menganut kebiasaan tersebut, sebaiknya hentikan sekarang juga.

Metode buka puasa balas dendam dapat menyebabkan terjadinya gangguan saluran cerna, berat badan berlebih (obesitas) dan kolesterol tinggi. Jika hal ini tidak segera ditindaklanjuti, risiko terjadinya penyakit berbahaya di kemudian hari akan meningkat berlipat ganda.

3. Jangan lupakan air putih

Saat berpuasa, tubuh tidak kemasukan cairan selama lebih dari 12 jam. Keadaan ini meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi alias kekurangan cairan, dengan gejala gejala badan lemas, sakit kepala, sembelit, dan urine berwarna lebih pekat atau gelap.

Nah, agar puasa tidak berujung pada dehidrasi, kamu wajib mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup saat sahur dan berbuka. Mudahnya, dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

4. Batasi atau hindari gorengan sama sekali

Gorengan tinggi akan kandungan minyak, sehingga dapat membuat tenggorokmu bermasalah. Apalagi jika kamu adalah orang yang memiliki tenggorok sensitif atau riwayat penyakit amandel. Di samping itu, makanan berminyak pun dapat membuat aliran oksigen berkurang sehingga dapat menyebabkan kantuk di siang hari.

5. Jangan lupakan olahraga

Meski berpuasa, kamu tetap dianjurkan untuk berolahraga. Tak perlu olahraga berat, kamu hanya perlu berjalan kaki selama 15–30 menit setiap hari.

Olahraga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, bahkan saat berpuasa. Aktivitas positif ini juga bisa mencegah terjadinya badan lemas, lesu, dan rasa kantuk di siang hari saat berpuasa.

6. Cukupi waktu tidur setiap hari

Meski harus bangun dini hari untuk menyantap makan sahur, kamu tetap dianjurkan untuk tidur selama 7–8 jam setiap hari. Dalam hal ini, kamu bisa menyiasatinya dengan tidur lebih awal daripada hari-hari biasanya.

7. Menjaga kebersihan diri

Meski sedang berpuasa, kamu tetap wajib menjaga kebersihan diri. Cara yang paling mudah adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, serta mandi setidaknya dua kali sehari.

8. Berkonsultasi pada dokter

Penderita penyakit kronis, ibu hamil, dan orang usia lanjut disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan untuk melaksanakan ibadah puasa. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kondisi tubuh benar-benar sesuai untuk menahan haus dan lapar dari fajar hingga senja.

Jangan biarkan ibadah puasa selama bulan Ramadan terganggu gara-gara kesehatan tubuh yang mengalami masalah. Lakukan tips di atas, agar tubuh senantiasa bugar dan sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Kamu juga bisa konsultasi seputar tips menjaga kesehatan pada saat puasa atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

(NB/ RH)

bulan ramadanPuasa RamadanPuasa SehatpuasaTips Puasa

Konsultasi Dokter Terkait